√ Apa Itu Motor Herex ? Sejarah, Ciri, Perbedaan & Contoh

Apa Itu Motor Herex – Bicara dunia otomotif hampir tidak akan pernah ada habisnya. Setiap saat selalu ada saja hal-hal baru dan menarik untuk bisa kita bahas. Bahkan luasnya pemahaman akan dunia otomotif tidak semerta-merta hanya terpaku pada urusan mesin, spesifikasi atau fitur dari sebuah kendaraan.

Tetapi urusan tampilan eksterior, interior dan juga modifikasi juga termasuk ke dalam salah satu hal yang patut untuk kita perhatikan. Pasalnya seiring dengan berkembangnya zaman seperti sekarang ini.  Industri otomotif terus mengalami pengembangan dalam urusan tampilan.

Lebih menariknya lagi, urusan modif atau merubah tampilan pada sebuah kendaraan terutama motor pun terus mengalami pembaruan ke arah lebih modern. Bahkan, tidak bisa kita pungkiri sampai saat ini sudah ada begitu banyak aliran modifikasi motor bisa kita temui.

Dari banyaknya aliran tersebut, kita bisa mengenal adanya modif jenis Bobber, Cafe Racer, Jap’s Style, Scrambler, Hot Rod, Thailook, Drag atau Chopper. Kami yakin ada banyak pecinta otomotif yang sudah kenal dengan jenis dan modifikasi tersebut.

Apa Itu Motor Herex dari Sejarah Ciri Perbedaan Contoh

Selain itu, belakangan ini banyak sekali pemilik beberapa motor tertentu lebih memilih untuk membuat motor herex. Pernahkan kalian mendengar istilah apa itu motor Herex?. Jika belum, tidak usah khawatir, karena seperti di judul, disini akan otoflik rangkum semua hal tentang apa yang dimaksud motor herex tersebut.

Apa Itu Motor Herex?

Apa Itu Motor Herex

Apa itu motor herex? Motor herex atau bisa di artikan Honda Excite Rider Extreme merupakan salah satu jenis aliran modifikasi dilakukan para pecinta otomotif pada sepeda motor tertentu. Terutama untuk MOTOR NAKED yang bisa dibilang minim akan pemakaian aksesoris bodi.

Namun banyak juga ditafsirkan bahwa arti motor herex itu merupakan istilah lain untuk mendefinisikan motor-motor yang sebelumnya pernah mengalami modif untuk keperluan kecepatan.

READ  Power Steering Apa Itu ? dan Bagaimana Cara Kerjanya

Dalam hal ini sudah bisa dipastikan bahwa perubahan atau modifikasi bukan hanya dilakukan pada bagian tampilan atau look saja. Melainkan motor yang masuk dalam daftar motor herex bisa dipastikan telah mengalami perubahan pada bagian mesin.

Tujuan dilakukan perubahan pada bagian mesin sendiri diklaim untuk membuat serta untuk menunjang kecepatan motor. Dengan begitu semakin minimnya pemakaian aksesoris bodi serta adanya perombakan pada bagian mesin akan membuat laju motor semakin kencang.

Sejarah Modifikasi Motor Herex

Sejarah Modifikasi Motor Herex

Tidak banyak yang tahu seperti apa itu sejarah pasti dari aliran modifikasi motor herex. Namun setelah otoflik cari referensi terkait istilah apa itu motor herex ternyata ada beberapa menjelaskan asal usul motor Herex.

Hanya saja dari sekian banyaknya sumber, tidak ada penjelasan secara detail atau rinci terkait apa itu motor Herex. Dan dapat otoflik ambil kesimpulannya yakni Motor Herex merupakan aliran modif motor Pertama Kali muncul dan mencuat di di daerah Jawa Timur.

Perbedaan Motor Herex, Thailook & Dragbike

Perbedaan Motor Herex Thailook Dragbike

Meski sudah mengetahui apa itu motor herex seperti yang sudah kami bahas dan jelaskan di atas. Namun kami yakni masih ada beberapa di antara pembaca otoflik juga belum tahu apa saja perbedaan antara aliran modifikasi motor herex, MODIFIKASI THAILOOK serta Dragbike.

Perbedaan paling ketara antara ketiga aliran modifikasi tersebut hanya ada pada look atau tampilannya. Dimana beberapa bagian vital membuat aliran modif motor Herex benar-benar ketara itu terletak pada beberapa poin berikut ini.

1. Shock Depan

Penggunaan shock depan yang tidak seperti kebanyakan modifikasi motor pada umumnya menjadi ciri khas dari apa itu motor herex. Kenapa? karena pada aliran modif motor herex shock depan dibuat menjadi lebih panjang dibanding shock standar dengan menggunakan bantuan peninggi shock.

2. Penggunaan Stang Jepit (Acerbis)

Berikutnya, ada pada bagian stang atau kendali kemudi. Berbeda dari beberapa aliran modif motor. Pada modifikasi motor herex, umumnya stang dengan bentuk jepit atau juga dikenal dengan istilah acerbis selalu terpasang.

READ  7 Jenis Karburator Pada Mobil Beserta Penjelasannya 2021

3. Penggunaan Ban

Hampir sama seperti modifikasi thailook, motor herex juga seringkali menggunakan ban cacing atau ban dengan desain dan bentuk yang sangat kecil. Tujuannya untuk membuat motor lebih ringan dan dapat melaju dengan kencang.

Ciri Ciri Modifikasi Motor Herex

Ciri Ciri Modifikasi Motor Herex

Lantas apa saja sih kira-kira ciri khas dari aliran modif motor Herex?. Buat flikermania yang penasaran dan ingin mengetahuinya, berikut beberapa hal yang otoflik pahami dan ketahui terkait modif motor Herex.

  1. Membuat bagian shock depan tinggi menggunakan anting peninggi.
  2. Memakai stang variasi dengan model jepit / acerbis.
  3. Memakai velg berukuran 17 inci dengan menggunakan ban cacing.
  4. Mengenakan headlamp barong.
  5. Merubah handle ori dengan handle variasi.

Motor Sering di Modif Herex

Motor Sering di Modif Herex

Setelah tahu seluk beluk apa itu motor Herex dan apa saja ciri-ciri serta perbedaan dengan jenis modif motor lainnya. Mungkin ada dari kalian bertanya apa saja kiranya jenis motor yang sering di modif dengan aliran Herex.

Nah sesuai dengan namanya yakni Herex atau ada pula penyebutan Honda Excite Rider Extreme maka hampir rata-rata kebanyakan motor yang masuk dalam modif Herex ini datang dari motor Honda seperti halnya :

  • Honda MegaPro
  • Honda CB
  • Honda GL
  • Honda Tiger
  • Honda Verza

Namun selain dari motor-motor tersebut, ada juga beberapa motor lain yang sering dipilih untuk diubah menjadi aliran Herex, termasuk diantaranya Yamaha Vixion serta beberapa jenis motor dengan konsep dasar naked street fighter.

Contoh Motor Modif Herex

Untuk membuat kalian lebih paham dan tahu seperti apa tampilan modif motor Herex. Berikut ada beberapa contoh gambar modif motor Herex yang sudah otoflik.com siapkan.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan singkat yang kali ini dapat otoflik sampaikan serta jelaskan terkait apa itu motor Herex, perbedaan, ciri-ciri serta jenis motor yang sering digunakan untuk modifikasi Herex serta beberapa contohnya. Semoga bisa menjadi pemahaman buat flikermania.

Tags: , , ,