√ Biaya Kirim Motor Via Kereta Api Semua Jenis & Wilayah 2021

Biaya Kirim Motor Via Kereta Api – Pengiriman sepeda motor untuk keperluan tertentu mau tidak mau haru dilakukan. Ironisnya terkadang sering sekali kita mengalami masalah seperti itu. Dan setidaknya tentu membuat kita harus segera mencari jasa kirim motor dengan kualitas yang bagus.

Advertisements

Bicara mengenai hal tersebut, tentu saja sekarang rasanya sudah tidak perlu lagi merasa khawatir dan bingung ketika ingin melakukan pengiriman motor dari satu wilayah tujuan ke wilayah lainnya. Karena sekarang sudah ada begitu banyak JASA PENGIRIMAN MOTOR terbaik yang bisa kita jumpai.

Selain kita kenal JNE, J&T atau TIKI, kirim motor juga sekarang bisa kita lakukan lewat jalur darat menggunakan sarana transportasi kereta api. Semakin mudahnya proses kirim sepeda motor via kereta api tentu bisa menjadi alternatif jika ingin melakukan pengiriman yang cepat.

Advertisements

Karena hanya dengan membutuhkan waktu maksimal 1 hari, paket motor yang dikirim dari suatu lokasi ke lokasi lain benar-benar menjadi satu keunggulan kirim motor via kereta api. Namun tidak akan menjelaskan secara detail bagaimana prosedur lengkap cara kirim motor lewat kereta api.

Biaya Kirim Motor Via Kereta Api Semua Jenis dan Wilayah

Seperti pada judul di atas, di kesempatan ini akan otoflik rangkum dan sampaikan tentang besaran estimasi tarif dan biaya kirim motor via kereta api. Karena kami lihat banyak sekali pengguna internet yang cukup banyak mencari info terkait masalah ini, jadi mari kita simak bersama di bawah ini.

Kenapa Harus Kereta Api?

Kenapa Harus Kereta Api

Kenapa harus menggunakan kereta api saat ingin melakukan pengiriman sepeda motor? Tentu saja karena ada cukup banyak hal yang membuat kalian bisa merasa puas dengan menggunakan jasa kirim motor lewat kereta api yang ada saat ini.

  1. Pertama kita lihat dari sektor kecepatan waktu sampai sepeda motor di lokasi kota maupun wilayah penerima yang maksimal hanya membutuhkan estimasi 1 hari sampai.
  2. Kemudian menggunakan jasa pengiriman sepeda motor rail express juga memungkinkan tarif biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan jasa pengiriman motor lainnya.
  3. Keamanan motor akan terjamin karena dalam pengiriman ada prosedur khusus yang harus dilakukan seperti membungkus motor dengan kardus, serta mengikat pada tumpuan kuat yang sudah disediakan.
READ  Syarat Klaim Jasa Raharja 2021 (Ahli Waris & Batas Waktu)

Faktor Penentu Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Faktor Penentu Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Bicara mengenai mahal tidaknya biaya kirim motor lewat kereta api. Sebenarnya hal ini tergantung banyak sekali faktor penentunya. Maka dari itu sebelum kita bahas secara lengkap dan detail estimasi biaya kirim motor via kereta api, berikut adalah beberapa faktor penentu tarif pengiriman sepeda motor via kereta api.

  1. Pertama tentu saja jasa pengiriman motor yang dipilih atau digunakan.
  2. Kemudian jenis motor yang akan dikirim baik itu jenis motor bebek, motor sport maupun motor matic.
  3. Lalu faktor penentu lainnya yaitu kapasitas mesin motor yang dimiliki. Karena hampir rata-rata semua jasa pengiriman motor menjadikan ini sebagai salah satu penentu tarif.
  4. Berat total motor saat akan dikirim.
  5. Tarif per kg yang telah ditentukan oleh setiap perusahaan jasa pengiriman motor.
  6. Kemudian yang paling menentukan biaya kirim motor via kereta api adalah tujuan atau jarak pengiriman.

Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Advertisements

Nah setelah mengetahui apa saja faktor-faktor penentu biaya kirim motor via kereta api seperti di atas kami sampaikan. Berikut ini adalah rincian tarif atau biaya yang bisa kalian dapatkan ketika ingin mengirim motor ke wilayah maupun kota tertentu.

Tarif Kirim Motor Via Kereta Api Per Kg

Seperti pada penjelasan di awal. Setiap perusahaan jasa pengiriman sepeda motor tentu punya perhitungan biaya awal yang berbeda-beda. Namun jika kita lihat secara global dengan mengacu pada tarif dasar pengiriman motor via kereta api Rail Express milik pemerintah.

Maka berikut ini adalah biaya per kg untuk tarif pengiriman sepeda motor sesuai ketentuan PT KAI lewat layanan Rail Express.

Asal – TujuanBiaya / KG
Jakarta – BandungRp 600
Jakarta – SurabayaRp 1.500
Jakarta – MalangRp 1.700
Bandung – CirebonRp 600
Bandung- SurabayaRp 1.400
Bandung – MalangRp 1.400
Cirebon – JakartaRp 650
Cirebon – SurabayaRp 1.400
Cirebon – MalangRp 1.400
Semarang – SurabayaRp 800
Semarang – JakartaRp 850
Semarang – BandungRp 800
Purwokerto – SurabayaRp 1.000
Purwokerto – JakartaRp 800
Purwokerto – MalangRp 1.400
Yogyakarta – BandungRp 700
Yogyakarta – SurabayaRp 700
Yogyakarta – JakartaRp 950
Madiun – MalangRp 700
Madiun – SurabayaRp 500
Madiun – BandungRp 850
Surabaya – CirebonRp 950
Surabaya – BandungRp 950
Surabaya – JakartaRp 1.000
Ketapang – MalangRp 700
Ketapang – SurabayaRp 700

Tarif biaya per kg untuk pengiriman sepeda motor lewat kereta api di atas masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Estimasi Biaya Kirim Motor Lewat Kereta Api

Setelah mengetahui perkiraan ongkos kirim motor lewat kereta api per kg seperti di atas kami sampaikan. Pertanyaannya lantas berapa sih estimasi pengiriman 1 unit motor ke kota tujuan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang atau Purwokerto?.

READ  4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi & Cara Mengatasi 2021

Menyangkut masalah tersebut, berikut ini akan kami contohkan perhitungan estimasi pengiriman sepeda motor melalui kereta api dengan kota tujuan Jakarta, Bandung, Surabaya, maupun Purwokerto, Semarang & Yogyakarta yang bisa kalian jadikan sebagai gambarannya.

1. Biaya Kirim Motor Bandung – Jakarta

Jika ingin mengirim sepeda motor dari kota asal Bandung dan kota tujuan Jakarta atau sebaliknya. Maka perkiraan biaya yang harus kalian tanggung yakni sebesar.

  • Rp 350.000 : Motor bebek.
  • Rp 400.000 : Motor matic.
  • Rp 500.000 : Motor sport ukuran besar.
  • Rp 850.000 : Motor moge & sejenisnya.

2. Ongkos Kirim Motor Jakarta – Surabaya

  • Rp 550.000 : Motor bebek.
  • Rp 600.000 : Motor matic.
  • Rp 750.000 : Motor sport ukuran besar.
  • Rp 1.100.000 : Motor moge & sejenisnya.

3. Tarif Pengiriman Motor Semarang – Jakarta

  • Rp 450.000 : Motor Bebek.
  • Rp 500.000 : Motor Matic.
  • Rp 600.000 : Motor sport ukuran besar.
  • Rp 950.000 : Motor moge & sejenisnya.

Tabel Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Setelah mengetahui estimasi biaya pengiriman sepeda motor dan juga tarif pengiriman sepeda motor per kg seperti di atas kami sampaikan. Berikut ini adalah tabel lengkap biaya kirim motor via kereta api yang kami dapat dari situs resmi PT KAI untuk jasa layanan rail express untuk bisa kalian jadikan sebagai gambaran.

Tabel Biaya Kirim Motor Via Kereta Api

Akhir Kata

Dengan menggunakan jasa pengiriman kereta api untuk mengirim sepeda motor, selain akan menjamin motor akan tetap aman dan utuh. Kalian pun akan mendapatkan biaya kirim motor yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jasa pengiriman motor lain seperti lewat kapal, bus ataupun lainnya. Sekian, dan semoga informasi otoflik.com di atas bisa bermanfaat.

Advertisements

Tags: ,