10 Cara Memperbaiki Klakson Mobil Rusak yang Paling Ampuh

Cara Memperbaiki Klakson Mobil – Klakson merupakan salah satu komponen yang penting pada sebuah kendaraan, baik itu mobil maupun motor. Maka dari itu ketika klakson mobil atau motor mati maka pemilik kendaraan akan mulai kebingungan ketika mengendarai kendaraan mereka dijalanan. Klakson ini berfungsi sebagai penanda ketika ingin menyalip kendaraan didepan yang diikuti dengan lampu sein, kemudian memberi tanda ketika ada penyebrang jalan yang tidak waspada.

Bisa kita bayangkan jika setiap kendaraan tidak memiliki klakson pasti tingkat kecelakaan di jalanan akan meningkat drastis. Bagi kalian yang memiliki sebuah kendaraan alangkah baiknya jika selalu mengecek dan merawat kendaraan dengan rutin dan teliti agar nantinya tidak terjadi masalah berarti di kendaraan kalian, salah satunya adalah klakson yang rusak.

Berbicara mengenai klakson, sebelumnya kita juga sempat membahas mengenai harga klakson telolet serta bagaimana cara memperbaiki klakson motor yang rusak. Nah pada pertemuan kali ini kami akan membahas mengenai cara memperbaiki klakson mobil rusak yang paling ampuh. Selain membahas mengenai cara memperbaiki klakson mobil, kami juga akan memberikan informasi terlebih dahulu mengenai apa penyebab terjadinya kerusakan pada klakson mobil.

Dimana penyebab kerusakan tersebut juga tak jauh beda dengan yang ada pada kendaraan sepeda motor, yakni aki yang soak, kabel klakson, sekring klakson, klakson rusak dan masih ada beberapa lagi. Nah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara memperbaiki klakson mobil rusak yang paling ampuh yang telah kami siapkan berikut ini

Daftar Isi

READ  Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Motor

Cara Memperbaiki Klakson Mobil Rusak yang Paling Ampuh

Cara Memperbaiki Klakson Mobil Rusak yang Paling Ampuh

Cara Memperbaiki Klakson Mobil Rusak yang Paling Ampuh

Cara Memperbaiki Klakson Mobil yang Memiliki Volume Suara Rendah

1. Langkah pertama yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki klakson mobil adalah dengan cara menentukan masalah pada klakson. Kenali terlebih dahulu jenis kerusakan klakson mobil agar kalian dapat dengan mudah memutuskan cara memperbaikinya.

2. Langkah kedua adalah buka kap mesin dan mintalan seseorang menekan klakson mobil jika terdengar suara dengan volume rendah. Pada mobil biasanya memiliki 2 klakson atau lebih, namun jika klakson ketika ditekan memiliki suara rendah, maka 1 klakson atau lebih telah berhenti berfungsi.

3. Carilah klakson pada pendukung radiator inti atau tepatnya berada di belakang grille mobil.

4. Lepaskan konektor kabel klakson yang menyerupai sekring dengan kawat mengarah ke bagian luar. Untuk melepasnya kalian dapat menekan ke bawah ujung bawah konektor kemudian tarik kabel tersebut keluar. Lalu lepas baut pemasangan dan plat sambungan yang melekat pada kabel. Bersihkan komponen tersebut dan pasang kembali kemudian minta seseorang untuk mencoba membunyikan klakson.

5. Dan jika semua langkah diatas tidak kunjung berhasil, maka kalian dapat membawa mobil kalian ke bengkel resmi terdekat untuk segera mengganti klakson mobil tersebut. Usahakan ganti dengan menggunakan klakson mobil yang sama dan tentunya dengan kualitas yang terbaik.

Cara Memperbaiki Klakson Mobil yang Mati

1. Langkah pertama adalah dengan memeriksa kotak sekring, jika kalian tidak menemukan lokasi tersebut kalian dapat membaca manual mobil, nantinya manual mobil akan memberitahukan informasi mengenai sekring tertentu yang terhubung dengan sistem klakson.

2. Lepaskan sekring dengan alat pinset, tang ujung runcing atau tang biasa. Disini kalian dapat juga melepasnya dengan jari, biasanya sekring yang bermasalah karena potongan didalamnya mengalami kerusakan (patah).

READ  6 Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar Agar Awet

3. Jika dinilai sekring tersebut telah rusak, kalian dapat menggantinya dengan membeli sekring tersebut di bengkel-bengkel mobil atau toko yang menyediakan aksesoris dan komponen mobil. Pasang sekring tersebut dan mintalah bantuan seseorang untuk menyalakan klakson mobil kalian.

4. Periksa juga apakah lampu kantong udara pada dashboard menyala jika sekring tidak bermasalah. Kantong udara bermasalah biasanya dapat membuat klakson tidak berfungsi dengan baik. Kantong udara yang melebar dapat mengganggu komponen pegas jam.

5. Jika kalian tidak dapat memperbaikinya, langkah terakhir adalah dengan membawanya ke bengkel mobil resmi terdekat di daerah kalian. Jika kantong udara melebar biasanya montir profesional akan melepaskan dan memasang ulang kantong tersebut, disamping itu montir juga dapat melihat atau mengecek masalah lain yang ada pada mobil kalian.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki klakson mobil yang dapat kalian pahami dan cermati agar nantinya kalian dapat memperbaikinya sendiri tanpa harus membawa mobil kalian ke bengkel. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai cara memperbaiki klakson mobil yang rusak dan paling ampuh dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: