17 Cara Mengendarai Mobil Manual Agar Cepat Lancar

Cara Mengendarai Mobil Manual – Mobil menjadi salah satu kendaraan pilihan untuk semua orang, pasalnya pada transportasi satu ini dapat di isi dengan cukup banyak penumpang. Namun dalam mengendarai sebuah mobil memang harus memiliki keahlian terlebih dahulu dalam mengendarainya agar lancar saat dijalanan. Namun untuk saat ini terdapat dua macama sistem tranmisi pada sebuah mobil yakni tranmisi manual dan matic, keduanya memiliki sistem cukup berbeda dalam mengendarainya. Dimana untuk cara mengendarai mobil matic memang lebih mudah bila dibandingkan dengan cara mengendarai mobil manual.

Dimana untuk mobil terbaru hampir menyediakan dua pilihan tranmisi manual dan matic, kedua pilihan bisa kalian pilih sesuai yang kalian inginkan. Semisalnya beberapa mobil MPV terbaru sudah menyediakan dua pilihan tranmisinya, selain itu juga untuk mobil SUV terbaru juga demikian. Namun dalam kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semuanya bagaimana cara mengemudi mobil manual agar cepat lancara. Akan tetapi dalam mengendarai mobil manual, kalian harus mengetahui terlebih dahulu bagian-bagian untuk mengendarai sebuah mobil manual.

Seperti yang ketahui oleh flikermania, bila mana sebuah mobil akan terdapat beberapa bagian penting untuk mengendarai sebuah mobil untuk yang peratama adalah gas, lalu untuk kedua kopling dan rem. Beberapa bagian tersebut harus kalian pahami terlebih dahulu akan cara kerjanya dan fungsi utamanya, tetapi kami yakin kepada kalian semuanya telah memahami akan hal tersebut. Namun terdapat beberapa orang yang belum mengetahui cara kerjanya dan bagiamana cara untuk menggunakan agar mobil dapat berjalan dengan benara yang sesuai dengan prosedurnya supaya bisa jalan dengan lancar.

Dalam mengendarai sebuah mobil manual memang tidak semudah mengendarai mobil matic, dimana cukup masukan tranmisinya dan setelah itu tinggal gas saja. Pasalnya pada mobil manual terdapat kopling, dimana bagian tersebut memiliki fungi sangat berarti sekali terutama pada saat mau memasukan tranmisi atau juga menguranginya. Oleh karena itu kalian semua harus mengetahui terlebih dahulu cara mengendarai mobil manual agar tidak kaget nantinya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, flikermania semua dapat simak langsung saja ulasan cara mengendarai mobil manual dibawah ini.

Cara Mengendarai Mobil Manual Agar Cepat Lancar

Cara Mengendarai Mobil Manual Agar Cepat Lancar

Cara Mengendarai Mobil Manual Agar Cepat Lancar

1. Pahami Seluruh Bagian Kemudi Mobil

Cara mengendarai mobil manual yang pertama harus kalian lakukan cukup pahami beberapa bagian kemudi untuk menjalankan sebuah mobil manual. Sebelumnya sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana tedapat cukup banyak bagian yang harus kalian ketahui. Untuk bagian utamanya ialah kopling, gas dan rem, ketiga b agian tersebut memang sangat penting sekali. Akan tetapi ada satu bagian lagi yang cukup penting yakni hand rem, dimana sebuah rem pada saat mobil dalam keadaan perkir.

READ  Syarat Pembuatan SIM yang Wajib Kalian Ketahui !

2. Pastikan Mobil Parkir Pada Tempat Datar

Jika kalian semuanya ingin mencoba untuk berlatih mobil manual, pastikan terlebih dahulu akan posisi mobil pada posisi datar. Hal tersebut memang dianjurkan sekali untuk kalian yang ingin berlatih, pasalnya dengan posisi datar. Mobil tidak akan maju atau mundur pada saat mobil dalam keadaan netral, sehingga kalian semua tidak merasa kaget jika mobil tiba-tiba mundur atau juga maju pada saat mencoba menetralkan mobil.

3. Atur Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

Atur Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

Atur Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

Untuk cara mengendarai mobil manual yang selanjutnya cukup atur posisi duduk senyaman mungkin, karena hal ini dapat membantu kalian dalam mengendarai mobil. Hal tersebut tidak hanya berlakuk untuk kalian yang masih belajar, untuk beberapa orang yang sudah trampil juga sering mencari posisi tempat duduk yang nyaman. Hal tersebut agar dalam mengemudi dapat konsentrasi dan mudah dalam mengoperasikannya.

4. Pahami Posisi Pedal

Untuk langkah selanjutnya, kalian semua tinggal pahami saja posisi pedalnya saja. Dimana untuk bagian paling kanan adalah gas, lalu untuk bagian tengah rem dan paling kiri adalah kopling. Sedangkan untuk bagian hand rem biasanya terletak pada sebelah kiri tempat duduk si pengemudi, lalu terdapat beberapa bagian lainnya seperti beberapa fitur pendukung lainnya.

5. Pahami Kinerja Kopling

Sebelum kalian mencoba untuk menjalankan mobil manua, pastikan terlebih dahulu akan fungsi dari kopling mobil. Dimana fungi kopling ialah bagian yang memutuskan akan putaran mesin serta putaran roda pada saat posisi tranmisi sudah masuk. Selain itu juga kopling berfungsi untuk menaikan dan menurunkan tranmisi secara halus, kemudian juga pada saat ingin mengerem juga disertai menginjak pedal kopling.

6. Berlatih Operasikan Pedal Tranmisi

Apabila sudah paham akn fungsi dari kopling, tinggal kalian berlatih untuk mengoperasikan tranmsisinya. Dimana akan urutan dalam menambah tranmisinya serta menguranginya, hal tersebut dibarengi dengan menginjak pedal kopling. Jika dirasa sudah paham akan posisi dan cara menggunakannya, bisa langsung saja coba dengan menghidupkan mesin mobil.

7. Pastikan Posisi Tranmisi N atau Netral

Sebelum kalian mencoba untuk menghidupkan mobil, pastikan jika posisi tranmisi dalam posisi N atau netral. Jika posisi sudah netral, kalian semua tinggal hidupkan saja mesin mobilnya. Tentunya tidak hanya pada saat mau menjalankan mobil atau menghentikan mobil saja untuk posisi netralnya, pada saat berhenti di lampu merah atau sedang macet juga bisa di netralkan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

8. Hidupkan Mesin

Untuk cara mengendarai mobil manual selanjutnya tinggal hidupkan mesinnya saja. Untuk saat ini terdapat beberapa mobil yang sudah menggunakan fitur canggih, dimana ada mobil yang tinggal pencet saja tombol start dan ada juga dengan starter menggunakan kunci. Namun yang harus kalian ingat, pastikan mobil dalan keadan tranmsisi netral.

READ  10 Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak atau Mati Total Paling Ampuh

9. Injak Pedal Kopling

Bila mesin sudah hidup, langkah selanjutnya tinggal injak pedal koplingnya. Dengan menginjak kopling terlebih dahulu, maka kalian semuanya bisa memasukan tranmisinya secara halus. Namun dalam menginjangkanya jangan setengah, usahakan sampai bawah seperti yang sudah kalain  coba sebelum mesin dihidupkan tadi.

10. Masukan Tranmisinya

Masukan Tranmisinya

Masukan Tranmisinya

Setelah kalian semua menginjak pedal koplingnya, tinggal masukan saja tranmsisinya pada posisi gigi satu. cara memasukan tranmisinya harus berhati-hati, pastikan kalian memindahkannya sesuai dengan alurnya agar tranmisi tidak cepat rusak.

12. Lepas Hand Rem

Apabil sudah injak pedal kopling dan masukan tranmisinya, untuk langkah selanjutnya tinggal lepaskan hand rem yang terletak pada sebelah kiri pada tempat duduk kalian. Biasanya untuk melepas, harus pencet tombol yang ada di ukung hand remnya.

13. Injak Gas

cara mengendarai mobil manual selanjutnya tinggal injak gas saja, namun dalam menginjak pedal gas secara perlahanlahan dan disertai melepaskan koplingnya. Pastikan dalam melepas kopling dan injak gas seirama, sehingga mobil akan jalan secara lancar. Semisalnya saja gas sudah mulai di injak, kopling harus mengikuti untuk melepasnya dan sudah mulai jalan kopling bisa kalian lepas sepenuhnya.

14. Perhatikan Dalam Menambah Tranmisi

Perhatikan Dalam Menambah Tranmisi

Perhatikan Dalam Menambah Tranmisi

Setelah mobil muali jalan, injak gas sedikit demi sedikit saja, pada saat berjalan dan diras suara mobil mulai mengereng tinggal tambahkan tranmisinya ke posisi gigi 2. Lakukan hal tersebut sampai gigi 4 atau 5, dalam posisi tranmsisi sesuaikan dengan jalanannya. Apabila berada di jalan datar bisa sampai gigi 5, sedangkan untuk posisi jalan naik turu yang tidak terlalu bisa menggunakan gigi 4 dan 5.

15. Perhatikan Dalam Mengurangi Tranmisi

Jika sudah berjalan dengan lancar lalu ingin menurunkan gigi, dapat kalian lakukan seperti kalian memasukan aatau menambah tranmisi. Dimana diharuskan untuk menginjak pedal koplingnya terlebih dahulu dan setelah itu tinggal menurunkan tranmisinya. Namun dalam menurunkan tranmisinya harus sesuai, dimana pada saat gigi 5 lalu turunkan pada posisi gigi 4 dan seterusnya.

16. Gunakan Rem Dengan Benar

Untuk cara mengendarai mobil manual selanjutnya, pastikan dalam mengerem dengan benar. Apabila kalian asal-asaln dalam menggunakan seperti langsung saja injak sampai penuh, pasti mobil akan tergelincir. Oleh karena itu dalam megerem harus deikit demi sedikit dan jangan lupa untuk injak peda koplingnya.

17. Matikan Mobil Dengan Benar

Lalu cara mengendarai mobil manua yang terakhir ialah matikan mobil dengan benar, dimana kalian semua harus netralkan tranmisinya pada posisi N. Jika sudah tinggal operasikan rem tangan atau hand rem pada saat posisi parkir.

Nah itulah cara mengendari mobil manual yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana seperti cara diatas memang sangat mudah sekali. Kuncinya cukup pahami fungsi pedalnya dan juga cara menggunakannya, kami yakin kalian semua akan cepat lancar dalam mengendaral mobil manual. Demikian yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Tags: ,