10 Cara Menyetel Karburator Motor Agar Kencang & Irit 2020

Cara Menyetel Karburator Motor – Didalam sistem kerja sepeda motor kita tahu bahwa ada banyak sekali komponen yang saling berhubungan untuk membuat motor bisa berjalan dengan baik. Salah satu komponen yang paling penting keberadaannya tentu adalah mesin.

Mesin pada motor sendiri terdiri dari berbagai macam komponen lain yang akan dapat bekerja apabila ada campuran udara dan juga bahan bakar. Yang dimana campuran antara udara dan bahan bakar tersebut tentu bukan semabrang campuran, melainkan sudah di komposisi takarannya sehingga pas.

Untuk memudahkan proses pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar, kita semua tahu bahwa ada komponen bernama karburator yang akan membuat campuran antara bahan bakar dan udara memiliki komposisi yang pas dan tepat. Dengan begitu melakukan penyetelan pada karburator motor tentu akan menjadi hal yang sangatlah penting.

Dengan menyetel karburator motor yang baik dan benar serta sesuai akan dapat membuat motor memiliki tenaga yang maksimal dan juga akan dapat membuat penggunaan bahan bakar juga lebih irit. Cara menyetel karburator motor sendiri mungkin tidak mudah di lakukan oleh sembarang orang, namun akan cukup mudah di lakukan mekanik yang sudah berpengalaman.

Cara Menyetel Karburator Motor

Cara Menyetel Karburator Motor

Dilakukannya penyetelan karburator hanya berlaku untuk jenis karburator konvensional, karena untuk sekarang ini kebanyakan sepeda motor sudah menggunakan karburator jenis baru yang akan bekerja dengan menggunakan sistem vakum.

Ciri-Ciri Karburator Motor Perlu Disetting

Ciri Ciri Karburator Motor Perlu Disetting

Biasanya penyetelan karburator motor akan selalu di lakukan para mekanik bengkel setelah mereka membersihkan karburator motor. Namun jika kalian merasa ada yang tidak beres pada kinerja karburator motor saat digunakan tentunya kalian harus sesegera mungkin menyetelnya.

Dan biasanya ketika karburator motor tidak bekerja secara optimal, akan di tunjukan dengan beberapa ciri-ciri. Yang dimana beberapa ciri-ciri karburator motor perlu di setting pun juga cukup beragam. Namun untuk mempermudah kalian dalam memahami kondisi karburator yang baik, berikut adalah ciri-ciri karburator motor yang perlu disetting.

1. Mesin Brebet di RPM Rendah

Salah satu ciri karburator motor sudah perlu di setting ulang yakni saat mesin brebet pada saat berada di RPM rendah. Hal ini biasanya akan terajadi karena setelan angin yang ada pada karburator motor tidak tepat entah itu lebih banyak ataupun lebih sedikit.

2. Mesin Susah Dihidupkan

Busi motor memang seringkali kita jadikan alasan kenapa mesin motor susah hidup. Namun teranyata tidak selamanya mesin motor susah dihidupkan karena busi. Karena bisa jadi juga di karenakan oleh karburator motor yang terganggu kinerjanya.

READ  8 Cara Menghilangkan Karat di Knalpot Motor Mudah & Cepat

3. Busi Motor Basah

Kemudian ciri-ciri karburator motor yang perlu kalian setel ulang karena tidak memberikan performa yang maksimal adalah busi motor yang basah. Basahnya busi tersebut biasanya karena karburator banjir yang terjadi karena adanya komponen karburator motor yang rusak dan perlu di ganti.

4. Tenaga Mesin Berkurang

Sementara ciri yang terakhir adalah tenaga mesin berkurang. Ciri yang terakhir ini memang seringkali dirasakan para pengguna sepeda motor apabila terjadi hal-hal yang tidak beres pada karburator motor mereka. Dan biasanya hal ini terjadi karena suplai angin didalam karburator tidak lancar akibat kotoran yang ada. Jadi silahkan bersihkan kotoran tersebut.

Cara Kerja Penyetelan Karburator Motor

Cara Kerja Penyetelan Karburator Motor

Seperti kami katakan diatas, sebenarnya cara menyetel karburator motor sendiri bisa di lakukan dengan mudah bagi mereka yang sudah menguasai caranya. Namun bagi kalian yang belum menguasainya, mungkin akan terasa susah karena kalian harus mengatur komposisi udara yang harus ada pada karburator agar tepat.

Mengenai hal tersebut, sebenarnya bisa saja kita lakukan sendiri. Karena untuk menyetel karburator motor sendiri sudah disedikan medianya. Yang dimana media ini berupa dua buah sekrup karburator yaitu Sekrup Penyetel Gas dan Sekrup Penyetel Udara.

Kedua sekrup tersebut sama-sama mudah di jangkau karena memang di buat khusus untuk menyetel karburator. Adapun cara kerja dari sekrup gas tersebut yakni dengan mendorong pada bagian venturi yang berada di dalam karburator yang memiliki permukaan miring.

Dengan begitu ketika posisi sekrup kita kencangkan maka secara otomatis akan mendorong katup gas yang akhirnya akan terbuka melebar. Sementara jika kita putar ke arah sebaliknya maka katup pun akan menutup. Sementara untuk sekerup penyetel udara juga memiliki sistem atau cara kerja yang tidak jauh berbeda dari cara kerja sekrup penyetel gas.

Dimana untuk sekrup penyetel udara ini akan bekerja dengan menutup saluran idle. Dimana ketika sekrup kita kencangkan, maka saluran idle pada karburator akan tertutup dan udara yang masuk akan menjadi lebih sedikit.

Secara praktek memang cara kerja dari penyetelan karburator memang cukup mudah karena kalian hanya perlu memutar sekrup yang di sediakan khusus untuk menyetel karburator. Namun penyetelan yang tidak tepat akan membuat hasil akhir juga tidak baik.

Cara Menyetel Karburator Motor

Maka dari itu untuk kalian yang ingin melakukan penyetelan karburator motor, silahkan ikuti panduan otoflik.com tentang cara menyetel karburator motor yang baik dan benar berikut ini.

1. Persiapkan Obeng

Persiapkan Obeng

Langkah pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin mengikuti cara menyetel karburator motor ini adalah mempersiapkan obeng min ( – ). Kenapa harus obeng min ? karana biasanya setelan karburator pada sepeda motor di buat dengan baut min sehingga untuk mempermudah penyetelan kalian siapkan saja obeng min.

2. Hidupkan Mesin

Hidupkan Mesin

Setelah kalian siapkan obeng tersebut, langkah langkah selanjutnya adalah menghidupkan mesin sepeda motor. Jelas ini harus di lakukan karena cara menyetel karburator motor yang baik dan benar harus dalam kondisi atau posisi mesin hidup.

READ  Cara Memperbaiki Busi Mobil Paling Ampuh

3. Putar Sekrup Penyetel Gas

Putar Sekrup Penyetel Gas 1

Jika mesin sudah berada pada posisi hidup, silahkan kalian ambil atau pegang obeng min tadi dan putar sekrup penyetel gas ke arah kanan atau gampangnya searah dengan jarum jam untuk membuat katup gas semakin terbuka dan RPM mesin akan semakin tinggi.

Lakukan secara perlahan karena disaat memutar sekrup gas biasanya mesin akan semakin berputar cepat. Dan putarlah sekrup tersebut jangan terlalu banyak. Kalian bisa memutar hanya setengah hingga 2 putaran saja.

4. Tutup Sekrup Penyetel Udara

Tutup Sekrup Penyetel Udara

Pada saat putaran mesin sudah mencapai RPM tinggi atau setidaknya sudah berada di atas 1.500 RPM. Silahkan kalian tutup sekrup penyetel angin dengan memutar sekrup searah jarum jam.

Pada saat kalian memutar sekrup penyetel udara, maka RPM motor pun akan semakin berkurang dan putaran mesin juga akan terasa brebet karena udara yang masuk tentu berkurang.

Terus putar sekrup tersebut secara perlahan namun jangan sampai mesin mati. Apabila sebelum saluran udara tertutup mesin sudah akan mati, silahkan hentikan pemutaran sekrup udara tersebut dan biarkan hingga RPM terendah yang akan bisa di capai oleh mesin.

5. Buka Sekrup Udara Sampai RPM Tinggi

Buka Sekrup Udara Sampai RPM Tinggi

Setelah kalian menemukan titik dimana sekrup udara pas dan tepat hingga RPM terendah bisa di capai mesin dengan melakukan cara menyetel karburator diatas. Kali ini putar kembali sekrup penyetel udara ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam untuk membuka kembali.

Putar secara perlahan untuk bisa menentukan campuran antara udara dan bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar. Disini benar-benar harus kalian gunakan feeling seperti kami sampaikan diatas untuk menentukan pada titik mana RPM tertinggi akan muncul.

6. Turunkan Setelan Gas

Turunkan Setelan Gas

Kemudian setelah kalian lakukan penyetelan sekrup udara secara benar. Maka hal yang selanjutnya perlu kalian lakukan adalah mengatur idle RPM dengan memutar kembali sekrup gas yang sudah kita buka diatas.

Untuk caranya, kalian hanya perlu memutar sektup ke arah kiri secara perlahan hingga mencapai titik idle RPM yang kalian inginkan. Atau silahkan putar hingga RPM mencapai 900 atau 1000 karena merupakan RPM idle standar sebuah sepeda motor.

7. Tes Setelan Karburator

Tes Setelan Karburator

Dan langkah terakhir cara menyetel karburator motor adalah melakukan pengetasan. Hal ini bisa di lakukan dengan kalian menarik tuas gas secara berulang ulang pada posisi netral. Ketika kalian putar tidak ada hal yang aneh atau mungkin brebet maka bisa di katakan setelan karburator sudah benar.

Dan seperti itulah kiranya cara menyetel karburator motor yang baik dan benar agar motor dapat mengeluarkan tenaga yang optimal. Langkah demi langkah diatas tentu akan bisa kalian terapkan untuk semua jenis karburator termasuk pada karburator motor matic yang letaknya berada di bawah jok.

Sekian informasi yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang sudah otoflik.com tulis dan sampaikan diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan mudah untuk kalian pahami.

Tags: ,