6 Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar Agar Awet

Cara Merawat Radiator Mobil – Mobil menjadi salah satu kendaraan yang bisa membawa beberapa penumpanga, sehingga banyak sekali orang yang ingin sekali memiliki sebuah mobil. Namun kalian semua harus tahu, jika memiliki sebuah mobil iu tidak hanya sekedar dipanaskan saja atau ganti oli secara rutin. Karena pada mobil atau motor sekalipun terdapat beberapa komponen yang harus diperhatikan secara betul, semisalnya saja pada sektor radiatornya. Radiator sendiri merupakan salah satu komponen paling penting disetiap mobil atau bahkan mobil, dimana untuk menurunkan panas pada mesin mobil.

Oleh karena itu kalian semua harus memperhatikan pada komponen satu ini, apabila sampai terjadi kerusakan pada radiaotor maka akan terjadi hal yang tidak di inginkan. Untuk menjaga agar radiator tetap awet, kalian semua harus mengetahui cara merawaat radiator mobil agar komponen penting ini bisa awet dan tahan lama. Namun sebelum itu kalian harus mengetahui ciri-ciri salah satu komponen mengalami kerusakan, semisalnya saja gejala kampas kopling mobil sudah mulai habis. Pastinya akan terasa pada saat kalian mengendarainya, dimana mobil akan berjalan terasa tidak enak sekali dan tidak seperti biasa.

Perawatan mobil memang harus kita perhatikan sekali, entah itu pada mobil matic maupun juga mobil manual memang harus kita lakukan. Untuk yang utama kita harus service secara rutin dan lainnya bisa cek beberapa komponen seperti halnya pada radiator mobil. pada kesempatan sangat baik ini kami akan informasikan kepada kalian semuanya, bagaimana cara merawat radiator mobil kepada kalian semuanya. Sebelum kami bahas lebih dalam kepada kalian semuanya, jika radiator mobil memiliki beberapa bagian yang harus diperhatikan. Semisalnya saja pada air radiatornya, sebisa mungkin kalian harus cek air radiatornya masih banyak atau tidak.

Meskipun terbilang sangat sepele, namuan bila air radiator mobil sampai kehabisan, maka akan berakibat fatal terhadap mobil kalian semuanya. Mulai dari sekarang kalian harus menjaga dan merawat radiator agar tetap awet dan tahan lama pastinya. Baiklah untuk lebih lanjut akan cara merawat radiator mobil secara detail dan lebih lengkapnya. Kalian semua bisa langsung simak saja ulasan cara merawat radiator mobil yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

READ  20 Cara Memperbaiki Aki Kering Rusak atau Mati Total Paling Ampuh

Daftar Isi

Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar Agar Awet

Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar

Cara Merawat Radiator Mobil Yang Benar

Cara merawat radiator mobil memang sangat mudah sekali kok, karena cara mengatasinya juga mudah dan perawatannya juga ringan. Tidak seperti kita mengetahui gejala AC mobil tidak dingin, pastinya akan merasa kebingungan akan penyebabnya. Baiklah mungkin langsung saja kita simak langsung ulasan yang sudah kami persiapkan dibawah ini.

1. Cek secara Teratur Ai Radiator

Untuk langkah pertama yang harus kalian lakukan dalam cara merawat radiator mobil cukup cek secara teratur air radiatornya. Apakah airnya masih banyak atau tidak, jika kalian semua sudah cek air radiatornya pasti akan bisa memastikan kapan waktunya air radiator habis atau segera diganti dengan yang baru.

2. Mengganti Air Radiator yang Baru

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika kita sering cek air radiatornya. Pasti kita tahu kapa waktunya ganti air radiator dengan air yang baru, namuan dalam penggantina air radiator pastikan terlebih dahulu mesin mobil masih dingin. Setelah itu tinggal buang air radiator yang lama sampai benar-benar habis dan setelah itu tinggal ganti air radiator yang baru.

3. Isi Air Radiator Sesuai Takaran

Dalam melakukan pengisian air radaitor, pastikan jika kalian ingin mengisi sudah benar-benar habis dan untuk mengisi dengan yang baru harus sesuai dengan takarannya. Karena pada setiap radiator baik mobil atau motor akan terdapat takaran yang sesusai denga ukurannya dan kalian harus perhatikan juga. Jangan sampai kurang dalam pengisian air radiatornya.

Cara dan Langkah Merawat Radiator Mobil

Cara dan Langkah Merawat Radiator Mobil

4. Cek Kembali Radiatornya

Jika kalian semua sudah melakukan pengisian air radiator sesuai dengan takarannya, pastiakn dan cek kembali radiatornya. Apakah semua bagian pada radiator terpasang dengan benara atau tidak, semisalnya saja selangnya sesuai dengan semula atau tidak. Sehingga nantinya tidak akan menjadi pekerjaan lagi jika ada beberapa part yang belum terpasang dengan benar atau ketinggalan.

READ  Ac Mobil Tidak Dingin Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

5. Periksa Tangki Cadangan Radiator

Cara merawat radiator mobil yang selanjutnya cukup periksa tangki cadangan radiatornya, pada tangki tersebut sebagai cadangan jika air radiator utamanya sampai habis. Sehingga kalian semua masih bisa menggunakan mobil sampai rumah dan langsung tambahkan air radiatornya dengan yang baru. Kami yakin air radiator tidak mungkin sampai kehabisan.

6. Hidupkan mesin Untuk Cek Radiator

Apabila dirasa sudah selaesai dalam penggantian air radaitornya, alangkah baiknya untuk periksa dan cek dengan cara hidupkan mesin mobil kalian semua. Hal tersebut untuk mencegah terjadianya hal yang tidak di inginkan ketika kalian semua mau bepergian jauh maupun dekat. Dengan kita mengecek terlebih dahulu, kita bisa pastikan jika radiator sudah oke dan siap dibawa bepergian.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana untuk cara merawat radiator mobil memang sangat mudah sekali. meskipun terbilang sangat mudah, namun banyak sekali orang yang menyepelekan akan hal kecil ini yang berakibat fatal. Demikianlah yang dapat kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.

Tags: ,