√ Evaporator AC Mobil : Jenis, Fungsi, Harga, Perawatan & Cara Kerja

Evaporator AC Mobil – Kenyamanan berkendara tentu menjadi prioritas yang harus selalu di jaga oleh para produsen otomotif. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cukup banyak cara, salah satunya dengan memberikan apa yang sering dibutuhkan para pengguna mobil pada umumnya.

Dari sekian banyaknya hal tersebut, mungkin AC mobil adalah salah satu diantaranya. Pasalnya dengan adanya AC sebagai sistem pendingin kabin , otomatis akan membuat kenyamanan berkendara terutama pada saat musim panas akan sangat berguna.

Bicara mengenai AC mobil, kita semua tahu bahwa di dalam sistem pendingin ini ada cukup banyak komponen AC mobil yang saling terhubung antara satau bagian dengan bagian lainnya. Tujuannya tentu untuk menghasilkan udara segar di dalam ruang kabin.

Adapun dari sekian banyaknya komponen AC mobil yang ada, terdapat beberapa komponen penting yang harus selalu di perhatikan dari kompresor ac mobil, freaon, dan juga komponen lain seperti halnya evaporator ac mobil atau komponen-komponen lainnya.

Pengertian, Fungsi, Perawatan dan Harga Evaporator AC Mobil

Fungsi Jenis Perawatan dan Harga Evaporator AC Mobil

Jika sebelumnya otoflik sudah membahas mengenai kompresor AC mobil, sesuai dengan judul yang kami tulis diatas. Kali ini otoflik akan membagikan penjelasan mengenai salah satu komponen penting bernama Evaporator AC mobil dari pengertian, fungsi, cara perawatan dan harganya.

Apa Itu Evaporator AC Mobil?

Jika dijelaskan secara rinci, evaporator AC mobil merupakan sebuah komponen penting di dalam rangkaian AC mobil yang ditempatkan padabagian akhir sebelum udara segar keluar ke dalam ruangan yang di tuju. Atau bisa juga di sebut dengan cooling unit.

Fungsi Evaporator AC Mobil

Sebagai salah satu komponen penting yang ada dalam rangkaian sistem pendingin kabin mobil atau AC mobil. Fungsi utama evaporator AC mobil meliputi:

  1. Sebagai komponen yang akan bisa memastikan kinerja AC mobil bekerja dengan baik atau tidak.
  2. Kemudian sebagai pengubah freon yang sebelumnya berbentuk cair menjadi butiran gas yang memiliki suhu dingin.
  3. Dan memberikan sirkulasi dingin ke seluruh bagian kabin mobil.

Jenis Evaporator AC Mobil

Dalam penggunananya sebenarnya komponen ini ada beberapa jenis yang umum sekali digunakan. Yang dimana jenis-jenis evaporator AC mobil ini didasarkan pada bentuk konstruksi yang dimilikinya.

Dan berikut adalah beberapa jenis evaporator AC mobil berdasarkan konstruksinya yang biasanya sering digunakan pada jenis mobil keluaran terbaru saat ini.

READ  15 Mobil Kecil Murah Pilihan Terbaik dan Terbaru 2020

1. Evaporator AC Plat Fin

Evaporator AC Plat Fin

Ini merupakan salah satu jenis evaporator yang memiliki FIN atau sirip dalam bentuk logam pipih. Dalam penggunaannya biasanya sirip tersebut sudah di susun sedemikian rupa agar sejajar serta memiliki tube atau tabung yang berbebtuk bulat.

2. Evaporator AC Serpentine

Evaporator AC Serpentine

Jenis evaporator AC mobil yang berikutnya adalah Serpentine. Dilihat dari konstruksinya jenis ini bisa dibilang memiliki bentuk yang dibuat dengan bentuk melengkung seperti huruf “S”. Sementara bentuk tube atau tabung yang dimilikinya berbentuk pipih.

3. Evaporator AC Drawn Cube

Evaporator AC Drawn Cube

Dan jenis yang terakhir adalah Drawn Cube, bentuknya hampir sama seperti jenis Plat Fin. Dimana jenis ini memiliki sirip berbentuk pipih yang terbuat dari material logam dan dibuat dengan bentuk berlubang sebagai jalur udara yang akan di hembuskan dari blower.  Sedangkan bentuk tabungnya adalah bulat.

Cara Kerja Evaporator AC Mobil

Cara Kerja Evaporator AC Mobil

Lalu bagaimaan cara kerja evaporator AC mobil? mungkin banyak dari flikermania yang penasaran dan ingin mengetahuinya. Oleh karena itu otoflik akan menjelasanya secara rinci dibawah ini.

Evaporator bekerja dengan cara mengikuti karakteristik freon yang ada di dalam sistem AC mobil. Yang dimana saat tekanan feon diturunkan lewat katup ekspansi, maka temperatur freon akan langsung turun hingga menyentuh angka -30º celcius.

Apabila suhu sudah mencapai titik terendah, maka freon akan langsung disemprotkan kedalam saluran tube evaporator hingga menjadi butiran gas yang akan menempel di dinding tube. Kemudian udara yang dihembuskan oleh blower akan menabrak sirip evaporator dan melewati saluran tube dan mengubah udara menjadi suhu dingin yang akan terasa di dalam kabin.

Harga Evaporator AC Mobil

Harga Evaporator AC Mobil

Sebagai informasi tambahan jika kalian ingin mengganti evaporator AC mobil sendiri, maka berikut ini ada beberapa daftar harga evaporator original dari beberapa merk dan seri mobil yang bisa kalian jadikan sebagai referensi. Dan harga dibawah ini masih bisa berubah sewaktu-waktu.

Merk & Seri MobilHarga
Evaporator Toyota All New Camry DensoRp 2.850.000
Evaporator Toyota Alphard / Vellfire Depan DensoRp 2.850.000
Evaporator Toyota Innova Belakang DensoRp 1.225.000
Evaporator Toyota Innova Depan DensoRp 1.275.000
Evaporator Toyota Kijang DensoRp 1.175.000
Evaporator Toyota New Harrier DensoRp 2.850.000
Evaporator Toyota Rush DensoRp 1.350.000
Evaporator Toyota Soluna DensoRp 1.275.000
Evaporator Toyota Yaris DensoRp 1.550.000
Evaporator Toyota Vios DensoRp 1.550.000
Evaporator Chevrolet Captiva DepanRp 2.350.000
Evaporator Daihatsu Sirion DensoRp 1.550.000
Evaporator Chevrolet Spin Belakang OriginalRp 1.550.000
Evaporator Daihatsu Terios DensoRp 1.350.000
Evaporator Daihatsu Taruna DensoRp 1.175.000
Evaporator Daihatsu Xenia DensoRp 1.450.000
Evaporator Suzuki Aerio DensoRp 1.775.000
Evaporator Suzuki Sx4 / X-Over : 1,450Rp 2.550.000
Evaporator Kia New SportageRp 1.350.000
Evaporator Honda All New Jazz RsRp 1.450.000
Evaporator Honda Stream 1.7Rp 1.375.000
Evaporator Honda Freed DensoRp 1.550.000
READ  50 Mobil Mewah di Dunia dan Indonesia Paling Keren 2020

Tips Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

 

Setelah mengetahui pentingnya evaporator AC mobil pada sistem pendingin kabin seperti kami jelaskan diatas. Tentu saja sebagai pemilik mobil otomatis harus menjaga dan merawat komponen ini secara baik.

Adapun cara perawatan evaporator mobil sendiri sebaiknya dilakukan minimal satu tahun sekali atau setiap kali mobil sudah menempuh jarak 20.000 kilometer. Jika ingin melakukan perawatan sendiri berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan.

  1. Pertama siapkan cairan pembersih khusus untuk evaporator.
  2. Kemudian siapkan juga filter AC mobil baru.
  3. Setelah itu silahkan kalian buka filter kabin AC mobil dan semprotkan cairan pembersih ke bagian blower.
  4. Pastikan juga bahwa selang penghubung ke bagian blower AC masih tetap terpasang dengan baik dan benar.
  5. Dan pada saat penyemprotan cairan pembersih habis, silahkan tunggu hingga 15 sampai 20 menit. Tujuannya untuk membuat cairan tersebut meresap ke dalam evaporator.
  6. Saat menunggu waktu tersebut, silahkan bersihkan bagian-bagian di sekeliling evaporator seperti ventilasi ac mobil atau bagian yang lainnya.
  7. Setelah dirasa cairan telah meresap, silahkan bersihkan evaporator dengan menggunakan air bersih agar kotoran hilang.
  8. Keringkan dengan cara di lap menggunakan kain kering atau di jemur.
  9. Setelah dipastikan kering, langkah terakhir pasang kembali evaporator dengan benar.
  10. Lalu silahkan cek kinerjanya dengan cara menyalakan AC mobil.

Akibat Evaporator Rusak atau Kotor

Akibat Evaporator Rusak atau Kotor

Lakukan perawatan secara berkala pada bagian evaporator agar kondisi suhu kabin dari AC mobil tetap dingin. Jika tidak maka akan banyak kendala yang akan bisa kalian alami apabila kondisi evaporator kotor. Beberapa kendala tersebut meliputi :

  • Suhu panas berlebih pada saat kompresor AC mobil bekerja.
  • Sensor temperatur suhu tidak stabil.
  • Pipa AC mobil akan diselimuti oleh es.
  • Evaporator menjadi beku sehingga hembusan tidak akan dapat keluar.
  • Membuat evaporator cepat rusak.
  • Dan pastikanya sirkulasi AC mobil tidak lancar.

Setelah mengetahui akibat-akbibat tersebut tentu tidak ingin kalian alami bukan? maka dari itu pastikan selalu melakukan perawatan evaporator secara berkala atau secara rutin. Setidaknya bersihkan 1 tahun sekali atau lebih sering jauh lebih baik.

Demikian kiranya inforamsi yang dapat otoflik sampaikan pada kesempatan kali ini seputar fungsi, jenis, perawatan, dan harga Evaporator AC mobil. Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi yang menarik untuk bisa kalian simak.

Tags: , , , ,