Harga Cat Mobil Per Panel dan Full Body Terbaru 2019

Harga Cat Mobil – Tampilan mobil keluaran terbaru saat ini memang sudah sangat berkembang dari tahun per tahun. Selain dihadirkan dengan bodi yang elegan dan futuristik, pabrikan mobil kenamaan dunia juga memberikan warna-warna yang sangat memukau sehingga tak heran jika mobil keluaran terbaru saat ini mampu menarik hati para konsumen di seluruh dunia khususnya di Indonesia. Contohnya saja dengan beberapa mobil besutan pabrikan Honda, Toyota, Daihatsu dan mobil-mobil asal Eropa lainnya yang memiliki mobil dengan tampilan warna yang keren dan menarik.

Dengan adanya tampilan tersebut kita pastinya harus memperhatikan betul ketika merawat terlebih pada saat mencuci mobil, karena terkadang mencuci mobil jika bukan menggunakan sabun khusus bisa membuat cat mobil menjadi kusam atau bahkan mengelupas. Dan berbicara mengenai cat mobil, kita pasti sering bertanya-tanya berapa harga cat mobil per panel atau harga cat mobil full body? Harga cat mobil baik per panel atau full body ternyata berbeda-beda, mulai dari bengkel resmi atau bengkel non resmi.

Harga Cat Mobil Per Panel dan Full Body Terbaru

Harga Cat Mobil Per Panel dan Full Body Terbaru

Harga Cat Mobil Per Panel dan Full Body Terbaru

Jika kalian ingin mendapatkan hasil pengecatan pada bodi mobil kalian, kami lebih menyarankan untuk melakukan pengecatan di bengkel resmi. Namun bukan berarti bengkel non resmi memiliki kualitas pengecatan yang buruk, bengkel-bengkel pengecatan mobil non resmi juga biasanya memiliki kualitas pengecatan yang tidak kalah dengan bengkel resmi, selain itu harga cat mobil di bengkel resmi memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan bengkel non resmi, perbedaan harga cat mobil tersebut bisa berkisar Rp 200-300 ribu.

Nah jika kalian ingin memangkas pengeluaran tersebut, kalian dapat mencoba untuk mengecat bodi mobil sendiri, caranya juga cukup mudah dimana langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut.

  • Pertama siapkan ampelas berukuran 1500 dan lakukan pengampelasan pada bagian mobil yang akan di cat dengan merata.
  • Selanjutnya cuci bagian yang akan di cat dengan menggunakan air bersih kemudian keringkan dengan air dan diamkan di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering keseluruhan.
  • Langkah selanjutnya siapkan proxy dan semprotkan pada bagian yang akan kita cat dan lanjutkan dengan menggosok permukaan mobil dengan menggunakan ampelas berukuran 2000 hingga merata.
  • Berikutnya cuci bagian mobil dan keringkan. Untuk hasil yang lebih memuaskan sebaiknya gunakanlah warna putih atau abu-abu untuk cat bagian dasarnya dan lakukan pengecatan di area terbuka sehingga sinar matahari dapat langsung mengenai mobil.
  • Tunggu sekitar 2 jam. Setelah itu barulah kita mulai pengecatan dengan mencampurkan cat dengan tiner, ingat jangan terlalu encer dan juga kental. Untuk takaran cat kental kalian dapat mencampur 1,2 liter cat dengan 2 liter tiner. Atau jika kalian menginginkan cat encer kalian cukup mengunakan perbandingan 1:1 baik cat dan juga tiner.
  • Langkah selanjutnya ada dengan menggunakan semprotan/spray gun. Sebaiknya dilakukan satu kali penarikan spray gun agar tidak terlalu tebal. Lakukan secara merata sesuai alur.
  • Setelah selesai dan cat benar-benar kering kalian dapat memulai tahap selanjutnya yakni Varnish. Hal ini untuk membuat hasil cat menjadi bagus dan lebih awet. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu mencampur varnish dengan hardener kemudian lakukan penyemprotan dengan merata. Jika sudah, tunggu hingga kering dan yang terakhir lakukan pemolesan pada bodi agar bodi mobil terlihat kinclong.
READ  25 Harga Ban Mobil Semua Ukuran Terbaik Mei 2019

Harga Cat Mobil di Bengkel Resmi dan Non Resmi

Cat Mobil di Bengkel Resmi

Cat Mobil di Bengkel Resmi

Berbicara mengenai harga cat mobil per panel dan full bodi di bengkel resmi dan non resmi pastinya berbeda-beda. Seperti yang sudah kita bahas pada paragraf awal, jika harga cat mobil di bengkel resmi memiliki banderol yang lebih mahal dibandingkan dengan bengkel non resmi. Sebagai contoh kalian dapat simak berikut ini.

Pengecatan mobil Daihatsu Xenia

  • Bumber bagian depan dan belakang: Rp 620.000
  • Fender: Rp 650.000-Rp 700.000
  • Kap Mesin: Rp 720.000-Rp 750.000
  • Bagasi: Rp 750.000-Rp 800.000
  • Pintu belakang/bagasi: Rp 720.000-Rp 750.000
  • Roof: Rp 1.8 juta
  • Trisplang kaki bawah: Rp 450.000

Harga cat mobil diatas merupakan harga per panel dari bengkel resmi. Untuk Daihatsu Xenia, Sirion dan jenis lain biasanya memiliki perbedaan harga yang cukup tipis, berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribuan. Kebanyakan bengkel resmi seperti Auto2000 dan juga bengkel resmi Mitsubishi lebih melayani untuk pengecatan mobil per panel saja.

Sedangkan untuk bengkel non resmi atau umum. Harga cat mobil per panel dibanderol dengan harga berkisar Rp 550.000 hingga Rp 700.000 untuk semua jenis mobil. Akan tetapi untuk pengecatan warna merah biasanya harga yang dipatok berbeda, karena pengecatan dengan warna ini harus dilakukan dua kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Harga yang ditawarkan oleh setiap bengkel umum juga berbeda-beda, ada yang lebih murah dan ada yang lebih mahal walaupun hanya selisih sedikit.

Cat Mobil di Bengkel Umum

Cat Mobil di Bengkel Umum

Lalu untuk pengecatan mobil full body, bengkel umum biasanya mematok harga berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 7 juta dengan melihat kondisi mobil. Tarif ini berlaku untuk mobil sekelas Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Namun untuk sekelas mobil-mobil yang lebih besar seperti Innova ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal, dengan perbedaan berkisar Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Dan untuk mobil sekelas sedan dan mobil-mobil keluaran Eropa juga memiliki patokan harga yang lebih mahal karena dipengaruhi tingkat kerumitan ketika proses pengecatan.

READ  Daftar Harga Knalpot PDK Murah dan Terbaik 2019

Nah itulah beberapa informasi terkait harga cat mobil per panel dan full body. Kalian dapat memilih untuk melakukan pengecatan ulang di bengkel resmi atau bengkel non resmi, dan tentunya dengan melihat perbandingan harga dari kedua jenis bengkel tersebut. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan mengenai harga cat mobil per panel dan full body terbaru, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: , ,