Konsumsi BBM Avanza Matic & Manual Terbaru 2020

Konsumsi BBM Avanza – Siapa yang tak kenal Toyota Avanza? Mobil dengan kelas low MPV ini adalah pemain lama serta jadi ikon mobil untuk keluarga dengan harga terjangkau. Selain itu Avanza terkenal karena irit dalam penggunaan bahan bakar sehingga cocok digunakan siapa saja. Avanza tetap bertahan ditengah persaingan yang semakin ketat dengan produk pabrikan lain seperti Suzuki Ertiga maupun Chevrolet Spin.

Mobil irit BBM memang banyak dicari masyarakat Indonesia karena bisa menghemat pengeluaran. Terlebih pertahun harga BBM naik sehingga banyak orang lebih berhati hati ketika memilih kendaraan baik baru maupun second. Avanza merupakan salah satu mobil dengan konsumsi BBM irit ditambah dengan berbagai fitur andalan didalamnya. Beberapa keunggulannya seperti sensor parkir, spion retrack, head unit doubledin maupun AC double blower.

Walaupun konsumsi BBM tergolong irit namun tenaganya masih bisa diandalkan dengan transmisi 5 percepatan. Cukup ampuh untuk menerjang tanjakan dan membawa beban berat sesuai dengan track jalan Indonesia. Apalagi seri terbaru New Avanza yang dibekali mesin 1496 cc dimana mampu mengeluarkan daya maksimal 104 PS diputaran 8000 rpm. Seperti yang kita tahu ada varian matic dan manual untuk seri Toyota Avanza.

Keduanya memang memiliki konsumsi BBM irit namun tetap ada perbedaannya. Dapat dikatakan seri Avanza matic lebih mahal jika dibandingkan seri manual. Demikian pula dengan sisi perawatan atau servisnya lebih mahal varian matic. Oleh karena itu banyak konsumen Indonesia lebih memilih versi manual karena harganya lebih murah serta perawatan dengan harga terjangkau.

Konsumsi BBM Avanza

Konsumsi BBM Avanza

Untuk membandingkan konsumsi BBM dari seri Avanza manual maupun matic maka diperlukan perhitungan. Soal BBM menggunakan Pertalite karena oktan sudah sesuai kebutuhan mesin Toyota Avanza manual ataupun matic. Nah untuk mengetahui mobil mana yang lebih hemat kami sudah merangkum perhitungannya berikut ini.

READ  3 Jenis Kaca Spion Mobil Terlengkap Beserta Fungsinya 2020

Konsumsi BBM Avanza Matic

Konsumsi BBM Avanza Matic

Perbandingan konsumsi BBM untuk Avanza Matic adalah 1:10 dimana 1 liter dapat digunakan untuk jarak 10 kilometer. Agar bisa menghitung biaya total pemakaian BBM untuk jarak tertentu maka perlu dilakukan perhitungan sebagai berikut.

Jenis BBMPertalite
Harga BBMRp. 7.650
Perbandingan Konsumsi BBM (l/km)1 liter : 10 kilometer
Jarak Tempuh50 Km
Total Pemakaian BBM50 Km : 10 liter = 5 liter
Total Biaya BBMRp. 7.650 x 5 liter = Rp. 38.250

Konsumsi BBM Avanza Manual

Konsumsi BBM Avanza Manual

Perbandingan konsumsi BBM untuk Avanza Manual adalah 1:9 dimana 1 liter dapat digunakan untuk jarak tempuh 9 kilometer. Supaya bisa menghitung biaya total pemakaian BBM untuk jarak tertentu maka perlu dilakukan perhitungan sebagai berikut.

Jenis BBMPertalite
Harga BBMRp. 7.650
Perbandingan Konsumsi BBM (l/km)1 liter : 9 kilometer
Jarak Tempuh50 Km
Total Pemakaian BBM50 Km : 9 liter = 5,55 liter
Total Biaya BBMRp. 7.650 x 5,55 liter = Rp. 42.457

Dari hasil diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa Avanza matic memakai BBM lebih irit jika dibandingkan seri manualnya. Perbedaannya pun cukup tipis karena terpaut 0,55 liter untuk perjalanan dengan jarak tempuh 50 kilometer. Dengan perbedaan yang cukup tipis ini tinggal kembali ke konsumen, apakah ingin memilih seri matic atau manual. Dapat dipastikan konsumsi BBM Avanza keduanya tergolong irit dan memang melebihi seri mobil dari pabrikan lain.

Tags: , ,