√ Lampu Motor Sering Putus ? 10 Penyebab & Cara Mengatasinya

Lampu Motor Sering Putus – Kelengkapan sepeda motor baik dari fisik, fungsi dan juga kelengkapan surat-surat memang selalu menjadi hal yang penting. Karena semua itu merupakan sebuah bagian yang memang harus dan selalu kita perhatikan terutama pada saat membawa motor di jalanan.

Dan bicara mengenai hal tersebut, saat ini kita tahu bahwa baik siang ataupun malam, ketika berkendara di jalan raya lampu motor wajib dinyalakan. Tidak heran apabila saat ini banyak produsen otomtif terutama motor yang membuat lampu utama akan tetap selalu menyala.

Meski merupakan salah satu bagian yang cukup jarang kita perhatikan jika memang tidak terdapat masalah. Nyatanya pada beberapa kasus, lampu motor sering kali mati secara tiba-tiba, bahkan ketika lampu motor sudah diganti berkali-kali.

Hal tersebut tentu saja membuat kita sebagai pemilik motor akan merasa kesal karena harus selalu mengganti bohlam lampu ketika putus. Jika hal tersebut sering terjadi pada motor kalian, biasanya ada beberapa penyebab yang membuat lampu motor sering mati.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Dan umumnya salah satu penyebab lampu motor redup atau mati terkendala pada kiprok motor yang sudah mulai rusak. Namun nyatanya, kondisi lampu motor yang sering mati bukan saja dikarenakan kiprok motor yang rusak, melainkan ada beberapa penyebab lainnya. Nah berikut adalah beberapa diantaranya.

Penyebab Lampu Motor Sering Putus

Selain menjadi sistem penerangan pada malam hari saat melewati jalan, seperti kami jelaskan diatas lampu motor juga digunakan untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang ada saat ini. Jika lampu motor kalian sering mati, mungkin berikut ini bisa menjadi penyebabnya.

1. Kualitas Bohlam

Kualitas Bohlam Lampu

Ada banyak sekali faktor yang membuat lampu motor sering mati, salah satu diantaranya adalah kualitas lampu yang tidak standar atau abal-abal. Dimana kita semua tahu bahwa lampu motor sendiri memiliki spesifikasi khusus baik dari ukuran watt dan juga yang lainnya.

Jadi ketika lampu motor sering putus, salah satu hal yang mungkin saja menjadi penyebabnya adalah kualitas bohlam yang tidak bagus. Maka dari itu pastikan selalu menggunakan bohlam lampu motor original atau jika tetap ingin menggunakan lampu variasi gunakan bohlam dengan spesifikasi yang sesuai.

READ  Sistem Penerangan Sepeda Motor 2020 : Komponen & Fungsi

2. Kiprok Rusak

Kiprok Rusak

Seperti kami jelaskan diatas, kiprok yang sudah memiliki tanda-tanda rusak juga akan mengakibatkan lampu motor sering putus. Pasalnya bukan hanya akan menggangu arus daya yang tertuju pada bohlam tidak stabil, juga akan membuat proses pengisian tidak berjalan lancar.

3. Spull Error

Spull Penerangan Error

Dalam sistem penerangan sepeda motor, kita paham bahwa ada yang namanya spull penerangan. Jika kondisi spull penerangan tersebut sudah mulai error atau bermasalah dan tidak bekerja secara normal. Maka dampak terbesar yang akan didapat adalah bohlam akan sering putus dan mati.

Hal ini dikarenakan arus yang masuk menuju kiprok tidak sesuai standar, maka dari itu untuk mengatasi masalah ini silahkan lakukan penggulungan ulang spull penerangan tersebut. Atau apabila tidak ingin repot, saran otoflik lakukan penggantian spull penerangan tersebut.

4. Kabel Konslet

Kabel Konslet

Selain diatas, penyebab lampu motor sering putus juga bisa dikarenakan adanya kabel yang konslet. Dan kabel konslet tersebut biasanya yang mengarah pada beban atau bohlam lampu. Jika hal tersebut sudah terjadi pada motor kalian, jangan heran apabila lampu sering putus.

5. Soket Lampu Rusak

Soket Lampu Rusak

Kemudian penyebab lain mudahnya lampu motor putus juga bisa diakibatkan penggunaan soket lampu aftermarket dengan kualitas rendah. Maka dari itu pastikan ketika ingin mengganti soket lampu pada motor, gunakanlah soket dengan kualitas yang bagus atau sebisa mungkin gunakan produk original.

6. Overcharge

Overcharge Aki Motor

Aki pada kendaraan baik motor atau mobil merupakan penyuplai arus daya utama. Jadi bisa dipastikan apabila terjadi hal yang tidak wajar pada aki akan membuat seluruh sistem kelistrikan akan terganggu.

Aki akan secara otomatis terisi jika motor digas, dan saat pengisian tersebut arus yang masuk tidak boleh lebih dari 14.55 atau 15,5 volt. Jika ternyata lebih dari itu bukan hanya lampu motor akan mudah putus, aki motor pun akan cepat panas dan tentunya membuat lebih rawan soak.

7. Penerapan Sistem AHO

Penerapan Sistem AHO

Diawal sudah kami sampaikan bahwa saat ini banyak produsen otomotif yang menerapkan sistem penerangan AHO atau Automatic Headlight On. Yang dimana sistem ini akan membuat lampu utama menyala saat motor dihidupkan dan biasanya tidak ada saklar lampunya.

Dengan adanya hal tersebut, tentu saja lampu motor akan lebih rawan sering putus karena membuat masa pakai lampu lebih cepat berkurang. Dan akibatnya membuat lampu sering putus dan mengharuskan kalian menggatinya dengan yang baru.

8. Saklar Karatan

Saklar Karatan

Menjadi komponen dalam sistem penerangan sepeda motor, saklar menjadi titik dimana arus dari aki akan disalurkan ke bohlam lampu apabila kita menekannya. Dengan kata lain, kondisi saklar tentu harus selalu bersih dari kotoran atau karat.

READ  8 Penyebab Lampu Motor Redup dan Cara Mengatasinya

Jadi jika saklar kotor atau bahkan karatan, maka hal tersebut akan menggangu suplay arus yang masuk ke lampu dan membuat arus tidak akan stabil. Dan hal tersebut akan membuat lampu sering kali putus.

9. Terkena Air

Lampu Motor Terkena Air

Selain penyebab-penyebab diatas, hal lain yang juga seringkali membuat lampu motor sering putus juga bisa dikarenakan rumah lampu yang sudah longgar sehingga memudahkan air masuk kedalam bagian lampu atau kedalam reflektor.

Apabila hal tersebut sering dialami oleh lampu, biasanya sebelum putus akan memunculkan tanda-tanda seperti munculnya warna kehijauan pada bagian lampu. Oleh karena itu pastikan reflektor pada lampu tetap kalian jaga kualitasnya, terutama jika karet pelindung sudah mulai longgar.

10. Dudukan Lampu Rusak

Dudukan Lampu Rusak

Hampir sama seperti masalah yang terjadi pada bagian saklar yang kotor, penyebab lain yang membuat mudahnya lampu motor sering putus juga bisa diakibatkan karena dudukan lampu yang sudah mulai rusak, goyang atau memiliki kualitas yang tidak bagus.

Cara Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Cara Mengatasi Lampu Motor Sering Putus

Bagaimana apakah dari beberapa penyebab lampu motor mudah putus dan mati diatas ada yang sedang kalian alami? Jika iya sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasi lampu motor yang sering putus.

  1. Jika lampu putus dikarenakan oleh kualitas lampu atau bohlam yang abal-abal sebaiknya ganti dengan bohlam lampu original.
  2. Jika dikarenakan overcharge karena kiprok yang sudah rusak, satu satunya jalan adalah dengan mengganti kiprok tersebut dengan yang baru.
  3. Apabila putusnya lampu dikarenakan spull penerangan bermasalah, sebaiknya perbaiki atau ganti spull tersebut.
  4. Namun jika disebabkan oleh insatlasi kabel yang salah dan menyebabkan konslet, sebaiknya segera perbaiki instalasi tersebut. Jika perlu ganti kabel instalasi dengan yang baru.
  5. Lalu, jika hal ini disebabkan karena soket lampu rusak, saklar karatan, atau dudukan lampu yang sudah rusak mau tidak mau kalian harus segera mengganti komponen-komponen tersebut.

Hampir semua metode atau cara mengatasi lampu motor sering putus diatas sepertinya bisa dilakukan sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel. Terkecuali jika ingin mengganti spull, sebaiknya bawa saja ke bengkel agar dilakukan oleh mekanik profesional.

Nah itulah kiranya beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi lampu motor sering putus yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan. Kiranya sekian dulu dan semoga informasi diatas bisa menambah wawasan bagi flikermania semuanya.

Tags: , ,