6 Oli Mesin Vespa yang Bagus : Kekentalan, Tips Memilih & Harga

Oli Mesin Vespa yang Bagus – Peranan oli mesin untuk kendaraan bermotor amat sangat penting. Mengingat oli sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kondisi mesin tetap awet dan memperlancar pergerakan komponen mesin.

Namun pada umumnya setiap mesin kendaraan termasuk motor pun memiliki karakterisitik tersendiri. Salah satu contohnya ketika flikermania memiliki motor Vespa, maka pastikan memilih oli mesin yang punya spek sesuai dengan mesin vespa tersebut.

Adapun spek oli mesin yang dianjurkan untuk motor Vespa sendiri yakni oli-oli mesin dengan spesifiksi 5W-40. Melihat spesifikasi tersebut tentu ada sedikit perbedaan antara motor Vespa baik matic ataupun klasik dengan motor matic pada umumnya.

Karena jika dilihat dari spesifikasinya, tentu saja oli yang dianjurkan untuk motor Vespa memiliki tingkat kekentalan sedikit lebih encer. Dari penjelasan singkat ini, bisa kita pahami bahwa oli mesin Vespa yang bagus tentu harus sesuai dengan spesifikasi anjuran.

Rekomendasi Oli Mesin Vespa yang Bagus

Lantas apa saja kiranya oli mesin Vespa yang bagus dan berapa kiranya harganya? Nah jika kalian sedang mencari rekomendasi oli mesin Vespa berkualitas baik untuk mesin Vespa 2 Tak atau mesin Vespa 4 Tak, berikut sudah otoflik.com siapkan beberapa rekomendasinya.

Rekomendasi Oli Mesin Vespa yang Bagus

Nah bagi kalian yang saat ini sedang mencari rekomendasi oli mesin Vespa 2 tak atau 4 tak yang bagus. Maka tidak ada salahnya simak rekomendasi pilihan oli yang bagus untuk mesin Vespa kalian berikut ini.

Liqui Moly Street Race

Liqui Moly Street Race

Jika mengacu pada rekomendasi tipe oli yang cocok untuk mesin Vespa, maka merk Liqui Moly Street Race sangat cocok diaplikasikan baik pada jenis Vespa matic ataupun jenis Vepsa klasik yang punya mesin 2 tak.

READ  18 Oli yang Bagus Untuk Vixion Lama, Advance, Lightning & Harga

Oli dengan harga sekitar Rp 245 ribu rupiah kemasan 1 liter ini punya spesifiksai kekentalan 5W-40. Meski tergolong mahal, namun efek penggunaan oli ini bis adibilang sangat sempurna untuk mesin Vespa kalian.

Mavic Oil Sae

Mavic Oil

Jika menginginkan oli mesin Vespa yang bagus dengan harga lebih murah, bisa kalian coba gunakan oli Mavic Oil kemasan 1 liter. Harganya hanya ditawarkan sekitar Rp 160 ribu rupiah di online store.

Meski lebih murah, tetapi viscositas oli ini tetap sesuai anjuran yakni 5W-40. Dan oli ini lebih cocok digunakan pada mesin Vespa 4 tak atau motor Vespa keluaran terbaru. Untuk kualitasnya, tidak perlu diragukan mengingat proses pembuatannya sudah membawa sertifikat API SL – JASO MA2.

Castrol Power 1

Castrol Power 1

Oli motor Castrol tentu sudah tidak asing di telinga kita semua. Apalagi oli buatan Castrol juga terbilang menadi salah satu oli terbaik untuk mesin motor atau mobil. Tidak heran apabila harga oli Castrol pun cukup mahal.

Menariknya, Castrol juga punya satu produk oli mesin yang cocok sekali diaplikasikan pada motor Vespa matic, yakni Castrol Power 1. Adapun kecocokan ini karena Castrol Power 1 punya tingkat kekentalan 5W-40. Untuk kemasan 1 liter ditawarkan dengan harga sekitar Rp 100 ribu rupiah.

Shell Advance Ultra Scooter

Shell Advance Ultra Scooter

Rekomendasi lain oli mesin Vespa yang bagus dapat kalian coba yakni Shell Advance Ultra Scooter. Oli dengan spesifiksai 5W-40 ini akan sangat cocok diaplikasikan ke mesin Vespa, terutma untuk jesis Vespa matic seperti Vespa Sprint ataupun tipe Vespa matic lain.

Dijual dengan kisaran harga Rp 135 ribu rupiah dalam kemasan 1 liter. Oli mesin satu ini punya kelebihan tersendiri. Dimana selain tingkat kekentalan yang awet, juga mampu membuat pergerakan komponen mesin motor akan lebih awet.

Motul Scooter Power LE

Motul Scooter Power LE

Pilihan oli bagus dan berkualitas untuk mesin Vespa yang berikutnya adalah Motul Scooter Power LE. Oli dengan viscositas 5W-40 ini sangatlah cocok dipakai karena memiliki kualitas begitu bagus dan sudah memiliki sertifikasi  API SL.

READ  3 Jenis Kaca Spion Mobil Terlengkap Beserta Fungsinya 2021

Yang tentu saja akan sangat cocok membuat mesin motor Vespa tetap dalam kondisi prima. Adapun untuk menggunakan oli ini, kalian diharuskan membeli dengan kisaran harga Rp 230 ribu rupiah untuk kemasan 1 liternya.

Oli Vespa GGI 400ml

Oli Vespa GGI 400ml

Rekomendasi terakhir ini lebih diperuntukan bagi para pemilik motor Vespa klasik yang memiliki mesin 2 Tak. Dimana dari sekian banyaknya pilihan oli mesin Vespa yang bagus diatas lebih condong penggunannya untuk tipe matic.

Adapun oli mesin yang bagus dan cocok diaplikasi ke Vespa klasik 2 tak yakni Oli GGI. Meski tak datang dari perusahaan oli ternama, akan tetapi oli yang dijual dengan harga sekitar Rp 12 ribu rupiah kemasan 400 ml, merupakan opsi terbaik dan sudah terbukti kualitasnya untuk mesin Vespa 2 tak.

Tips Memilih Oli Vespa yang Bagus

Tips Memilih Oli Vespa yang Bagus

Diatas adalah beberapa rekomendasi oli mesin Vespa yang bagus dan berkualitas bisa kalian coba. Namun sebelum menutup sesi artikel otoflik kali ini, akan sedikit otoflik berikan beberapa tips cara memilih oli mesin Vespa yang bagus.

  1. Memastikan viscositas atau kekentalan oli yang akan dipakai yaitu 5W-40 (sesuai dengan anjuran).
  2. Apabila pencarian oli mesin dengan viscositas kekentalan 5W-40 tidak ada, sebaiknya gunakan oli mesin dengan spesifikasi 10W-40.
  3. Penggunaan oli juga tidak harus memakai produk keluaran brand ternama.
  4. Dan pastinya kenali karakter mesin Vespa kalian agar pemilihan oli bisa tepat.

Nah itulah kiranya beberapa tips memilih oli mesin Vespa yang bagus untuk digunakan. Oya, untuk takaran oli mesin Vespa ada baiknya gunakan kisaran 1 liter sampai 1.3 liter yah guys agar tidak membuat mesin motor brebet. Sekian dan semoga bisa bermanfaat.

Tags: , , ,