√ Oli Power Steering Bocor : Bahaya, Penyebab, Mengatasi & Biaya

Oli Power Steering Bocor – Bicara mengenai teknologi dalam dunia otomotif, memang tidak akan pernah ada habisnya. Hampir setiap saat banyak produsen otomotif ternama dunia yang selalu mengeluarkan inovasi baru, canggih dan juga tentunya begitu inovatif.

Dikeluarkannya berbagai macam teknologi canggih ini pun ditujukan hanya untuk memberi kemudahan bagi sebagian besar pengguna kendaran. Termasuk bagi mereka yang selalu mengandalkan mobil sebagai salah satu sarana transportasi harian mereka.

Nah bicara mengenai teknologi canggih yang ada dalam industri mobil, apakah kalian pernah mendengar istilah sistem power steering? Sistem power steering merupakan salah satu teknologi canggih yang diperuntukan bagi para pengemudi mobil.

Pasalnya dilihat secara fungsi, sistem power steering mobil merupakan teknologi yang dapat membantu meringankan para pengemudi dalam mengatur gerak dan arah roda depan tanpa perlu mengeluarkan tenaga besar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan APA ITU POWER STEERING pada artikel otoflik sebelumnya.

Oli Power Steering Bocor Bahayar Penyebab dan Solusi

Sampai dengan saat ini, setidaknya ada dua jenis atau tipe power Steering yaitu hidrolik dan elektrik. Keduanya sama-sama membantu meringankan kinerja setir, tetapi untuk tipe hidrolik pengoperasiannya akan dibantu dengan adanya oli power steering sebagai pelumas pergerakannya.

Bahaya Oli Power Steering Bocor

Bahaya Oli Power Steering Bocor

Maka dari itu, ketika memiliki mobil dengan sistem EPS atau Elektronik Power Steering. Jangan pernah bilang bahwa oli power steering bocor, kenapa? karena secara teknis tipe atau jenis power steering tipe tersebut tidak menggunakan oli sebagai pelumasnya.

Dari sini bisa dibilang bahwa oli power steering bocor sudah pasti akan selalu dialami pengguna mobil keluaran lama yang masih mengadopsi sistem power steering tipe hidrolik. Nah ngomongin masalah oli power steering bocor, apakah ada bahayanya?.

Jika ditanya apakah ada ada dampak berbahaya ketika oli power steering mobil bocor? Tentu saja ada, karena secara keseluruhan oli power steering sendiri bukan hanya berguna sebagai pelumas saja, melainkan juga akan digunakan untuk kebutuhan fluida hidrolik.

Atau dengan kata lain, oli power steering memiliki fungsi dalam menyalurkan tenaga yang berasal dari pompa power steering ke komponen steering rack. Dari sedikit penjelasan fungsi utama oli power steering diatas, lantas apa saja sih bahaya ketika oli power steering bocor?

  • Keluarnya suara mendengung di saat kalian membelokan stang kemudi atau setir.
  • Pergerakan stir atau stang kemudi mobil akan terasa lebih berat dari biasanya.
  • Kemudian suara kasar berasal dari pompa power steering akan terdengar keras saat setir di belokan.
READ  16 Perusahaan Otobus Terbaik di Indonesia : Update 2021

Diatas merupakan bahaya atau masalah yang akan ditimbulkan ketika oli power steering bocor. Dan apabila hal tersebut tetap kalian biarkan, biasanya kerusakan akan semakin menjamur ke bagian lain. Terutama bagian pompa dan juga steering rack.

Penyebab Oli Power Steering Bocor

Penyebab Oli Power Steering Bocor

Nah setelah mengetahui apa saja bahaya yang bisa saja ditimbulkan ketika kondisi oli power steering bocor seperti di atas kami sampaikan. Lantas apa saja sih yang menjadi penyebab terjadinya kebocoran pada bagian oli power steering ini?.

Dari penuturan banyak pengguna mobil serta montir bengkel, sebenarnya penyebab terjadinya kebocoran pada bagian oli power steering tidaklah terlalu banyak. Karena memang kondisi ini cukup jarang dialami para pengguna mobil.

Hanya saja meski digolongkan cukup sedikit indikasi permasalahannya, bukan berarti tidak ada yah. Jadi buat kalian yang bertanya apa penyebab oli power steering bocor? berikut beberapa di antaranya.

  • Adanya kebocoran pada bagian seal steering rack.
  • Selang power steering mengalami retak atau pecah.
  • Klem selang power steering kendor.
  • Klem selang power steering terlepas dari dudukan.

Cara Mengatasi Oli Power Steering Bocor

Itu tadi beberapa penyebab utama terjadinya bocor pada bagian oli steering power mobil. Dari beberapa permasalah di atas, lantas bagaimana solusi dan cara mengatasinya? Apabila saat ini kalian sedang mengalami masalah seperti ini, tidak ada salahnya simak tips cara mengatasi bocor pada oli power steering berikut ini.

1. Ganti Seal Steering Rack

Ganti Seal Steering Rack

Bocornya oli power steering paling banyak bisa dikatakan karena adanya kerusakan pada bagian seal steering rack. Dan rusaknya seal steering rack umumnya dikarenakan masa penggunaan yang sudah cukup lama, sehingga tidak mengherankan apabila terjadi retak sedikit saja oli akan menetes keluar.

Sebagai informasi tambahan saja, selain dipakai untuk membuat OLI POWER STEERING tidak bocor dan menetes ke lantai atau aspal, ternyata seal ini juga berfungsi untuk mencegah bocornya minyak rem yang terdapat pada bagian as power steering.

Lalu bagaimana solusi paling tepat untuk mengatasi masalah ini? satu-satunya cara terbaik yang harus kalian lakukan yaitu dengan membawanya ke bengkel dan mengganti seal retak/rusak tersebut dengan satu set seal steering rack yang baru.

2. Ganti Selang Power Steering

Ganti Selang Power Steering

Mendapati oli power steering menetes memang perlu dicari penyebabnya. Karena dalam kondisi aman, seharusnya oli tidak akan keluar sedikitpun. Namun jika ternyata ada sedikit saja oli yang keluar, kemungkinan besar hal ini disebabkan karena adanya keretakan pada bagian selang power steering.

READ  √ Biaya Ganti Plat Mobil 2021 : Syarat, Ketentuan & Cara Urus

Maka dari itu, cara paling tepat untuk mengatasi masalah retaknya selang power steering yakni dengan menggantinya. Karena jika hanya di tambal, hal ini mungkin akan cukup membantu sesaat.

Tetapi jika dalam jangka waktu lama hanya memanfaatkan tambalan saja, tidak kami sarankan sama sekali. Jadi sebaiknya segera ganti selang tersebut dengan yang baru agar oli tidak terus menerus keluar dari retakan selang power steering.

3. Kencangkan Klem Selang Power Steering

Kencangkan Klem Selang Power Steering

Masalah bocornya oli power steering memang menjadi PR bagi sebagian besar pengguna mobil. Apalagi ketika menggerakan stir mobil saat berjalan cukup berat, bisa jadi hal ini karena kondisi oli sudah mulai berkurang atau bahkan habis karena menetes keluar.

Nah selain meneteskan oli power steering tersebut bisa melalui retakan seal atau selang yang pecah. Tetapi juga bisa melalui sambungan selang power steering yang longgar karena klem kendor atau bahkan sampai lepas.

Fungsi klem pada selang power sendiri untuk membantu pengencangan sambungan. Tidak heran jika kondisi klem mulai longgar karena termakan usia, oli bisa saja menetes. Jika sudah seperti ini, sebaiknya periksa, kencangkan atau ganti klem dengan yang baru.

Biaya Perbaikan Oli Power Steering Bocor

Biaya Perbaikan Oli Power Steering Bocor

Seperti itulah kiranya proses cara mengatasi oli power steering bocor. Sebenarnya memang cukup mudah dan mungkin dapat dilakukan sendiri tanpa perlu ke bengkel. Akan tetapi untuk memaksimalkan penggantian, sebaiknya bawa saja ke bengkel resmi agar dibantu oleh para mekanik.

Yang jadi pertanyaanya, berapa sih biaya untuk memperbaiki oli power steering yang bocor? Dari informasi yang kami dapatkan, proses perbaikan oli power steering bocor bisa mencapai Rp 150.000 sampai Rp 500.000 ribu rupiah tergantung dari tipe kerusakannya.

Biaya tersebut merupakan biaya standar apabila kerusakan hanya terjadi pada bagian-bagian yang kami sebutkan diatas. Namun jika bocornya oli power steering mobil sudah menjamur ke bagian as power steering, maka kalian wajib dan harus menyiapkan budget sekitar Rp 2.000.000 juta rupiah untuk memperbaikinya.

Akhir Kata

Bagaimana sudah cukup jelas dan paham kan dengan bahaya, biaya serta cara mengatasi oli power steering yang bocor. Kami rasa cukup sekian informasi yang dapat otoflik.com sampaikan, semoga bisa menjadi referensi dan wacana yang menarik untuk kalian simak.

Tags: , ,