4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi & Cara Mengatasi 2020

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi – Aki pada kendaraan memiliki peranan yang begitu penting. Tidak heran apabila kondisi aki harus selalu dijaga dan di perhatikan setiap saat. Terlebih untuk kendaraan mobil keluaran terbaru seperti sekarang ini yang kebanyakan benar-benar mengandalkan aki untuk segala kebutuhan elektroniknya.

Dan bila bicara menganai aki, kita semua tahu bahwa aki dalam kondisi normal seharusnya memiliki tegangan 12 volt. Yang dimana tegangan tersebut akan tetap stabil di angka tersebut baik mesin sudah hidup atuapun pada saat mesin mobil belum di hidupkan. Dan jika ternyata tegangan tersebut kurang dari 12 Volt, itu berarti aki harus di isi ulang.

Untuk melakukan pengisian ulang pada aki mobil, sebenarnya sudah ada satu komponen yang memiliki peran untuk melakukan pengisian aki mobil tersebut dan menjaga kondisi aki tetap berada di tegangan 12 Volt. Komponen tersebut yaitu Alternator. Dengan komponen tersebut aki akan secara otomatis terisi atau charge ketika mesin mobil hidup.

Hanya saja dalam beberapa kasus meski mesin mobil sudah hidup, akan tetapi aki justru tidak mengisi atau terisi. Hal tersebut tentu saja akan membut tegangan aki yang seharusnya tetap terjaga di 12 Volt akan menurun dengan sendirinya dan membuat beragam fungsi dari rangkaian kelistrikan didalam mobil terganggu.

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi & Cara Mengatasinya

Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi

Apabila di telisik lebih dalam, ternyata ada beberapa penyebab aki mobil tidak mengisi meskipun mesin mobil sudah menyala. Untuk menjawab mengenai hal tersebut, kali ini otoflik.com akan coba membagikan beberapa penyebab aki mobil tidak terisi dan juga bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu bagi flikermania yang ingin mengetahui lebih jelas, simak pembahasan kami berikut ini.

Dinamo Ampere Rusak (Alternator)

Dinamo Ampere Rusak

Masalah pertama yang mungkin menjadi penyebab aki mobil tidak mengisi adalah dinamo ampere atau alternator yang kami sebutkan diatas sudah tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sudah rusak. Padahal jika dilihat dari fungsi utamanya, komponen ini benar-benar begitu penting pada sistem kelistrikan sebuah mobil.

Pasalnya ketika mesin mobil hidup dan berjalan, secara otomatis komponen ini juga akan melakukan pengisian tegangan pada aki mobil tersebut. Namun jika kondisi dinamo ampere rusak dan membuat aki tidak terisi, maka secara otomatis tegangan yang ada pada aki akan terus terpakai bahkan akan terkuras habis dan menyebabkan aki soak.

READ  90 Mobil Termurah di Indonesia di Bawah 80 Juta Terbaru 2020

Adapun salah satu masalah kerusakan pada dinamo ampere atau alternator yang biasa atau sering terjadi terdapat pada bagian carbon brush. Yang mana jika bagian tersebut rusak atau aus, maka akan membuat arus pengisian akan menjadi terhambat. Selain bagian tersebut biasanya kerusakan pada alternator juga bisa terjadi pada bagian IC regulator.

Ciri-Ciri Dinamo Ampere Rusak

Untuk lebih memahami kondisi alternator rusak atau tidak, berikut ada beberapa cici-ciri yang bisa kalian pelajari untuk mengetahui kondisi alternator atau dinamo ampere rusak.

  1. Jika diawal mobil bisa di hidupkan secara normal tetapi pada saat berada di jalan atau saat perjalanan biasanya muncul masalah seperti lampu terasa redup dari biasanya, atau indikator engine menyala hingga indikator cek engine .
  2. Apabila mesin terus berjalan dan tetap di paksakan untuk mlaju, biasanya mesin mobil mogok di tengah jalan dan tidak bisa di hidupkan kembali sebelum kalian mengganti aki baru atau jumper aki mobil tersebut.
  3. Kondisi aki masih sehat bila di buktikan dengan indikator air aki yang masih hijau atau bahkan ketika aki baru saja kalian ganti.

Itulah beberapa ciri-ciri dinamo ampere yang mulai rusak yang menyebabkan aki tidak terisi. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya kalian ganti terlebih dahulu brush pada alternator yang sudah mulai aus dengan brush yang baru. Jika tetap aki tidak terisi, maka bisa dipastikan aki mobil kalian sudah soak.

Sambungan Kabel Dinamo Ampere & Aki Bermasalah

Sambungan Kabel Bermasalah

Kemudian penyebab aki mobil tidak mengisi berikutnya juga bisa di sebabkan oleh sambungan kabel antara alternator atau dinamo ampere dan aki terjadi masalah. Namun biasanya hal ini terjadi pada mobil yang sudah berumur.

Pasalnya sambungan atau soket yang ada pada bagian ini bisa dibilagn cukup penting, oleh karena itu apabila terjadi masalah pada sambungan baik itu cara kurang kencang atau bahkan terjadi karat yang menggangu. Oleh sebab itu, arus pengisian tidak berjalan dengan semestinya.

Kondisi Air Aki Tidak Mengandung Elekrolit

Air Aki Tidak Mengandung Elekrolit

Pada prinsip kerja sebuah aki atau accu mobil, kita tahu bahwa ada yang namanya air aki mobil yang berisikan larutan Plat PB dan juga asam sulfat. Yang dimana ketika posisi aki di gunakan, maka larutan asam sulfat tersebut akan terpecah.

READ  150 Harga Aki Mobil Terbaik dan Termurah 2020

Sementara jika kondisi aki di isi atau di charge, maka larutan asam sulfat tersebut akan terbentuk kembali sehingga aki pun akan memiliki tegangan kembali. Dan pada tahapan tersebutlah waktu yang menentukan masih layak pakai atau harus di ganti.

Maka dari itu salah satu penyebab aki mobil tidak mengisi juga bisa terjadi karena kandungan yang terdapat didalam air aki sudah tidak ada atau sudah hilang di karenakan proses penggunaan yang secara terus menerus. Dengan begitu air aki yang ada sudah berubah menjadi air putih biasa.

Dengan melihat hal tersebut, sebenarnya cara paling mudah untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah. Yaitu hanya perlu mengganti air aki dengan kondisi yang masih bagus atau bahakan baru.

Aki Sudah Tidak Layak Pakai

Aki Sudah Tidak Layak Pakai

Seperti yang sudah kami jelaskan pada penyebab aki mobil tidak bisa mengisi yang pertama, mungkin bisa di sebabkan karena aki mobil yang kalian gunakan sudah mulai soak atau sudah tidak layak pakai karena berbagai macam faktor termasuk juga air aki yang sudah tidak bagus.

Jika semua bagian yang berkaitan dengan kelistrikan pada sebuah mobil sudah kalian cek namun ternyata tidak ada kondisi yang rusak atau mencurigakan. Maka bisa di pastikan bahwa kondisi aki mobil tersebut sudah soak atau sudah rusak.

Salah satu cara untuk mengatasi hal yang satu ini sudah pasti kalian harus mengganti aki mobil tersebut dengan kondisi baru atau gunakan kualitas aki mobil terbaik agar hasilnya lebih sempurna. Jadi silahkan kalian bawa saja mobil klaian tersebut ke bengkel langganan untuk minta di bantuk proses penggantian aki mobil.

Mengetahui beberapa penyebab aki mobil tidak bisa mengisi seperti yang kami tulis dan sampaikan diatas, tentu saja akan ada banyak hal yang bisa kalian jadikan pertimbangan ketika kalian merasa aki mobil kalian sudah tidak beres.

Nah kiranya seperti itulah pembahasan yang dapat otoflik.com sampaikan dan jelaskan kali ini. Semoga apa yang diatas sudah kami rangkum bisa menjadi pembelajaran kalian semuanya.

Tags: ,