12 Penyebab Gas Motor Naik Sendiri Saat Mesin Panas / Dingin

Penyebab Gas Motor Naik Sendiri – Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang mungkin sampai dengan saat ini cukup banyak digunakan masyarakat. Selain karena mudah dikendarai, model serta jenisnya pun cukup beragam.

Advertisements

Dari beragamnya jenis motor sendiri membuat peramasalahan yang timbul saat menggunakan motor pun cukup banyak. Bukan saja hanya persoalan mesin. Salah satu permasalahan kerap kali di alami para pengguna motor adalah gas motor tiba-tiba naik sendiri.

Kondisi gas motor naik sendiri tentu membuat kalian merasa khawatir ketika mengendarai motor tersebut. Belum lagi reflek yang tiba-tiba, tentunya sangat membahayakan keselamatan. Oleh sebab itu, sebaiknya segera periksa dan cari penyebab kenapa gas bisa naik sendiri.

Advertisements

Bicara mengenai penyebab gas motor naik sendiri, setidaknya ada cukup banyak hal yang mungkin menjadikan hal tersebut bisa saja terjadi baik pada motor keluaran terbaru maupun keluaran lama. Oleh karena itu, sebelum membawanya ke bengkel.

Penyebab Gas Motor Naik Sendiri Saat Panas Dingin Cara Mengatasi

Ada baiknya ketahui dulu penyebab utama pemicu gas motor naik tiba-tiba baik pada saat kondisi mesin dingin maupun panas. Nah berikut ini adalah beberapa penyebab gas motor naik sendiri yang mungkin saja belum kalian ketahui.

Penyebab Gas Motor Naik Sendiri

Seperti di atas kami sampaikan, gas motor secara tiba-tiba langsung naik baik saat kondisi mesin dingin ataupun panas akan sangat membahayakan. Apabila saat ini kalian sedang mengalami hal tersebut, berikut kiranya beberapa penyebabnya.

1. Filter Udara Kotor

Penyebab gas motor naik sendiri secara tiba-tiba bisa disebabkan karena  filter udara kotor. Sebagai salah satu komponen yang cukup punya peran penting untuk memisahkan udara bersih dan kotoran sebelum masuk ke ruang bakar.

Filter udara ini akan selalu bekerja selama mesin hidup. Semakin lama, tentu saja kotoran kian menumpuk akan membuat filter udara semakin kotor dan menghambat udara masuk ke ruang bakar. Hal inilah salah satu faktor penyebab pembakaran tidak sempurna dan menjadikan gas tidak stabil.

2. Choke Otomatis Rusak

Hampir semua jenis motor akan selalu di lengkapi dengan choke. Fungsi utamanya sebagai penambah debit bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar ketika kondisi mesin masih dinging. Meski dapat membantu mempercepat proses pembakaran saat pertama kali menyalakan motor.

Kondisi choke otomatis yang tetap terbuka meskipun mesin sudah panas juga menjadi indikasi penyebab gas motor naik sendiri. Pasalnya pasokan bahan bakar ke dalam ruang bakar terlalu berlebihan, sehingga tidak imbang dengan udara masuk dan menjadikan pembakaran kurang sempurna.

3. Celah Busi Longgar / Sempit

Sebagaimana kita semua ketahui, busi motor menjadi komponen dengan adanya celah / gap yang benar-benar harus sesuai. Jika tidak, selain motor akan sulit di hidupkan. Juga menjadi salah satu penyebab gas motor naik sendiri.

Advertisements

Kenapa bisa begitu? karena kondisi gap busi motor yang terlalu longgar akan membuat pembakaran pun tidak maksimal. Bahkan juga membuat busi motor cepat rusak. Oleh karena itu jika dirasa motor sudah tidak nyaman dipakai karena gas naik sendiri, pastikan ukuran celah busi sesuai standar yah.

4. Skep Karburator Macet

Apabila motor kalian gunakan masih memakai karburator, tentu paham bahwa cara kerja karburator akan selalu berhubungan dengan skep atau pin pembuka dan penutup aliran bahan bakar.

Posisi skep karburator macet tentunya membuat gas motor bisa naik atau turun sendiri. Hal tersebut karena ketika skep atau bahkan rumah skep karbu rusak akan membuat intake manifold terlalu kencang. Alhasil gas motor pun akan langsung naik.

5. Stasioner Bermasalah

Untuk menjaga mesin motor tetap hidup meski tanpa memutar gas, kita tahu bahwa ada stasioner yang menjadi penjaga rantai keteng menjadi lebih stabil. Bahkan akan langsung terdengar bunyi klotok-klotok.

Bukan saja hanya sampai disitu, stasioner motor bermasalah pun terkadang menjadi penyebab gas motor naik sendiri. Untuk mengatasinya mau tidak mau harus menyetel ulang stasioner

6. Tekanan Bahan Bakar Kurang

Sama halnya seperti pasokan udara kurang maksimal, kondisi bahan bakar kurang juga membuat pembakaran tidak akan berjalan dengan lancar. Selain itu tekanan bahan bakar kurang juga menjadi penyebab gas motor naik sendiri.

Oleh karena itu pastikan ketika motor mengalami gass iba-tiba naik sendiri perhatikan bagian fuel pump. Bisa saja tekanan bahan bakar kurang terjadi karena kondisi fuel pump rusak.

7. Setelan Klep Tidak Tepat

Penyetelan klep motor benar-benar harus dilakukan secara tepat sesuai dengan jenis motor. Mengingat klep sendiri bertugas untuk mengendalikan sirkulasi agar zat penimbul anomali tidak tercampur.

Selain menyebabkan mesin motor sulit hidup, juga ternyata menjadi salah satu penyebab gas motor naik sendiri. Jadi pastikan ketika kalian ingin membawanya ke bengkel untuk memeriksa bagian ini dan pastikan juga ukuran celah klep motor sesuai standar.

8. Kabel Gas Bermasalah

Dan penyebab terakhir gas motor naik sendiri dalam kondisi mesin panas maupun dingin adalah kabel gas yang sudah usang atau berkarat. Biasanya kondisi kawat atau kabel gas bermasalah diakibatkan karena pergerakan kawat gas terhambat oleh karat tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut setidaknya kalian cukup beri pelumas pada rumah kawat gas atau cuci mengunakan bensin hingga bersih. Kemungkinan besar jika memang penyebab utamanya kabel gas bermasalah, maka setelah diolesi pelumas, gas motor akan kembali normal.

Cara Mengatasi Gas Motor Naik Sendiri

Itulah beberapa penyebab gas motor naik sendiri yang mungkin membuat kalian merasa khawatir dan was-was. Dan berikut ini adalah beberapa panduan cara mengatasi gas motor tiba-tiba meningkat sendiri baik dalam kondisi mesin panas maupun dinging.

  1. Bersihkan filter udara dengan menggunakan kompresor atau bisa langsung kalian ganti filter tersebut dengan baru.
  2. Perbaiki choke otomatis ketika rusak di bengkel terdekat.
  3. Ukur ulang celah busi dan celah klep motor kalian.
  4. Pastikan periksa bagian fuel pump jika motor kalian sudah menggunakan teknologi injeksi.
  5. Ganti kabel gas dengan kabel kondisi baru / cuci dan bersihkan dengan bensin / oli.

Akhir Kata

Kiranya cukup sekian informasi dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga penjelasan mengenai penyebab gas motor naik sendiri di atas bisa menjadi gambaran membantu.

Advertisements

Tags: , ,