5 Penyebab Motor Hilang Kompresi : Ciri & Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Hilang Kompresi – Membahas dunia otomotif memang tidak akan pernah ada habisnya. Dimana setelah sebelumnya kita bahas bagaimana cara mengatasi rantai keteng kedor. Kali ini akan kita bagikan penjelasan secara rinci mengnenai Compression Loss atau hilangnya kompresi pada mesin motor.

Apa sih yang di maksud dengan Compression Loss itu? Secara ringkas bisa di jelaskan bahwa Compression Loss atau hilangnya kompresi pada mesin merupakan bocornya tekanan gas antara udara dan bahan bakar yang terjadi di ruang bakar. Dari sini jelas bisa di pastikan ketika motor kehilangan kompresi maka otomatis mesin akan sulit bahakan tidak bisa hidup.

Adapun penyebab motor hilang kompresi pun bisa di katakan cukup banyak faktor yang mempengaruhi. Namun hilangnya kompresi pada sebuah sepeda motor juga bisa di katakan bukan merupakan hal yang banyak di alami kendaraan sekarang ini. Umumnya hilangnya kompresi pada motor biasanya terjadi pada motor lawas.

Jika flikermania tengah mengalaminya. Tidak usah panik dan takut, karena bukan hanya penyebab motor hilang kompresi yang akan otoflik.com bahas kali ini. Namun juga beberapa ciri-ciri motor kehilangan kompresi dan juga bagaimana cara mengatasi mesin sepeda motor yang hilang kompresi.

Penyebab Motor Hilang Kompresi

Penyebab Motor Hilang Kompresi

Meski bukan perkara yang sering kita jumpai pada kendaran bermotor. Akan tetapi ketika masalah ini datang, biasanya akan membuat resah para pemilik. Mengingat sepeda motor sendiri merupakan alat transportasi yang sering digunakan. Otomatis jika terkena masalah ini, motor pun akan sulit atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Ciri-Ciri Motor Hilang Kompresi

Sebelum melanngkah ke pembahasan apa saja penyebab motor hilang kompresi dan bagaimana cara memperbaiknya. Kalian juga perlu tahu seperti apa ciri-ciri motor yang kehilangan kompresi itu. Jadi ketika motor mulai mengalami hal yang aneh terutama para sektor mesin, kalian bisa mengidentifikasinya.

  1. Ciri-ciri motor hilang kompresi yang mungkin sering di jumpai adalah kick starter motor tidak ada tenaga ketika diayunkan. Atau jika memang ada tenaganya, biasanya kick starter pun akan menendang kembali ke atas.
  2. Kemudian, ketika motor di kick starter kalian tidak akan merasakan beban yang lebih alias plong atau neglos seperti tidak adanya tekanan didalamnya.
  3. Dan biasanya apabila motor kehilangan kompresi, hal paling mendasar yang akan terjadi adalah motor tiba-tiba mogok akan tetapi pengapian masih bagus.
READ  Cara Kerja Karburator Mobil Beserta Pengertiannya

Penyebab Motor Hilang Kompresi

Itulah beberapa ciri-ciri motor kehilangan kompresi. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab motor hilang kompresi yang mungkin bisa menjadi gambaran bagi kalian para pecinta motor untuk bisa lebih mengerti kesehatan sepeda motor.

1. Klep Tidak Rapat

Klep Tidak Rapat

Sebagai media masuk dan keluarnya sisa pembakaran di ruang bakar. Klep motor memiliki peranan yang sangat penting atas berlangsunya mesin motor bisa hidup dengan sempurna. Namun apabila klep motor tidak rapat karena terganjal oleh kerak sisa pembakaran atau kotoran yang terbawa oleh bahan bakar otomatis hal tersebut akan menyebabkan motor kehilangan kompresi.

2. Ring Kompresi Piston Jelek

Ring Kompresi Piston Jelek

Penyebab motor hilang kompresi yang selanjutnya juga bisa di sebabkan karena ring piston yang digunakan sudah jelek atau sudah aus. Kenapa ring piston? Tentu saja karenĀ  salah satu lapisan ring piston yang ada memiliki fungsi untuk menahan tekanan kompresi yang berada di ruang bakar. Jika kondisinya sudah jelek otomatis kompresi yang seharusnya penuh pun akan hilang.

3. Packing Head Rusak

Packing Head Rusak

Penyebab lain dari hilangnya kompresi pada kendaraan bermotor terutama sepeda motor adalah packing head yang mulai rusak. Namun hal in mungkin akan sangat jarang terjadi pada motor-motor sekarang ini. Dan jika memang ada, biasanya hal yang membuat packing head rusak adalah rembesar oli melaluoi sela-sela packing tersebut.

4. Klep Bengkok

Klep Bengkok

Kemudian hal yang mungkin bisa kita anggap jarang terjadi namun memiliki pengaruh besar terhadap kompresi motor yang hilang yaitu klep mengalami bengkok. Dimana bengkok pada kelp mesin motor sendiri bisa terjadi karena adanya tubrukan antara seher dan klep. Dan ketika itu terjadi, maka klep tidak akan bisa menutup dengan rapat dan menyebakan kebocoran kompresi.

READ  10 Komponen Rem Cakram dan Fungsi-Fungsinya

5. Drat Busi Aus

Drat Busi Aus

Dan penyebab motor hilang kompresi yang terakhir adalah drab busi aus. Yaps, ini juga bisa menjadi salah satu alsan kenapa motor bisa hilang kompressi. Hal ini tentu saja bisa terjadi karena tekanan kompresi yang seharusnya utuh akan keluar melewati celah pada drat busi yang sudah aus tersebut.

Cara Mengatasi Motor Hilang Kompresi

Lalu bagaimana cara mengetasi motor yang kehilangan kompresi? Sebenarnya jika di lihat dari beberapa penyebab diatas, tentu saja cara yang harus kalian lakukan pun bisa dibilang sangatlah mudah. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang masih merasa bingung bagaimana cara mengatasinya. Untuk itu berikut adalah tips cara mengatasi motor kehilangan kompresi.

Bagi kalian yang saat ini sedang mengalami masalah pada kompresi motor yang hilang, dan ingin memperbaiknya kalian cukup buka busi motor kalian kemudian teteskan sedikit oli yang masih berkualitas bagus ke dalam lubang busi tersebut. Selanjutnya silahkan coba kalian kick starter sambil menutup lubang busi menggunakan jari atau kain.

Ada baiknya lakukan kick starter ini sebanyak 5 sampai 10 kali. Dan jika dirasa tekanan sudah mulai kembali normal silahkan kalian pasang busi kembali seperti sediakala dan jalankan mesin motor seperti biasanya. Seperti itulah kiranya cara mengetasi motor yang kehilangan kompresi dan penjelasan mengenai penyebab motor hilang kompresi. Semoga bisa bermanfaat.

Tags: , ,