8 Penyebab Motor Matic Mati Mendadak Saat Jalan & Solusinya

Penyebab Motor Matic Mati Mendadak – Dipilihnya motor matic bukan sekedar hanya karena penggunaan yang mudah. Akan tetapi fungsionalitas dari motor matic sendiri bisa dibilang cukup lengkap.

Kompartement lengkap, luas dan juga mudah diakses menjadi sebuah hal yang mungkin tidak bisa di dapat dari jenis motor lain. Di Indonesia sendiri ada setidaknya cukup banyak tipe dan jenis motor matic bisa dipilih seperti Yamaha Mio, Honda Beat, atau lainnya.

Tetapi pernah tidak ketika menggunakan motor matic tiba-tiba mesin mati mendadak saat di jalan atau saat dilepas tuas gasnya? Jika pernah tentu hal ini cukup mengganggu perjalanan kalian. Matinya motor matic secara tiba-tiba ini tentu bukan tanpa sebab.

Melainkan ada beberapa penyebab motor matic mati mendadak dan tidak bisa distarter saat berada di jalanan. Sebagai pengguna sepeda motor, terutama tipe matic. Tentu mengetahui apa sebenarnya penyebab dan juga bagaimaan cara mengatasinya menjadi hal penting.

Penyebab Motor Matic Mati Mendadak

Jadi bagi kalian yang pernah mengalami atau mungkin saat ini sedang mendapatkan masalah serupa. Jangan khawatir, karena disini akan otoflik.com rangkum beberapa penyebab dan juga bagaimana cara mengatasi motor matic mati mendadak.

Penyebab Motor Matic Mati Mendadak

Menjadi salah satu tipe motor dengan jumlah pengguna begitu besar. Beberapa motor matic keluaran Honda, Yamaha, Suzuki atau lainnya mungkin pernah mengalami hal serupa. Dan berikut beberapa penyebab motor matic mati mendadak saat jalan atau saat digas.

Mesin Mengalami Overheat

Mesin Mengalami Overheat

Menghindarkan mesin dari kondisi panas terlalu tinggi atau overheat, tentu perlu untuk kita lakukan. Sebab mesin motor terlalu panas akan berakibat motor matic kalian bisa mati mendadak. Terjadinya overheat pada mesin motor pun ada begitu banyak penyebabnya.

Satu diantaranya adalah tersumbatnya aliran sirkulasi oli di dalam mesin. Kondisi seperti ini akan menyebabkan ring piston akan begesekan dengan liner boring tanpa adanya pelumas. Akibatnya suhu mesin akan langsung memanas dengan cepat dan menyebabkan mesin mati mendadak.

Karburator Terkena Air

Karburator Terkena Air

Tak hanya berlaku untuk motor tipe matic, kondisi karburator yang terkena air juga menjadi penyebab utama motor mati mendadak. Sebab kita semua tahu bahwa fungsi karburator sendiri sebagai pencampur udara dan bahan bakar untuk diteruskan ke ruang bakar.

READ  Harga Kampas Ganda Beat Termurah dan Terbaru 2021

Jadi ketika ada genangan air sedikit saja di dalam karburator akan menyebabkan pembakaran terganggu dan mengakibatkan mesin motor mati. Masuknya air sendiri bisa saja melalui celah tali gas yang pelindungnya (karet) sudah getas.

Klep Motor Kotor

Klep Motor Kotor

Selain diatas, penyebab motor matic mati mendadak saat jalan bisa juga disebabkan karena klep motor kotor kotor atau settingan celah klep motor tidak benar. Pada kondisi tersebut membuat motor bisa saja mati secara mendadak.

Karena kondisi kelp motor kotor atau setingan yang tidak benar akan membuat hilangnya kompresi pada mesin. Kotoran yang menumpuk pada bagian klep motor sendiri bisa didapat dari tumpukan karbon sisa pembakaran bahan bakar dengan kualitas rendah.

Penggunaan Bahan Bakar yang Salah

Penggunaan Bahan Bakar yang Salah

Sering merawat motor dengan cara di service rutin tapi motor tiba-tiba mati dijalan? Mungkin bukan karena kondisi mesin yang bermasalah. Tetapi karena kalian memilih menggunakan bahan bakar yang punya kualitas tidak bagus.

Kondisi bahan bakar yang memiliki oktan rendah terkadang membuat mesin motor mengalami penyumbatan pada bagian klep atau juga dibagian selang yang menuju ke karburator atau injeksi. Ada baiknya selalu gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi seperti halnya pertamax atau lainnya.

Komponen Pengapian Mati

Komponen Pengapian Mati

Penyebab berikutnya yang seringkali membuat mesin motor matic tiba-tiba mati mendadak yakni adanya bagian atau komponen sistem pengapian yang mati. Jika sudah seperti itu, otomatis mesin tidak akan bisa dihidupkan walau kalian starter.

Dalam sistem pembakaran, uap bahan bakar dan juga udara akan masuk ke ruang pembakaran untuk mendapat percikan api dari busi. Hal ini menjadi kunci kenapa motor bisa bergerak. Jadi saat busi, CDI, atau sepul dan juga koil dalam rangkaian sistem pembakaran mati motor pun akan ikut mati.

Tutup Tangki Tertutup

Tutup Tangki Tertutup

Matinya motor matic secara mendadak juga bisa saja disebabkan karena kondisi tutup tangki benar-benar tertutup. Penyebab ini menjadi salah satu yang mungkin jarang terjadi. Walau begitu, perlu kita ketahui pada bagian tutup tangki ada sebuah lubang kecil berfungsi sebagai ventilator.

READ  8 Cara Reset Oil NMAX Berkedip : Fungsi dan Penyebabnya

Jadi saat kondisi ventilator pada tutup tangki tertutup, akan menyebabkan aliran bahan bakar ke bagian karburator motor tidak akan lancar. Alhasil pembakaran pun tidak akan terjadi dengan sempurna karena tidak adanya campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang pembakaran.

Settingan Bahan Bakar Salah

Settingan Bahan Bakar Salah

Berkendara di jalan dan tiba-tiba motor mati mendadak? tentu akan membuat hal ini cukup merepotkan. Namun tahukan bahwa penyebab motor matic mati mendadak juga bisa karena setingan bahan bakar yang salah pada bagian karbu atau injeksi.

Apabila setingan tersebut tetap kalian biarkan, akibatnya motor akan sering mogok. Oleh karena itu untuk mendapatkan setingan terbaik, otoflik sarankan agar kalian membawanya ke bengkel agar di atur atau di setting oleh montir berpengalaman.

Filter Udara Kotor

Filter Udara Kotor

Dan penyebab terakhir motor matic mati mendadak saat berada di jalan adalah kondisi filter udara kotor. Dimana saat kondiri filter udara tersebut kotor, tidak menutup kemungkinan tarikan gas lebih berat.

Alhasil mesin motor akan mudah mati. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya selalu periksa bagian filter udara pada motor matic kalian dan bersihkan dengan menggunakan angin bertekanan.

Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak Saat Jalan

Cara Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

Itulah kiranya beberapa penyebab motor matic mati mendadak saat dijalan atau pun saat tarikan gas dilepas. Lalu bagaimana solusi atau cara mengatasi berbagai macam penyebab diatas? Berikut sudah otoflik.com rangkumkan beberapa tips solusi mengatasi masalah tersebut.

  1. Pastikan selalu ganti oli secara teratur untuk menghindari mesin motor kekurangan oli yang mengakibatkan overheat
  2. Sebaiknya jangan semprot bagian karburator pada saat mencucui atau melewati jalan saat hujan lebat agar karburator tidak terkena air.
  3. Gunakan pembersih kerak kotoran agar bagian dalam ruang bakar bersih termasuk bagian klep motor.
  4. Gunakan selalu bahan bakar dengan kualitas bagus.
  5. Selalu pastikan bahwa kondisi tutup tangi bahan bakar dalam keadaan baik.
  6. Ganti filter udara saat kondisi sudah mulai kotor.

Silahkan gunakan cara diatas untuk mengatasi penyebab penyebab motor matic mati mendadak seperti otoflik.com sebutkan. Namun ada baiknya segera bawa ke bengkel apabila motor tiba-tiba mati mendadak jika kalian mengalami kesulitan menangani masalah tersebut.

Tags: , ,