12 Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel Secara Prinsip

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel – Mendengar mesin bensin dan mesin diesel mungkin sebagian besar orang sudah tak lagi asing. Pasalnya keberadaan dua tipe mesin tersebut kerap kali kita temui pada beberapa jenis kendaraan umum yang ada, salah satunya adalah mobil.

Advertisements

Mesin diesel dan juga mesin mobil memang secara kasat mata memiliki fungsi yang sama yakni untuk membuat sebuah kendaraan dapat digunakan dan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi dua mesin ini nyatakan memiliki cukup banyak perbedaan.

Nah buat flikermania yang saat ini merasa penasaran dengan apa saja perbedaan mesin bensin dan mesin diesel, kami rasa berada pada artikel terbaru otiflik.com yang satu ini sangat tepat. Pasalnya sesuai dengan judul yang kami tulis kami akan menjelaskan secara detail apa saja perbedaannya.

Advertisements

Jika dilihat dari jumlahnya, mungkin untuk saat ini jenis mesin bensin jauh lebih banyak dan mudah untuk kita temui. Pasalnya rata-rata perusahaan otomotif suka memilih menggunakan mesin bensin pada produk yang diproduksi karena punya banyak kelebihannya.

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Lantas apa saja kiranya perbedaan mesin bensin dan mesin diesel tersebut? Dari pada terlalu lama, mari langsung saja kita bahas apa saja perbedaan yang akan kita dapat ketika memilih mesin diesel maupun mesin bensin berikut ini.

Jenis Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Bicara mengenai jenis mesin bensin dan juga mesin diesel, untuk pasar Indonesia setidaknya ada beberapa model yang dapat kalian miliki baik untuk mesin diesel maupun mesin bensin. Dan berikut ini adalah beberapa jenis mesin bensin dan mesin diesel yang umum kita temui di tanah air.

Mesin Bensin

  • Mesin 2 tak
  • Mesin 4 tak
  • Mesin bensin EFI (Electronic Fuel Injection)

Mesin Diesel

  • Indirect Injection
  • Direct Injection
  • Common Rail Direct Injection

Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

Dari sekian perbedaan yang ada, bisa dikatakan ketika ingin mengetahui sebuah kendaraan terutama mobil menggunakan mesin bensin atau mesin diesel sebenarnya cukup mudah dilakukan. Salah satu di antaranya yakni dengan melihat jenis bahan bakar digunakan. Untuk detail lengkapnya silahkan simak di bawah in.

1. Jenis Bahan Bakar Digunakan

Seperti apa yang sudah otoflik.com singgung sebelumnya. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan ketika ingin membedakan mesin bensin dan mesin bensin yaitu melihat jenis bahan bakar yang akan kalian pakai.

Jika sebuah mobil memakai solar sebagai bahan bakarnya, maka bisa dikatakan bahwa mesin yang digunakan adalah mesin diesel. Sementara jika mesin digunakan dengan memakai bensin, sudah bisa dipastikan mobil tersebut memakai jenis mesin bensin.

2. Performa Mesin

Selain berbeda dari jenis bahan bakar yang digunakan, perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yang lain juga akan dapat kalian peroleh dari segi performa yang digunakan. Dimana jika dibandingkan antara keduanya, maka mesin diesel akan punya performa lebih baik.

Hanya saja dibalik kelebihannya tersebut, mesin diesel sedikit buruk untuk bagian responsivitas serta akselerasinya. Dimana jika dibandingkan mesin diesel mesin bensin jauh punya tingkat akselerasi dan juga responsivitas lebih baik.

3. Keamanan Mesin

Tak saja hanya itu saja, perbedaan mesin bensin dan diesel yang harus kalian ketahui selanjutnya juga dari segi keamanannya. Hal ini perlu kalian perhatikan, karena jika bicara soal keamanan mesin sudah bisa dipastikan bagian ini memiliki peran vital di dalam sebuah kendaraan.

Lantas bagus atau aman mana antara mesin bensin dan mesin diesel?. Mengutip dari beberapa sumber yang ada, banyak sekali orang yang mengatakan bahwa keamanan tentu ada di mesin diesel bila dibandingkan mesin bensin.

Hal tersebut tak lepas dari mesin diesel yang tidak membutuhkan tegangan listrik tinggi dalam sistem pembakaran. Sementara itu seperti kita ketahui bersama, mesin bensin akan membutuhkan tegangan listrik tinggi untuk memicu mesin dapat menyala.

Di lain sisi, jika dilihat dari sistem kerjanya mesin diesel juga lebih baik karena ketika mesin bekerja, mesin diesel sama sekali tidak akan mengganggu gelombang jadi mesin diesel di anggap aman bila dibandingkan dengan mesin bensin.

Advertisements

4. Kebutuhan Jumlah Bahan Bakar

Hal yang mungkin tidak banyak orang ketahui tentang perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yaitu terkait jumlah penggunaan bahan bakar yang dibutuhkan ketika proses pembakaran berjalan.

Dimana jika kita bicara kebutuhan akan jumlah bahan bakar yang digunakan, maka mesin bensin juga jauh lebih baik. Karena mesin diesel punya kebutuhan bahan bakar yang irit dan juga efisien. Tak heran jika mobil-mobil besar seperti bus maupun truk akan menggunakan mesin diesel.

Selain irit tenaga yang dikeluarkan pun tergolong besar. Sementara itu untuk kendaraan dengan menggunakan mesin diesel, biasanya kebutuhan jumlah bahan bakar sedikit lebih besar dan tinggi. Jadi penggunaan mesin bensin sendiri cocok digunakan pada mobil kecil atau mobil LCGC.

5. Getaran Mesin

Getaran yang besar ketika sebuah mesin dihidupkan pada kendaraan, tentunya akan cukup mengganggu perjalanan. Maka dari itu, baik mesin bensin maupun mesin diesel punya tingkat getaran mesin yang berbeda.

Itulah mengapa hal ini dapat kami katakan menjadi perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yang perlu kalian pahami. Lantas mana mesin yang punya getaran kecil? sesuai dengan performa yang dimiliki, mesin diesel bisa dikatakan punya getaran besar karena mesin bensin punya getaran yang lebih halus.

Hal yang menyebabkan tentu saja karena kompresi mesin diesel jauh lebih tinggi dengan perbandingan 1 : 16-23. Sedangkan jika dibandingkan dengan mesin bensin, jenis mesin ini hanya punya perbandingan 1:8-12.

6. Perawatan Mesin

Memberikan perawatan terhadap mesin sebuah kendaraan menjadi bagian yang bisa dikatakan cukup penting untuk menjaga kestabilan performa. Namun jika kita bicara perbedaan mesin bensin dan mesin diesel, maka sektor perawatan pun juga bisa kita jadikan perbedaan.

Karena bila dibandingkan mesin bensin yang punya sistem perawatan sederhana, mesin diesel justru memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Tentu saja ini tak terlepas dari struktur komponen mesin diesel yang lebih rumit dibandingkan mesin bensin.

7. Efek Terhadap Lingkungan

Memperhatikan lingkungan agar tetap sehat dan juga bersih pun juga harus kalian lakukan ketika memilih membeli mobil diesel maupun mobil bensin. Pasalnya kedua jenis mesin ini memiliki karakteristik berbeda  ketika menyala.

Namun jika di tanya mana yang aman terhadap lingkungan, tentu saja mesin bensin akan lebih baik dan bagus jika dibandingkan dengan mesin diesel. Pasalnya ketika pembakaran terjadi di ruang bakar mesin diesel.

Biasanya hal ini akan dapat membuat kepulan asap hitam keluar dari knalpot. Dan itu tentunya akan membuat udara sekitar tidak lagi bersih. Jadi ketika kalian memang ingin membeli sebuah mobil yang ramah lingkungan, kami sarankan untuk memilih mobil dengan mesin bensin.

8. Penggunaan Oli

Selain jumlah penggunaan bakar yang berbeda, perbedaan mesin bensin dan mesin diesel juga akan dapat kita perhatikan dari jumlah dan tipe oli mesin. Jika mesin bensin lebih membutuhkan kapasitas yang lebih sedikit dan juga membutuhkan jenis oli yang tidak terlalu kental.

Hal tersebut tentunya akan sedikit berbeda pada mesin diesel. Karena untuk dapat membuat performa mesin semakin mantap, umumnya oli mesin diesel memiliki viskositas lebih kental dan juga lebih banyak.

Alasannya tentu saja karena mesin diesel memiliki dimensi yang umumnya lebih besar dan juga memiliki suhu panas hasil pembakaran yang tinggi, sehingga dengan memakai oli kentan akan dapat membantu mendinginkan mesin.

9. Harga Jual

Perbedaan mesin bensin dan mesin diesel berikutnya juga bisa kita lihat dari sektor harga jual. Yang dimana mesin diesel punya sedikit harga lebih mahal dibandingkan dengan harga yang bisa kita dapat ketika membeli sebuah kendaraan dengan menggunakan jenis mesin besin.

Kenapa bisa begitu? tentu ada banyak alasan kenapa harga mesin diesel lebih mahal dibanding mesin bensin, salah satunya karena material yang digunakan dalam mesin diesel harus lebih bagus mengingat tingkat kompresi yang dikeluarkan begitu tinggi daripada tingkat kompresi mesin bensin.

10. Cara Kerja Mesin Diesel & Mesin Bensin

Dan perbedaan mesin bensin serta mesin diesel terakhir yaitu terletak pada bagian cara kerja. Dimana cara kerja mesin diesel sedikit lebih rumit bila kita bandingkan cara kerja mesin bensin. Maka tidak heran bila sektor perawatan pun rumit mesin diesel.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya data lengkap beberapa perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan dan jelaskan. Semoga apa yang sudah kami rangkum di atas dapat membuat kalian semakin lebih memahami dan yakin ketika ingin membeli mobil.

Apakan akan membeli mobil diesel atau mobil bensin. Dan sekian semoga apa yang sudah kalian simak di atas bisa bermanfaat.

Advertisements

Tags: , ,