4 Perbedaan Rantai 130L dan 140L di Motor Wajib Bikers Pahami!

Perbedaan Rantai 130L dan 140L – Terdapat berbagai macam komponen penting di dalam rangkaian sepeda motor. Hampir semua bagian punya peran tersendiri untuk membuat laju motor bisa sempurna. Tidak terkecuali untuk komponen bernama rantai motor.

Salah satu bagian yang vital di dalam sepeda motor, terutama untuk jenis motor bebek dan motor sport. Rantai motor punya peran yang sangat tinggi untuk membuat laju kendaraan dapat kita kontrol. Pasalnya seperti kita ketahui.

Rantai motor sendiri memiliki fungsi utama untuk menghantarkan putaran mesin ke roda penggerak motor di bagian belakang. Dengan pentingnya peran tersebut, tidak bisa kita pungkiri bahwa perawatan yang baik dan dilakukan secara berkala menjadi hal mendasar yang sangat penting.

Bicara mengenai rantai motor, saat ini ada begitu banyak JENIS RANTAI MOTOR untuk bisa kita jadikan sebagai pilihan saat ingin mengganti. Dan biasanya setiap pabrikan memiliki kode tersendiri di dalam rantai motor seperti halnya kode 130L dan 140L.

Perbedaan Rantai 130L dan 140L Pada Motor

Kombinasi angka dan huruf tersebut tentu punya arti dan perbedaan tersendiri. Dan seperti tertulis pada judul di atas, artikel otoflik kali ini akan membahas mengenai beberapa perbedaan rantai 130L dan 140L pada sepeda motor. Untuk itu buat flikermania yang penasaran simak detail penjelasannya di bawah ini.

Perbedaan Rantai 130L dan 140L Pada Motor

Masih banyak ternyata bikers yang belum mengetahui perbedaan arti dari sebuah KODE RANTAI MOTOR. Termasuk untuk 130L dan 140L. Oleh karena itulah. Dibawah ini akan sedikit otoflik rangkum dan jelaskan secara detail apa saja sih perbedaan rantai 130L dan 140L pada motor.

1. Penggunaan

Penggunaan

Perbedaan paling jelas dan mungkin paling mendasar yakni ada pada sektor penggunaan. Yaps, hal ini jelas menjadi salah satu perbedaan yang patut untuk bikers ketahui terkait rantai motor dengan kode 130L dan 140L.

READ  √ Rantai Motor Bunyi Kletek Kletek ? Penyebab & Cara Mengatasi

Mengingat seperti yang sebelum sudah pernah kami sampaikan. Umumnya setiap jenis sepeda motor punya beberapa perbedaan komponen meskipun dibuat oleh satu pabrikan sama. Dan hal tersebut tidak terkecuali pada rantai motor.

Dan pada setiap rantai motor tentu punya ukuran panjang sendiri, maka dari itu ketika ingin menggantinya dengan rantai baru. Pastikan kalian ketahui dulu panjang rantai motor dengan melihat kode yang tertera. Jika dalam rantai tertera kode 130L.

Maka pastikan beli rantai motor baru dengan kode yang sama, jangan sampai kalian beli dengan angka 140L atau lainnya. Selain kurang cocok, rantai dengan kode 140L dan dipasang untuk rantai standar kode 130L juga akan terlalu kepanjangan.

2. Detail Ukuran

Detail Ukuran

Perbedaan antara rantai motor 130L dan 140L yang berikutnya yakni ada pada detail ukurannya. Ini bisa kita ketahui dari huruf L di bagian belakang kode angka. L disini dimaksudkan adalah Length atau panjang.

Dari sini, jelas bisa kita simpulkan bahwa kedua rantai motor ini punya panjang berbeda. Selain itu, huruf L di dalam kode tersebut juga menunjukan jumlah mata rantai.

Dengan begitu, bisa kita katakan bahwa perbedaan rantai 130L dan 140L bisa dikatakan memiliki panjang yang berbeda dan setidaknya akan lebih panjang rantai dengan ukuran 140L. Pun begitu tidak semua pabrikan menempatkan kode L pada setiap produk rantai mereka.

Melainkan lebih memilih untuk menerapkan kode angka semisal 428-130 atau juga bisa 428-140. Oleh karena itu, pastikan sebelum kalian membeli sebuah rantai motor baru. Pahami dan ketahui dulu ukuran serta ukuran rantai pada kendaraan masing-masing.

3. Kualitas

Kualitas

Meski lebih terfokus pada panjang pendeknya mata rantai. Akan tetapi perbedaan lain dari rantai 130L dan 140L juga bisa kita lihat dari kualitas yang ditawarkan di kedua jenis rantai tersebut.

READ  6 Perbedaan Rantai 428 dan 428H Wajib Kalian Tahu!

Secara kasat mata mungkin hal ini tidak akan bisa kita lihat. Namun jika dilihat secara detail. Kualitas rantai 140L sedikit lebih baik bila dibandingkan dengan rantai 130L.

Dengan begitu, jika memang ingin menggunakan rantai 140L pada motor dengan rantai standar 130L kalian perlu MEMOTONG RANTAI karena seperti dijelaskan di atas. Keduanya punya panjang berbeda.

4. Harga

Harga

Perbedaan rantai 130L dan 140L berikutnya ada pada sisi harga. Ini jelas menjadi salah satu pembeda antara kedua jenis rantai tersebut. Kenapa? karena seperti yang sudah otoflik.com singgung dan jelaskan di atas.

Keduanya punya panjang dan kualitas yang berbeda. Tidak heran jika harga jual kedua jenis rantai ini pun cukup selisih. Dimana, jika boleh kami rangkum dari semua penjelasan di atas.

Maka harga rantai ukuran 140L tentu akan di banderol sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan rantai ukuran 130L. Namun selisih harga pun tidak terpaut jauh karena sekali lagi perbedaan hanya ada pada sisi kualitas dan juga panjang pendeknya mata rantai.

Akhir Kata

Bagaimana apakah sudah paham dan jelas dengan perbedaan rantai 130L dan 140L pada motor?. Kami harap dengan adanya informasi di atas, saat ini kalian bisa lebih memahami jenis dan tipe rantai kendaraan kalian masing-masing.

Dengan begitu setidaknya saat RANTAI BUNYI KLETEK KLETEK saat diajak berjalan. Kalian sudah bisa menebak bahwa rantai sudah harus di ganti. Dan dengan memahami kode inilah kalian bisa lebih mudah dalam membeli dan menentukan pilihan rantai terbaik untuk kendaraan kalian.

Tags: , , ,