4 Contoh Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk Lengkap & Terbaru 2020

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk – Pada dasarnya sewa menyewa mobil untuk kebutuhan pribadi ataupun usaha sudah bukan lagi hal yang asing di Indonesia. Bukan hanya memiliki peminat yang cukup banyak, tetapi juga karena di Indonesia bisa dibilang ada begitu banyak biro jasa penyewaan mobil.

Bahkan bukan hanya mobil kecil saja yang disewakan, tetapi juga ada beberapa biro jasa penyewaan kendaraan yang menyediakan beberapa tipe mobil berat seperti halnya truk dan dump truk. Dengan adanya biro jasa penyewaan mobil truk tersebut, tentu saja akan sedikit membantu para pelaku usaha untuk mempermudah kelancaran pekerjaan.

Akan tetapi dalam kasus sewa menyewa mobil, terutama truk dan beberapa kendaraan berat lainnya dibutuhkanlah sebuah perjanjian tertulis diatas kertas dengan landasan hukum yang kuat. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan keamanan dan kepercayaan dari kedua belah pihak, baik penyewa ataupun pihak yang menyewakan.

Meski bukan merupakan hal baru dalam industri otomotif di Indonesia. Kontrak kendaraan berat untuk beberapa jenis truk akan lebih sering kita jumpai dalam urusan pekerjaan berat seperti proyek pembangunan jalan, gedung, perumahan, dan lainnya.

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk Lengkap

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk Terlengkap

Surat perjanjian kontrak mobil truk dibuat dengan menggunakan landasan hukum kuat lengkap dengan adanya bukti tanda tangan kedua belah pihak diatas materai. Maka dari itu bagi kalian yang saat ini tengah membutuhkan kendaraan berat untuk kebutuhan usaha atau pribadi, tidak ada salahnya mengetahui bagaimana contoh surat perjanjian kontrak mobil truk yang baik dan benar.

READ  7 Komponen Kaki Kaki Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap 2020

Apa itu Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk?

Dari namanya saja mungkin kita akan langsung paham apa yang dimaksud dengan surat perjanjian kontrak mobil truk. Yah, ini merupakan salah satu surat perjanjian yang umum digunakan pada saat kita menyewa kendaraan baik itu mobil pribadi ataupun kendaraan berat. Hanya saja sesuai namanya, surat ini lebih di tujukan untuk kontrak truk dan juga dump truk.

Adapun isi dari kontrak perjanjian tersebut tidaklah luput dari hak dan kewajiban yang harus di sepakati oleh masing-masing pihak ketika transaksi sewa menyewa dump truk berlangsung. Ada juga beberapa pasal-pasal perjanjian yang harus dibaca oleh kedua belah pihak agar tidak adanya kerancuan yang menghawatirkan baik pihak penyewa atau yang menyewakan.

Fungsi Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk

Dengan adanya poin atau unsur utama yang dibuat berdasarkan landasan hukum kuat yang ada di Indonesia. Tentu saja fungsi surat perjanjian kontrak mobil truk yaitu sebagai dokumen atau bukti otentik yang menjelasakan bahwa pihak-pihak terkait telah melakukan kesepakatan atau perjanjian dengan dasar hukum yang kuat.

Harus Ada Dalam Perjanjian Kontrak Mobil Truk

Sama halnya dengan beberapa jenis surat perjanjian yang sudah pernah otoflik.com sampaikan, seperti surat perjanjian jual beli mobil atau yang lainnya. Dokumen kontrak mobil truk, dump truk dan kendaraan berat lainnya juga harus dibuat dengan mengacu pada unsur-unsur penting terutama:

  1. Identitas pihak penyewa truk.
  2. Identitas pihak yang menyewakan truk.
  3. Spesifikasi truk atau dump truk.
  4. Kesepakatan harga sewa.
  5. Kesepakatan cara dan teknis pembayaran.
  6. Kesepakatan jangka waktu sewa truk.
  7. Kesepakatan biaya operasi, pemeliharan & perbaikan truk jika terjadi kerusakan.
  8. Kesepakatan operator dan helper operator.
  9. Kesepakatan penyerahan dan pengambilan truk.
  10. Pernyataan secara sadar serta tanpa adanya paksaan penadatanganan surat.
  11. Tanda tangan kedua belah pihak diatas materai.
  12. Tanggal ditetapkannya surat perjanjian kontrak mobil truk.
READ  4 Penyebab Aki Mobil Tidak Mengisi & Cara Mengatasi 2020

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk

Contoh Surat Perjanjian Kontrak Mobil Truk

Setidaknya ada beberapa unsur penting dalam pembuatan surat perjanjian kontrak mobil yang sah secara hukum seperti diatas kami sampaikan. Jika tidak ada unsur-unsur penting tersebut, maka surat perjanjian tersebut tidak akan dianggap sah baik secara personal atuapun dimata hukum. Jadi ketika kalian ingin membuat perjanjian kontrak mobil dump truk pastikan memperhatikan beberapa hal penting diatas.

Atau jika kalian membutuhkan surat perjanjian kontrak mobil truk yang baik dan benar, berikut otoflik berikan beberapa contoh perjanjian kontrak atau sewa mobil truk yang bisa kalian download dan edit sesuai dengan kebutuhan.

Silahkan download surat perjanjian kontrak mobil truk dengan format doc MS Word yang kami lampirkan diatas untuk kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan penyewaan mobil. Dan kiranya sekian informasi dari otoflik.com semoga bisa membantu dan bisa menjadi referensi menarik untuk kalian simak.

Tags: , , ,