√ Tekanan Freon AC Mobil Ideal : Bahaya & Cara Mengukur 2021

Tekanan Freon AC Mobil – Rasa nyaman mengemudikan mobil tentu bisa didapat dengan banyak cara. Salah satunya adalah menyalakan AC mobil untuk membuat suasana di dalam kabin terasa lebih sejuk dan menyegarkan.

Menjadi bagian yang cukup penting, AC mobil sepertinya selalu dibutuhkan saat kondisi cuaca begitu panas. Melihat hal tersebut, saat ini hampir semua mobil baru yang dirilis kepasar dilengkapi AC sebagai bagian dari kenyamanan berkendara.

AC pada mobil sendiri punya cukup banyak komponen yang akan saling terkait satu sama lainnya. Bila salah satu komponen AC mobil rusak, bukan hanya tidak dapat menghembuskan udara segar ke dalam kabin. Namun juga akan membuat  kinerja AC mobil tak akan maksimal.

Jika bicara mengenai komponen yang ada di dalam sistem AC mobil, tentu kalian sudah tak asing dengan yang namanya Freon atau Refrigerant. Karena komponen yang satu ini merupakan inti dari hembusan angin segar yang keluar yang menyejukan ruang kabin.

Bahaya dan Cara Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

Bahaya dan Cara Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

Freon merupakan sebuah cairan tanpa warna, bau, tidak mudah terbakar, serta tidak mudah hancur. Namun freon punya tekanan yang harus dijaga ketika sudah masuk ke dalam sistem AC mobil. Bila tekanan terlalu besar dan kurang bisa berakibat bahaya. Maka dari itu, dibawah ini akan otoflik jelaskan tekanan freon AC mobil dari bahaya dan cara mengukurnya.

Tekanan Freon AC Mobil Ideal

Tekanan Freon AC Mobil Ideal

Sampai dengan saat ini setidaknya ada beberapa jenis Freon AC mobil yang mungkuin cukup umum dipakai dan diapliaksikan pada sistem AC mobil. Dari beberapa jenis tersebut, punya kelebihan kekurangan dan peruntukannya sendiri-sendiri.

Oleh sebab itu ketika ingin mengganti Freon AC mobil sebaiknya bawa ke benkel AC mobil karena mekanik akan lebih paham mengenai hal tersebut. Nah bicara mengenai tekanan freon AC mobil, pastikan bahwa kalian tahu bahwa ada tekanan ideal yang perlu diperhatikan agar freon tidak berbaya.

READ  8 Jenis Kompresor AC Mobil 2021 : Fungsi, Tipe & Cara Kerja

Adapun tekanan freon ideal pada sistem AC mobil sendiri adalah:

  • Tekanan rendah : Berada pada rentang 15 – 30 psi.
  • Tekanan tinggi: Berapa pada rentang 160 – 250 psi.

Tinggi rendahnya tekanan tersebut tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing serta punya peruntukannya sendiri-sendiri. Yang pasti ketika tekanan lebih besar atau lebih kecil dari standar diatas akan membuat bahaya.

Oleh sebab itu, pada saat melakukan penggantian freon AC mobil sebaiknya ukur tekanan freon AC mobil. Ini bisa kalian lakukan di bengkel dengan meminta mekanik untuk mengukurnya.

Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

Namun jika kalian ingin belajar mengukur tekanan freon AC mobil sendiri maka kalian bisa belajar sendiri dengan menikuti panduan yang akan otoflik.com jelaskan dibawah ini. Namun pastikan kalian paham dengan alat ukur tekanan freon serta cara membacanya.

Alat Ukur Tekanan Freon

Alat Ukur Tekanan Freon

Dalam penerapannya, jika kita mengenal Fuller Gauge yang dipakai untuk mengukur celah katup motor. Untuk mengukur tekanan freon AC mobil kita membutuhkan alat ukur bernama MANIFOLD GAUGE.

Pada alat ukur tersebut, setidaknya ada 5 bagian yang harus kalian pahami dan ketahui ketika akan digunakan. Beberapa bagian dan fungsi dari Manifold Gauge antara lain:

  • Pressure Gauge : Dipakai untuk menukur tekanan dan terhubung dengan bagian valve berwarna merah.
  • Manifold Chamber : Merupakan sebuah nozzle yang berada dibagian tengah dan terhubung langsung ke selang kuning dan katup atau tutup selang merah serta biru.
  • Compound Gauge : Yaitu media pengukur tekanan di bagian kiri yang dipakai untuk mengukur tekanan kevakuman positif dan negatif dan terhubung dengan valve warna biru.
  • Isolation Valve Biru : Dipakai untuk mengukur tekanan sisi rendah.
  • Isolation Valve Merah : Dipakai untuk mengukur tekanan sisi tinggi.

Cara Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

Cara Mengukur Tekanan Freon AC Mobil

Bilamana sudah tahu bagian-bagian dari alat ukur Manifold Gauge serta apa fungsi dari masing-masing bagian tersebut. Berikut adalah langkah dan cara mengukur tekanan freon ac mobil yang patut dan harus kalian ketahui jika ingin melakukan pengukuran sendiri.

  1. Pastikan kran alat Manifold Gauge tertutup rapat sesuai dengan arah jarum jam.
  2. Pasang naple biru pada service valve ac mobil yang punya tekanan randah.
  3. Lalu pasang naple merah pada service valve ac mobil yang punya tekanan tinggi.
  4. Pastikan pemasangan naple hingga mengeluarkan bunyi klik untuk memastikan bahwa naple ac telah terpasang sempurna.
  5. Lalu putar kedua penutup pada bagian ac bertekanan tinggi atau rendah dengan searah jarum jam.
  6. Jika sudah terbuka maka tekanan dapat dibaca dengan menggunakan alat ukur Manifold Gauge ini.
  7. Bila mendapatkan tekanan ac pada angka 70 – 90 psi pada saat mesin belum dihidupkan maka bisa dikatakan wajar dan normal. Namun sebaliknya, jika tekanannya diatas atau dibawah itu akan cukup berbahaya.
  8. Setelah mengetahui ukuran diatas, silahkan nyalakan mesin dan hidupkan ac dan pastikan bahwa tekanan freon ac mobil rendah harus berada di angka 20 – 30 psi dan untuk tekanan tertingginya harus berada pada angk  170 – 250 psi.
READ  9 Fungsi Kondensor AC : Pengertian & Cara Kerja

Bahaya Tekanan Freon AC Mobil Berlebih

Bahaya Tekanan Freon AC Mobil Berlebih

Dengan pentingnya mengetahui tekanan freon AC mobil kita bisa memastikan bahwa keamanan yang ada dalam sistem ac mobil tetap terjaga. Hal ini mengingat karena tekanan freon terlalu berlebih akan cukup berbahaya.

Dan berikut beberapa bahaya dan dampak buruk dari lebihnya tekanan freon pada sistem AC mobil.

  1. Pipa ac akan menahan tekanan tinggi yang membuat arus listrik ke bagian magnet clutch terputus.
  2. Membuat suhu udara didalam kabin tidak akan terasa dinging.
  3. Tidak bergunanya pemutaran suhu ac  ke level tertinggi.
  4. Beban yang akan ditanggung mesin terlalu tinggi dan berat.
  5. Lebih cepat panas pada bagian kondensor ac mobil.

Tanda Tanda Freon AC Mobil Mulai Habis

Tanda Tanda Freon AC Mobil Mulai Habis

Bagi kalian para pengguna mobil pribadi, sebaiknya ketahui juga bahwa ada hal yang ditumbulkan ketika freon ac mobil mulai habis. Beberapa tanda-tanda tersebut meliputi.

  • Kompresor ac mati dan bahkan tidak mau berputar sama sekali.
  • Suhu yang di keluarkantidak dingin.
  • Extra fan tidak akan berputar

Itulah beberapa informasi mengenai tekanan freon ac mobil yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan. Diantaranya mengenai bahaya kelebihan tekanan, cara mengukur tekanan dan juga alat ukur serta alat ukur yang dibutuhkan untuk mengukur tekanan freon pada ac mobil.

Tags: , , ,