5 Tips Menghindari Razia Polisi yang Ampuh dan Jitu

Tips Menghindari Razia Polisi – Berkendara adalah salah satu hal yang selalu kita lakukan ketika ingin bepergian kemanapun, entah itu jarak dekat ataupun jarak jauh. Berbicara soal berkendara, kita sebagai warga Indonesia yang baik tentunya harus memiliki surat-surat penting yang meliputi SIM dan STNK. Dimana surat tersebut sangatlah penting bagi mereka yang memiliki kendaraan. Yang paling penting disini adalah SIM, Surat Ijin Mengemudi inilah yang kerap ditanyakan oleh Polisi ketika terjadi razia kelengkapan surat-surat kendaraan.

Berbicara mengenai razia polisi, biasanya polisi melakukan razia di setiap daerah tertentu yang masuk dalam kawasan wajib lalulintas. Razia tersebut juga biasanya untuk menghindari adanya pencurian sepeda motor dan kelengkapan surat-suratnya. Mengingat saat ini banyak sekali motor atau mobil yang tidak memiliki surat-surat lengkap atau dengan kata lain kendaraan tersebut termasuk kendaraan pencurian. Maka dari itu sebelum kalian bepergian menggunakan kendaraan, alangkah baiknya untuk mempersiapkan surat-surat terlebih dahulu.

Namun bagi kalian yang mungkin masih belum memiliki SIM, alangkah baik jika kalian membaca artikel ini mengenai tips menghindari razia polisi. Ada beberapa tips yang dapat kalian ikuti jika kalian masih belum memiliki SIM. Saat ini membuat SIM memang bisa dikatakan cukup sulit karena kita harus melewati beberapa ujian atau tes untuk mendapatkan SIM. Tak hanya itu saja, biasanya kita juga akan disuruh untuk melakukan uji coba menaiki kendaraan dengan melewati beberapa lintasan yang sulit.

Hal inilah yang menjadikan kita mungkin malas untuk membuat SIM. Akan tetapi harusnya sesulit apapun kita wajib membuat SIM karena selain merupakan kewajiban para pengendara, SIM juga dapat menghindarkan kita dari razia gabungan Satlantas. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan menarik mengenai tips menghindari razia polisi yang ampuh yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

READ  7 Cara Service Karburator Mobil Sendiri yang Mudah

Tips Menghindari Razia Polisi yang Ampuh dan Jitu

Tips Menghindari Razia Polisi yang Ampuh dan Jitu

Tips Menghindari Razia Polisi yang Ampuh dan Jitu

1. Carilah Informasi Mengenai Jadwal Razia Polis Lalulintas

Tips menghindari razia polisi yang pertama ini dapat kalian lakukan dengan cara mencari informasi ke teman atau kerabat yang mungkin memiliki jabatan sebagai salah satu polisi lalulintas di kota kalian. Cara ini tergolong ampuh karena kita nantinya akan tahu dimana lokasi razia dan kemudian kita dapat melewati rute lain agar terhindar dari razia tersebut.

2. Lengkapi Surat-surat Kendaraan

Cara ini tentunya menjadi sangat wajib, dengan adanya kelengkapan surat kendaraan yang kita miliki, kita pasti akan aman ketika melewati jalur razia yang akan kita lewati. Kelengkapan surat tersebut meliputi SIM, STNK dan juga aksesoris kendaraan lain seperti helm, lampu, spion dan lainnya.

3. Bersikap Biasa Saja dan Jangan Panik

Tips menghindari razia polisi yang ketiga kalian dapat bersikap santai dan biasa saja atau jangan panik ketika kita sudah mengetahui ada razia di depan namun kita sudah terlanjur jalan. Biasanya polisi akan membiarkan para pengemudi yang terlihat santai dan tidak panik lewat tanpa harus mencegatnya. Cara ini bisa dikatakan 10% untuk keberhasilannya. Maka lebih kalian hindari saja kita terlihat ada razia di depan.

4. Pahami Jalur Tikus Daerah Sekitar

Selanjutnya kalian dapat melewati jalur tikus jika melihat ada razia polisi. Jalur tikus tersebut harus kalian pahami karena nantinya dapat kita gunakan untuk menghindari razia polisi. Biasanya polisi yang akan mengejar juga pikir-pikir karena mungkin mereka masih belum paham betul mengenai jalur tikus yang ada di daerah tersebut.

READ  5 Cara Klaim Asuransi Mobil Lecet dan Dokumen Yang Dibutuhkan

5. Berhenti di Warung Terdekat

Cara ini memang cukup unik, kalian dapat mampir ke warung terdekat dari lokasi razia. Biasanya polisi tidak akan mengejar kita karena mereka mengira bahwa kita hendak membeli sesuatu di warung tersebut.

Nah itulah beberapa tips menghindari razia polisi yang ampuh yang dapat kalian lakukan. Namun sebenarnya cara diatas bisa juga berhasil bisa juga gagal, maka alangkah baiknya jika kalian selalu melengkapi surat-surat kendaraan sebelum melakukan perjalanan ke kota. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai syarat membuat SIM di postingan sebelumnya. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: