Apa Itu Oli Gardan : Fungsi & Waktu Untuk Mengganti

Apa Itu Oli Gardan – Motor menjadi salah satu pilihan utama bagi kebanyakan orang, terutama bagi kalian semua yang berdomisili di kota besar. Karena dengan membawa kendaraan roda dua atau motor , otomatis kalian semua dapat menerobos jalanan padat merayap dan bahkan jalanan macet. Selain itu juga ada alasan lainnya, yakni harga motor memang lebih murah bila dibandingkan dengan jenis kendaraan lain seperti mobil. Kendaraan roda dua sendiri ada beberapa jenis seperti motor bebek, motor sport, motor off-road dan juga motor matic.

Meskipun ada banyak sekali jenis motor untuk sekarang ini, namun kebanyakan orang lebih suka dan memilih untuk memiliki motor berjenis motor matic. Kenapa banyak orang lebih suka menggunakan motor matic, dari pada jenis motor lainnya. Alasan paling utama ialah sangat mudah dikendarai, dimana setiap pengguna cukup menarik tuas gasnya saja motor matic sudah bisa jalan. Namun perlu kalian ketahui, jika motor matic terdapat dua jenis oli yakni oli mesin dan oli gardan.

Mungkin pengguna motor sudah banyak tahu dengan oli mesin, namun masih banyak juga orang yang belum tahu apa itu oli gardan. Lalu apa kegunaan dari oli gardan, kemudian ada efeknya atau tidak jika oli gardan tidak diganti atau sampai kehabisan. Tentu akan sangat wajar saja jika banyak pertanyaan seperti apa itu oli gardan, lalu apa saja fungsinya. Oli gardan atau oli tranmisi memiliki peran sangat penting sekali terhadap semua motor matic, dimana sebagai pelumas gear ratio pada sistem tranmisinya.

Oleh karena itu kenapa pergantian oli gardan harus kalian lakukan secara berkala, selain itu juga untuk harga oli gardan motor matic dibanderol dengan harga lebih murah dari oli mesin. Sedangkan pemilihan oli gardan, kalian semua bisa pilih saja sesuai dengan merk kendaraan matic kalian semuanya. Untuk mengganti oli gardan akan ada waktunya, biasanya akan di hitung dari jarak tempuh pada motor matic itu. Jika anda semua ingin mengetahui lebih lengkap akan apa itu oli gardan beserta fungsi dan waktu mengganti, bisa simak langsung informasi dibawah ini.

READ  5 Harga Oli Enduro Matic Terbaik Untuk Motor Anda 2020

Apa Itu Oli Gardan Fungsi & Waktu Untuk Mengganti

Apa Itu Oli Gardan Fungsi Waktu Untuk Mengganti

Kami yakin kalian semua para pengguna motor matic sudah lama, pastinya sudah banyak tahu apa itu oli gardan maupun juga oli mesin. Namun akan berbeda sekali, jika kalian semuanya merupakan pengguna baru untuk jenis motor matic. Biasanya ketika kalian service rutin, akan di informasikan jika pergantian oli gardan kalau sudah kilometer sekian. Untuk lebih jelas akan pengertian apa itu oli gardan, mari simak langsung saja ulasan berikut ini.

Apa itu Oli Gardan

Apa itu Oli Gardan

Pada dasarnya untuk kedua jenis oli pada motor matic yakin oli mesin dan oli gardan memang sama-sama memiliki peran sangat penting sekali. Jika oli mesin sebagi pelumas pada komponen mesin, agar kinerja mesin lebih optimal sehingga komponen dapat bekerja dengan sempurna. Kira-kira seperti itulah pengertian dari oli gardan, dimana sama-sama sebagai pelumas pada komponen motor matic.

Jika anda semua masih belum paham apa itu oli gardan, kali ini kami akan informasikan secara detail kepada anda semuanya. Oli gardan atau sering juga disebut oli tranmisi memiliki perana sebagai pelumas pada sistem tranmisi pada motor matic. Sehingga komponen-kompones di dalam box tranmisi akan bekerja dengan sempurna. Alhasil perfoma motor kalian semua akan menghasilkan tenaga sangat sempurna, karena sudah didukung dengan pelumas atau olinya.

Perbedaaan Oli Gardan dan Oli Mesin

Perbedaaan Oli Gardan dan Oli Mesin

Sebetulanya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semua akam perbedaan dari oli mesin dan oli gardan, dimana keduanya memiliki peran sama-sama pentingnya untuk menghasilkan performa mesin lebih maksimal. Jika oli mesin merupakan komponen berfungsi sebagai pelumas pada sektor mesin motor, baik itu motor matic maupun jenis motor seperti motor bebek, motor sport serta motor off-road.

READ  24 Harga Oli Fastron dan Jenis-Jenisnya Terlengkap 2020

Sedangkan untuk oli gardan atau oli tranmisi juga memiliki peran sangat penting sekali terhadap kinerja motor matic, dimana sebagai pelumas komponen didalam box tranmisi. Sehinga part didalamnya bisa berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Oleh karena itu kenapa, mengganti oli gardan sangat perlu sekali. Adapun beberapa hal jika oli gardan tidak diganti, kalian bisa merasakan performanya berkurang, keluar bunyi tidak enak pada tranmisinya.

Fungsi Oli Gradan

Fungsi Oli Gradan

Apabila kalian sudah memahami betul pada bagian atas, pastinya kalian sudah menangkap dan sudah mengetahui fungsi dari oli gardan atau oli tranmisi. Namun kali ini kami akan jelaskan kepada anda semunya. Fungsi dari oli gardan adalah sebagai pelumas atau melancarkan kinerja komponen tranmisi, karena ada banyak sekali komponen didalam box tranmisi tersebut. Sehingga akan banyak sekali komponen saling bergesekan, nah itulah oli gardan bekerja. Sehinga tidak akan menghasilakn suara bising ketika motor mulai di hidupkan.

Waktu Tepat Untuk Mengganti Oli Gardan

Waktu Tepat Untuk Mengganti Oli Gardan

Jika anda semua ingin motor matic awet serta tahan lama, sebaiknya mengganti oli gardan secara berkala. Adapun waktu tepa untuk mengganti oli gardan pada motor matic kalian semuanya, biasanya akan di hitung dari jarak tempuhnya. Jika pemakaian normal, maka waktu tepat untuk mengganti oli gardan pada kilometer 8000 km. Jika dihitung pemakaian motor kira-kira sudah 8 bulan, namun lakukan pergantian sebelum 8000 km atau sebelum pemakaian 8 bulan. Terlebih jika motor matic kalian baut harian, pastinya oli gardan akan lebih cepat kotor atau berkurang.

Seperti itulah yang dapat kami sampaikan  kepada kalian semua akan pengertian apa itu oli gardan dan kapan waktu tepat untuk mengganti oli gardan atau oli tranmisi kepada kalian semuanya. Dengan mengetahui apa itu olu gardan serta fungsinya, kami yakin kalian semua akan lebi memperhatikan oli gardan. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoag informasi diatas dapat membantu anda semua para pengguna motor matic.

Tags: ,