√ Apa Itu Y-Connect Yamaha 2020 : Fitur & Cara Menghubungkan

Apa Itu Y-Connect Yamaha – Yamaha menjadi salah satu perusahaan motor yang sudah memperkenalkan sebuah aplikasi dengan nama Y-Connect Yamaha. Dimana aplikasi tersebut terdapat cukup banyak sekali fitur yang dapat membantu semua penggguna seperti konsumsi bahan bakar, letak lokasi parkir dan bahkan notifikasi telepone, pesan dan email.

Hanya saja fitur tersebut tidak semua tipe motor dari Yamaha bisa dihubungkan, saat ini hanya tipe motor Yamaha NMAX dan ALL New Yamaha AEROX Connected saja yang bisa terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect Yamaha. Merupakan sebuah teknologi terbaru yang belum lama ini diperkenalkan pada peluncuran All New Yamaha NMAX, tentu banyak orang belum mengetahui secara pasti kegunaan aplikasi Y-Connect Yamaha.

Menurut informasi dari lembaga yang terpercaya, ada cukup banyak sekali fungsi yang ada didalam aplikasi tersebut. Nantinya pengguna akan mendapat pemberitahuan jika terjadi masalah tentang motor, dapat mengetahui kondisi motor seperti pergantian oli mesin dan lain sebagainnya. Namun sebelum bisa menggunakan aplikasi tersebut, setiap pemilik terlebih dahulu download aplikasi di Playstore maupun App Store dan selanjutnya buat akun.

Jika anda merupakan pengguna dari All New Yamaha N-MAX dan Yamaha Aerox Connected yang masih bingung dan belum paham apa itu Y-Conncet Yamaha serta cara menghubungkannya. Kali ini Otoflik.com akan informasikan kepada anda semua mulai dari fitur dan fungsinya seperti berikut ini.

Pengertian Apa Itu Y-Connect Yamaha Fitur & Cara Menghubungkan

Pengertian Apa Itu Y Connect Yamaha Fitur Cara Menghubungkan

Dengan adanya aplikas Y-Cooncet tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri, karena setiap pemilik akan selalu mendapatkan pemberitahuan jika terjadi suatu hal pada motor. Jika anda penasaran dengan aplikasi yang ada di Yamaha ini, silahkan simak lebih jelasnya sebagai berikut.

Apa Itu Y-Connect Yamaha

Apa Itu Y Connect Yamaha

Sebagaimana yang sudah kami sedikit jelaskan kepada anda semua, dengan hadirnya aplikasi Yamaha Y-Connect sangatlah membantu sekali bagi pemilik motor. Disini kami akan jelaskan apa itu Y-Connect Yamaha, jika Y-Connect Yamaha merupakan sebuah aplikasi dengan teknologi Comunication Control Unit atau disingkat dengan CCU.

READ  15 Cara Membersihkan Kaca Helm yang Mudah dan 100% Bersih

Aplikasi ini merupakan sebuah teknologi canggih dan menjadi aplikasi pertama yang tertanam pada sebuah motor. Sedangkan untuk cara kerjanya menggunakan Bluetooth agar aplikasi terkoneksi dengan perangkat CCU yang sudah tertanam di motor tersebut. Nantinya pada saat berkendara, anda bisa mengontrol dan mengetahui ada notifikasi pada panel instrumennya.

Fitur Y-Connect Yamaha

Menjadi sebuah terobosan terbaru yang dimiliki oleh Yamaha, setiap pemilik kendaraan seperti Yamaha AEROX Connected yang mana tipe kendaraan kedua dari Yamaha yang bisa terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect. Berikut ini merupakan beberapa fitur-fitur yang bisa anda gunakan apabila sudah menghubungkan ke motor, untuk lebih jelasnya langsung simak seperti dibawah ini.

Peringkat

Peringkat

Fitur pertama adalah Peringkat, dimana pengendara bisa melihat dan mengetahui jarak tempuh dari muali jalan hingga berhenti beserta akseslerasi berkendara atau Eco-Riding. Dalam hal ini Eco-Riding dapat diseuaikan dengan gaya berkendara anda, kondisi, lingkungan dan perawatan.

Engine Oil

Engine Oil

Kedua adalah Engine OIL, sebetulnya tidak jauh berbeda dengan fitur pada umumnya. Hanya saja pada Y-Connect lebih terpantau akan kondisi oli mesin pada motor anda. Selain itu dapat mengontrol voltase baterai atau accu yang lebih terukur. Pemilik juga bisa mengatur pergantian oil mesin tanpa harus otak atik panel instrumen.

Revs Dashboard

Revs Dashboard

Yang lebih menariknya lagi tyerdapat fitur Revs Dashboard, pada fitur ini akan menunjukan data-data putaran mesin, temperatur pada intake manifol, air radiator dan juga akselerasi dalam berkendara. Untuk tampilannya juga sangat mudah dipahami, sehingga tidak ada kata bingung untuk mengartikannya.

Konsumsi BBM

Konsumsi BBM

Tentu berbeda sekali dengan yang lainnya, karena pada aplikasi Y-Connect dapat mengetahui secara detail konsumsi bahan bakar yang digunakan setiap anda melakukan perjalanan. Mulai dari seberapa banyak baban bakar yang digunakan serta jarak tempuhnya. Tentu fitur ini bisa membantu setiap pengguna untuk analisa seberapa banyak ketika menempuh jarak sekian Km harus membutuhkan berapa liter.

Lokasi Parkir

Lokasi Parkir

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, terdapat satu lagi fitur yang sangat menarik sekali yakni Lokasi Parkir. Meskipun aplikasi telah terputus, tetapi bisa menyimpan lokasi parkir motor terakahir atau terakahir unpair aplikasi. Jadi pengguna tidak perlu bingung untuk mencari lokasi motor, karena sudah ada petunjuknya.

READ  20 Cara Mengendarai Mobil Matic Dalam Segala Kondisi Untuk Pemula

Malfungsi

Notifikasi Malfungsi

Fitur selanjutnya adalah Notifikasi Malfungsi, fitur ini akan bekerja apabila mendeteksi terjadi kerusakan atau masalaha pada motor. Pemberitahuan tersebut akan masuk ke alamat email yang terdaftar di apalikasi Y-Connect

Notifikasi

Notifikasi

Terakhir adalah Notifikasi, pada fitur ini akan memunculkan beberapa notifikasi muali dari panggilan telepone, email, pesan baik media sosial maupun SMS. Notifikasi tersebut akan secara otomatis muncul pada panel speedometer.

Cara Menghubungkan Y-Connect Yamaha

Cara Menghubungkan Y Connect Yamaha

Bagi pengguna baru, tentu masih bingung dan bahkan belum tahu cara bagaimana menghubungkan Y-Connect Yamaha dengan motor Yamaha N-MAX dan Yamaha AEROX. Nah, disini kami akan jelaskan bagaimana cara menghubungkan secara jelas dan detailnya.

  1. Pertama pastikan anda sudah download aplikasi di Playstore dan App Store, jika sudah silahkan buat akun terlebih dahulu dengan cara klik Register
  2. Lalu langkah selanjutnya tinggal koneksikan smartphone anda dengan perangkat CCU pada uni motor menggunakan koneksi Bluetooth pastinya
  3. Selanjutnya cukup menghubungkan Y-Connect, untuk caranya terdapat tiga cara yakni scan QR Code pada perangkat CCU, lalu dengan scan Barcode nomor rangka unit motor dan terakhir manual dengan memasukan nomor rangka motor
  4. Setelah berhasil, kemudian hidupkan motor anda dengan cara memutar knob switch dari posisi Of menjadi ON. Selanjutnya perangkat CCU langsung mencari koneksi pada ID Smartphone
  5. Apabila berhasil terkoneksi antara CCU dan Y-Connect Yamaha ditandai dengan munculnya indikator pada panel instrumen berupa indikator Y-Connect dan baterai smartphone

Bagaimana, keren bukan aplikasi Y-Connect Yamaha? Hanya saja aplikasi ini hanya terkoneksi di tipe motor tertentu saja. Jika anda tertarik untuk memilikinya, maka pastikan tipe yang terkoneksi yakni All New Yamaha N-Max ABS Connected, All New Yamaha Aerox Connected dan All New Yamaha Aerox Connceted. Demkianlah informasi dapat Otoflik.com sampaikan seperti diatas, semoga saja bermanfaat bagi yang membutuhkannya.

Tags: , , , ,