10 Penyebab dan Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Macet

Cara Memperbaiki Wiper Mobil – Pada pertemuan sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai beberapa tips dan juga cara-cara memperbaiki komponen mobil, lalu memperbaiki mobil mogok, dan pada saat ini kami juga akan mengupas beberapa cara memperbaiki wiper mobil yang macet serta mengetahui apa saja penyebab mengapa wiper mobil tersebut macet. Wiper memang merupakan salah satu komponen yang cukup penting pada sebuah mobil, dimana dengan adanya wiper pandangan kita akan tetap jelas ketika berkendara dalam keadaan hujan yang cukup deras.

Secara fungsi, wiper ini menjami pandangan kalian pada saat berkendara agar tidak terhalang oleh apapun seperti air hujan ataupun kotoran seperti debu yang menyelimuti kaca mobil baik kaca bagian depan maupun bagian belakang. Dengan pandangan yang jelas tentu kita akan lebih nyaman dan aman ketika berkendara, bayangkan jika pada saat kondisi hujan lebat kita berkendara dengan pandangan yang kurang maksimal, tentu potensi kecelakaan akan cukup besar. Maka dari itu periksa semua komponen mobil, seperti wiper apakah berfungsi dengan baik.

Seandainya terjadi kerusakan pada wiper mobil kalian, kalian dapat langsung membawanya ke bengkel terdekat dengan montir yang berkualitas agar proses perbaikan dapat berjalan lancar dan cepat. NamunĀ  kalian juga dapat memperbaikinya sendiri jika kalian ahli dalam urusan itu, dan usahakan untuk berhati-hati karena pasti ada beberapa komponen wiper yang mudah rusak, bukannya benar malah nantinya akan menambah pekerjaan kalian.

Siapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan seperti obeng dan peralatan lainnya. Cara memperbaiki wiper mobil ini ada beberapa langkah yang harus kalian ikuti, seperti dengan caraa mengecek kelistrikan wiper terlebih dahulu kemudian periksa motor penggerak pada wiper dan ada beberapa hal lainnya. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai penyebab dan cara memperbaiki wiper mobil yang macet berikut ini.

READ  10 Cara Mengatasi Motor Mogok yang Mudah dan Cepat

Penyebab dan Cara Memperbaiki Wiper Mobil yang Macet

Cara Memperbaiki Wiper Mobil

Cara Memperbaiki Wiper Mobil

1. Penyebab Wiper Mobil Macet

  • Terjadi kerusakan saklar yang menyebabkan wiper yang tidak berfungsi.
  • Karet pada wiper mobil sudah keras.
  • Wiper link dan tangkai wiper patah, hal ini biasanya karena usia wiper link dan tangkai yang sudah lama.
  • Keausan pada Bush wiper.
  • Dan yang terakhir biasanya karena Dinamo wiper yang terbakar.

2. Cara Memperbaiki Wiper Mobil Macet

Salah satu kerusakan pada wiper yang sering terjadi adalah adanya kerusakan pada komponen-komponen yang telah kami sebutkan diatas. Dan kerusakan wiper pada umumnya yakni macet, nah untuk cara mengatasinya kalian dapat mengikuti langkah-langkah yang sudah kami siapkan dibawah ini.

  • Pertama yang perlu kalian lakukan adalah dengan memeriksa kelistrikan atau sekring wiper mobil kalian. Cek terlebih dahulu apakah terjadi kerusakan pada sekring.
  • Jika kondisi kelistrikan dalam keadaan baik, maka kalian dapat memeriksa motor penggerak pada wiper mobil.
  • Apabila kerusakan terjadi pada wiper karena adanya kotoran yang menempel, maka kalian dapat membersihkan kotoran tersebut dengan segera.
  • Kalian juga dapat memanfaatkan pelumas sehingga poros penggerak dapat berfungsi dengan baik.
  • Dan yang terakhir jika kerusakan terjadi pada komponen wiper kalian dapat langsung membawanya ke bengkel mobil terdekat di daerah kalian.

Ada beberapa langkah yang dapat kalian ikuti ketika menemui masalah pada wiper yang macet. Pemeriksaan kelistrikan memang menjadi hal utama karena wiper bergerak dengan adanya daya listrik sama halnya dengan ketika kita mengecek kerusakan dan memperbaiki lampu sein, kemudian cek kotoran atau debu yang menempel, biasanya hal inilah yang menjadikan wiper tidak berfungsi dengan baik karena banyak kotoran atau debu yang menempel di kaca mobil baik bagian depan maupun bagian belakang.

READ  25 Harga Wiper Hella Terbaru Untuk Semua Mobil 2020

Kami sarankan untuk selalu rutin mengecek kondisi mobil kalian agar dapat mudah mendeteksi adanya kerusakan pada setiap komponen mobil tersebut. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel penyebab dan cara memperbaiki wiper mobil diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: ,