4 Penyebab Mobil Mogok dan Cara Menanggulanginya

Penyebab Mobil Mogok – Berkendara dengan menggunakan mobil jarak jauh memang lebih nyaman dibandingkan kita menggunakan sepeda motor. Seperti halnya ketika kita mudik atau perjalanan bisnis, tentu akan lebih memilih menggunakan mobil karena kita dapat duduk bersandar dengan nyaman, dan yang pasti kita aman dari yang namanya terik panas matahari serta hujan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil, yakni dengan mengecek kondisi mobil terlebih dahulu.

Pengecekan kondisi mobil ini memang lebih baik kita lakukan secara rutin dan teratur, sehingga kita dapat meminimalisir akan adanya kerusakan atau beberapa komponen lain yang dapat bekerja kurang maksimal. Jika kita rajin mengecek kendaraan kita, kita pasti akan terhindar dari yang namanya mobil mogok, lampu sein mati, rem mobil tidak berfungsi dengan baik dan lain sebagainya. Perlu kalian ketahui bahwa banyak sekali kasus mobil mogok dijalan karena kita jarang merawat mobil kita.

Penyebab mobil mogok ini ada beberapa yang perlu kalian ketahui dan disini kami juga akan memberikan bagaimana cara menanggulangi mobil mogok yang baik dan benar. Mobil mogok atau tidak bisa distarter tentu akan sangat menjengkelkan bukan? Apalagi ketika kita mungkin sedang buru-buru dan harus pergi ke kantor atau tempat lain. Biasanya ada beberapa penyebab mobil mogok yang jarang kita ketahui karena jarangnya kita merawat mobil kita dengan baik.

Perlu kalian ketahui bahwa ada 4 penyebab mobil mogok yang sering terjadi pada mobil-mobil yang kurang perawatan. Maka dari itu kami tekankan sekali lagi bahwa merawat mobil secara rutin itu sangatlah penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil mogok yang akan kita bahas kali ini. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai penyebab mobil mogok dan cara menanggulanginya yang telah kami siapkan berikut ini.

READ  Alamat Sudin Dishub Jakarta Timur : No Telp dan Jam Buka

Daftar Isi

Penyebab Mobil Mogok dan Cara Menanggulanginya

Penyebab Mobil Mogok dan Cara Menanggulanginya

Penyebab Mobil Mogok dan Cara Menanggulanginya

1. Alternator Bermasalah

Salah satu penyebab mobil mogok yang pertama biasanya terjadi masalah pada alternatornya. Bukan hanya aki saja yang menjadi masalah, alternator juga sering menjadi penyebab mengapa mobil mogok. Alternator ini pada dasarnya memiliki peranan yang penting dalam sebuah mobil, yakni sebagai penyuplai listrik ke aki. Jika suplainya rusak maka otomatis aki tidak dapat digunakan sehingga mengakibatkan mobil tidak dapat menyala. Jika masalah telah terdeteksi, kalian dapat pergi ke bengkel untuk memperbaikinya.

2. Dinamo Starter Rusak

Penyebab mobil mogok yang kedua adalah adanya kerusakan pada dinamo starter. Biasanya komponen ini jarang sekali mengalami kerusakan jika bukan karena umur mobil yang sudah tua atau karena pemakaian yang kurang ramah. Cara yang dapat kalian lakukan ketika komponen ini rusak adalah dengan membawanya ke bengkel resmi. Namun hal ini dapat terhindar jika kalian melakukan perawatan mobil yang cukup rutin.

3. Aki Bermasalah

Seperti yang sudah kami bahas di atas bahwa aki ini menjadi salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan. Bisa juga dikatakan sebagai faktor utama mengapa mobil sering mengalami mogok. Jika aki rusak maka mobil tidak dapat distarter, maka kalian dapat langsung membawa mobil kalian ke bengkel untuk mengganti aki tersebut atau hanya mengisinya agar dapat berfungsi dengan normal kembali.

4. Karburator Mobil Bermasalah

Dan yang terakhir adalah karburator mobil bermasalah. Masalah ini biasanya berkenaan dengan bahan bakar yang masuk terlalu sedikit. Jadi proses yang terjadi ketika pembakaran menjadi tidak maksimal dan ketika menghidupkan mobil akan sangat sulit. Untuk memastikan kondisi karburator masih berfungsi atau tidak, kalian dapat melepaskan slang yang terhubung ke karburator dan memasukannya ke dalam botol, dan lanjutkan dengan melakukan starter mobil.

READ  10 Cara Membersihkan Noda Aspal yang Mudah dan Cepat

Nah itulah beberapa penyebab mobil mogok dan bagaimana cara menanggulanginya. Perawatan mobil memang harus teratur agar terhindar dari berbagai masalah yang ada seperti diatas. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua, sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: