Biaya Tune Up Mobil : Bengkel Resmi & Umum Terbaru 2020

Biaya Tune Up Mobil – Perawatan mobil tentu menjadi hal yang harus terus kita lakukan untuk membuat kondisi mobil tetap prima. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai macam cara atau metode. Yang paling umum dan sering di lakukan para pemilik mobil tentu saja adalah perawatan mobil dengan cara service.

Cara tersebut tentunya akan membuat kondisi mobil tetap terjaga. Namun service biasa yang mungkin rutin kita lakukan setiap bulannya tentu saja berbeda jauh dengan yang namanya Tune Up. Dimana pada service biasa ini para mekanik hanya akan melakukan pengecekan ringan pada mobil kita.

Sementara ketika kita melakukan tune up, otomatis hampir semua komponen, fungsi dan kondisi akan di lakukan pengecekan. Sehingga ketika mendapati kondisi komponen yang rusak akan segera bisa di perbaiki atau di ganti dengan yang baru. Oleh karena itu biaya tune up mobil pun jauh lebih mahal.

Apa saja sih yang di lakukan saat tune up pada sebuah kendaraan. Untuk menjawab hal ini silahkan flikermania simak pembahsan kami sebelumnya mengenai apa itu tune up mobil. Secara garis besar, kegiatan tune up sendiri merupakan pengecekan dan penyetandaran fungsi komponen mobil agar kondisi mobil bisa kembali seperti sedia kala.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi & Umum

Biaya Tune Up Mobil

Untuk melakukan tune up sendiri selain memerlukan biaya yang tidak sedikit. Biasanya kita harus memperhatikan jadwal tune up dari mobil yang kita miliki. Dimana jadwal tune up yang baik seharunya di lakukan  3 bulan sekali atau maksimal satu tahu sekali. Akan tetapi masih banyak orang yang menyepelekan hal ini.

Alhasil membuat mobil tidak bisa berjalan dengan  efektif sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya. Oleh karena itu pastikan selalu sisakan budget dari penghasilan anda untuk tune up mobil baik 3 bulan sekali atau 1 tahun sekali.

READ  15 Mobil Matic Murah Paling Irit Rekomendasi Terbaik 2020

Hal ini dilakukan karena memang biaya tune up mobil sendiri cukup mahal dan bisa berbeda-beda disetiap daerah serta setiap jenis mobilnya. Selain itu pilihan bengkel pun juga mempengeruhi. Lalu berapa kiranya biaya tersebut? mari kita bedah bersama-sama.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Umum

Tune Up Mobil Bengkel Umum

Mahal tidaknya biaya tune up mobil memang tidak bisa kita patok atau kita sama ratakan di semua bengkel yang ada di tanah air. Hal tersebut karena memang jenis pekerjaan, kemudian cara kerja yang dilakukan tiap-tiap bengkel juga berbeda.

Akan tetapi dari beberapa pengalaman yang ada, menyebutkan bahwa biaya tune up mobil di bengkel umum bisa jauh lebih murah di bandingkan dengan bengkel resmi. Hal tersebut karena bengkel umum tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi, sehingga bisa memangkas biaya untuk tune up.

Biasanya untuk sekali melakukan tune up di bengkel umum, kira-kira kita harus menyiapkan uang Rp 350.000 hingga Rp 500.000 untuk biayanya. Itu belum termasuk biaya penggantian sparepart atau komponen yang memang dianggap sudah tidak layak pakai yang bisa menjadi penyebab mobil mogok.

Biaya Tune Up Mobil di Bengkel Resmi

Tune Up Mobil Bengkel Resmi

Namun hal yang kami jelakan diatas tentu tidak akan sama ketika anda melakukan tune up mobil di bengkel resmi. Karena pada dasarnya proses pengerjaan tune up dan juga cara tune up yang di lakukan sudah memiliki standarisasi atau SOP tersendiri yang tentu sama disetiap bengkel resmi.

Dengan begitu biaya tune up mobil di bengkel resmi pun akan jauh lebih mahal. Disamping itu, pengerjaan dan juga mekanik yang mengerjakan tune up pun merupakan orang yang tentu mengetahui seluk beluk mobil tersebut. Sehingga pengecekan pun akan jauh lebih memakan waktu namun jelas lebih baik.

Saat melakukan tune up di bengkel resmi akan ada banyak sekali hal yang di cek oleh mekanik. Namun khusus untuk filter dan busi biasanya hanya akan di lakukan pembersihan saja. Jika memang kondisinya sudah parah maka bengkel akan menyarankan untuk di ganti sekaligus di berikan estimasi harga.

READ  23 Motor Bekas 3 Jutaan Terlengkap, Yamaha, Honda & Suzuki

Dengan begitu anda akan dapat memilih untuk diganti atau tidak. Selain itu jika di kerjakan di bengkel remsi umumnya akan dilakukan full tune up sehingga biaya pun akan menjadi mahal. Dimana rata-rata biaya tune up mobil di bengkel resmi akan mencapi 3 juta rupiah atau bahkan lebih.

Kenapa Bengkel Umum Lebih Murah?

Alasan Biaya Tune Up Lebih Murah

Mungkin ada dari kalian yang bertanya kenapa biaya tune up mobil di bengkel umum jauh lebih murah di bandingkan di bengkel resmi. Beberapa alasan berikut mungkin bisa menjawab pertanyaan anda berikut.

  1. Seperti kami katakan diatas, salah satu alasan kenapa biaya tune up lebih murah di bengkel umum adalah karena bengkel umum tidak menetapkan profit yang terlalu tinggi, beda dengan bengkel resmi yang tentu sudah menetapkan profit karena berbagai macam alasan.
  2. Jenis pekerjaan yang di lakukan dibengkel umum tidak sedetail pekerjaan di bengkel resmi.
  3. Pekerjaan scanning sistem injeksi mungkin tidak akan dilakukan oleh benkel umum mengingat atal atau mesin scanning tersebut tidak dimiliki semua bengkel terkecuali bengkel resmi.
  4. Selain pekerjaan scanning sistem injeksi, pekerjaan lain seperti pembersihan injektor juga tidak selalu di lakukan di bengkel umum.
  5. Dan yang terakhir yang membuat biaya tune up mobil di bengkel umum lebih murah adalah pilihan sparepart yang ditawarkan.

Dengan mengetahui berapa kiranya biaya yang harus anda keluarkan untuk sekali melakukan tune up. Setidaknya mulai dari sekarang ada baiknya selalu sisihkan budget untuk melakukan kegiatan ini meskipun biaya yang harus di keluarkan memang tidak sedikit.

Namun dampak paling terasa apabila anda selalu melakukan tune up pada mobil yang anda miliki adalah kondisi mesin dan performa mesin yang akan terus terjaga. Nah itulah kiranya inforamsi yang bisa otoflik.com bagikan dikesematan kali ini, semoga bisa menambah wawasan dan juga pengetahuan anda.

Tags: , ,