Apa Itu Spooring dan Balancing : Ciri, Manfaat dan Biaya

Apa Itu Spooring dan Balancing РPerawatan mobil bukan hanya sekedar merawat mesin dan juga bodi mobil semata. Melainkan ada beberapa hal yang juga perlu di perhatikan, termasuk  kondisi dan kesehatan ban mobil. Karena pada dasarnya ban mobil sendiri merupakan bagian yang begitu vital karena pada bagian ini seluruh beban mobil berada.

Bicara mengenai perawatan, ban pun ada banyak sekali macam dan jenisnya, salah satunya adalah perawatan tampilan ban mobil agar tetap mengkilap menggunakan semir ban mobil. Namun hal yang penting dan perlu untuk selalu di perhatikan adalah spooring dan balancing. Yang dimana dua aspek ini merupakan tuntutan agar kondisi mobil tetap layak digunakan.

Untuk perawatan atau service jenis ini, biasanya harus di lakukan untuk tipe mobil-mobil keluaran lama yang sudah memiliki masa pakai cukup lama. Hanya saja, banyak dari para pemilik mobil justru mengabaikan hal penting ini. Bahkan tidak jarang ada juga yang mungkin tidak mengetahui apa itu spooring dan balancing.

Biasanya hal tersebut karena memang pengetahuan para pemilik mobil kurang atau bahkan belum pernah sekalipun mengetahui adanya perawatan atau service pada bagian ban dengan metode spooring dan balancing ini. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, akan coba kami rangkumkan beberapa informasi mengenai spooring dan balancing.

Apa Itu Spooring dan Balancing : Ciri, Manfaat dan Biaya

Apa Itu Spooring dan Balancing

Perawatan yang begitu banyak pada setiap jenis kendaraan perlu rasanya untuk selalu kita ketahui agar kondisi mobil tetap dalam keadaan prima. Nah bagi flikermania yang ingin mengetahui tentang apa itu spooring dan balancing, serta informasi lainnya, silahkan simak ulasan terbaru otoflik.com berikut ini.

Apa itu Spooring dan Balancing

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai informasi yang harus kalian ketahui seputar spooring dan balancing. Secara garis besar service ini merupakan perawatan pada bagian ban yang sebenarnya harus selalu dilakukan agar laju mobil tetap lurus. Namun untuk lebih jelasnya apa itu spooring dan balancing, simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Spooring

Pengertian Spooring

Digunakannya mobil dalam jangka waktu yang lama tentunya akan dapat mengubah posisi atau kedudukan roda mobil. Hal tersebut biasnya terjadi akibat benturan ataupun penyebab yang lainnya. Secara sepintas perubahan tersebut mungkin tidak akan dapat terlihat jelas di mata. Namun dapat dirasakan para pengemudi.

Untuk melakukan penyetelan sudut dari keempat roda tersebut maka di gunakanlah metode spooring ini. Jadi bila di tulis lebih jelas, spooring merupakan penyetelan sudut-sudut geometri antara roda depan dan roda belakang sebuah kendaraan baik itu dari bagian chamber, caster, ataupun toe serta komponen atau bagian lainnya.

READ  Fungsi Kiprok Motor : Kendala dan Cara Memperbaikinya

Pengertian Balancing

Pengertian Balancing

Sedikit berbeda dengan spooring, proses balancing merupakan service yang di tujukan untuk bisa mengembalikan keseimbangan keempat ban mobil. Dimana tujuan utama dari proses balancing ini ada untuk menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. Biasanya service ini akan dilakukan ketika kalian baru mengganti ban mobil ataupun velg mobil.

Meski proses balancing ataupun proses spooring ini merupakan perawatan atau service yang wajib dan harus di lakukan. Namun tidak seperti tune up mobil, spooring dan balancing tidak harus selalu di lakukan secara berkala. Melainkan ketika performa mobil yang dirasakan para pengemudi sudah menunjukan ketidakberesan pada laju mobil tersebut.

Manfaat Spooring dan Balancing

Manfaat Spooring dan Balancing

Bagaimana apakah sudah paham dengan apa itu spooring dan balancing setelah membaca penjelasannya diatas? seperti kami jelaskan, service spooring dan balancing ini tidak harus selalu kalian lakukan secara rutin, namun bukan berarti kalian mengabaikan hal tersebut.

Karena ketika kalian melakukan spooring dan balancing ini maka akan bisa mendapatkan banyak manfaat, diantaranya adalah :

  • Dapat mengingkatkan kenyamanan pengemudi dalam berkendara.
  • Bisa juga menghemat penggunana bakan bakar.
  • Dapat memaksimalkan masa pakai atau umur ban mobil.
  • Dapat terhindar dari keausan ban mobil yang tidak merata
  • Para pengemudi akan bisa mendapatkan feedback atau posisi kemudi yang lebih baik.
  • Bisa juga untuk lebih menjaga kondisi dan juga masa pakai kaki-kaki mobil.
  • Dapat juga memberikan efek yang lebih stabil pada fungsi strik mobil.
  • Kemudian manfaat spooring & balancing yang tidak kalah pentingnya adalah menyelaraskan kelurusan roda kemudi.
  • Dapat juga untuk menghilangkan suara berdecit pada bagian ban saat mobil berbelok.
  • Dan yang paling penting dari service spooring dan balancing ini adalah meningkatkan stabilitas kendaraan.

Ciri-Ciri Mobil Perlu Spooring & Balancing

Ciri Ciri Mobil Perlu Spooring Balancing

Meski bukan merupakan perawatn yang rutin untuk dilakukan, namun bagi kalian yang ingin melakukan service spooring dan balancing ini juga harus mengetahui beberapa ciri-ciri mobil sudah perlu mendapatkan spooring dan balancing ini.

Setelah mengetaui beberapa manfaat dari proses service ini, berikut adalah ciri-ciri mobil perlu spooring dan balancing.

  1. Pengemudi merasakan adanya getaran pada bagian stir mobil. Hal ini dikarenakan roda depan akan langsung berkaitan dengan sistem kemudi mobil lewat salah satu komponennya yaitu tie rod mobil.
  2. Gejala paling sering dialami pengendara mobil yaitu stir tidak kembali berputar ke posisi semula secara otomatis ketika berputar atau belok.
  3. Pengendara merasakan mobil tersa berbelok sendiri meskipun dalam kondisi jalanan lurus.
  4. Selian ciri-ciri diatas, kalian juga bisa memperhatikan permukaan ban. Apabila dilihat permukaannya aus namun tidak merata juga bisa menjadi ciri-ciri perlu dilakukannya spooring dan balancing.
  5. Kemudian juga bisa dilihat dari posisi ban yang terlihat miring ketika kalian memarkirkan mobil di tempat yang rata atau datar.
  6. Tidak hanya itu, ketika kalian mengamati ban belakang dan melihatnya tidak sejajar dengan bagian bodi belakang juga bisa menjadi indikasi bahwa mobil perlu service spooring dan balancing.
  7. Dan yang terakhir ketika mobil digunakan, pengemudi merasakan mobil seperti berjalan miring atau istilah dalam otomotif adalah Body Roll.
READ  8 Penyebab Motor Injeksi Brebet di RPM Rendah & Solusi

Waktu yang Tepat untuk Spooring & Balancing

Waktu yang Tepat untuk Spooring Balancing

Jika di tanya kapan waktu yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing pada mobil. Sebenarnya service ini tidak mematok berapa hari, bulan atau tahun. Hanya saja umumnya akan lebih baik jika dilakukan setiap 6 bulan sekali.

Namun terlepas dari hal tersebut, kalian juga bisa melakukan spooring dan balancing ini jauh lebih cepat karena mobil yang kalian gunakan sering melewati jalanan yang tidak rata atau kondisi jalan yang tidak bagus. Bahkan hal ini juga bisa kalian lakukan dengan melihat jarak tempuh.

Yang dimana idealnya, service spooring dan balancing sebaiknya dilakukan ketika kalian sudah mencapai jarak tempuh hingga 10.000 km.

Biaya Spooring & Balancing

Biaya Spooring Balancing

Jika melihat beberapa sumber seperti situs remi dari bengkel atau juga marketplace yang ada di Indonesia. Bisa disimpulkan biaya spooring dan balancing dapat dikatakan cukup terjangkau. Namun ada juga beberapa bengkel yang membedakan biaya tersebut sesuai dengan jenis mobil yang ada.

Bahkan ada juga beberap bengkel di Indonesia yang menawarkan service ini dalam satu paket dengan biaya yang tentu saja lebih terjangkau. Nah untuk lebih jelasnya, berikut kami buatkan tabel biaya spooring dan balancing yang ada dibeberapa bengkel di Indonesia.

BengkelBiaya
Bengkel BridgestonePaket Spooring dan Balancing : Rp 150.000
Bengkel BOSSpooring : Rp 150.000 – Rp 215.000
Balancing : Rp 20.000 – Rp 45.000
Bengkel My AutoSpooring : Rp 150.000 – Rp 200.000
Balancing : Rp 30.000 – Rp 60.000
Paket Spooring & Balancing : Rp 235.000
Bengkel WW AutoPaket Balancing : Rp 100.000
Paket Spooring dan Balancing Mobil Sedang : Rp 375.000
Paket Spooring dan Balancing Mobil Jepang : Rp 480.000
Bengkel Wijaya Berlian JayaPaket Spooring dan Balancing : Rp 174.000 – Rp 350.000

Dengan mengeluarkan biaya yang tidak begitu malah dalam sekali perawatan spooring dan balancing, akan tetapi kalian akan dapat memperoleh sebuah hasil yang begitu memuaskan, yang bisa dirasakan oleh para pengemudi mobil.

Itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan mengenai apa itu spooring dan balancing. Semoga dengan rincian diatas kalian dapat memperoleh informasi yang bermanfaat seputar perawatan ban mobil.

Tags: , ,