Tie Rod Mobil : Fungsi, Ciri Kerusakan & Cara Memperbaiki

Tie Rod Mobil – Merupakan sebuah komponen yang terdapat pada sistem kemudi atau sistem streering. Tie Rod bisa dibilang memegang peranan yang begitu penting untuk bisa membuat mobil dapat berjalan dengan mudah serta bisa di kendalikan. Maka dari itu komponen ini benar-benar harus di perlakukan dengan cukup baik sertai sering mendapat perawatan.

Terletak diantara steering gearbox  (steering rack) dan knuckle roda depan, adanya tie rod tersebut akan menjadi penghubung kedua bagian tersebut. Yang dimana apabila digerakan ke salah satu arah, maka otomatis roda pun akan mengikuti gerakan tersebut. Sehingga mobil pun akan dapat berbelok sesuai dengan putaran tie rod mobil ini.

Kondisi yang bagus dengan sering di lakukannya perawatan mobil menjadi penentu kinerja dari tie rod mobil meskipun sudut antara roda dengan ujung streering rack berbeda. Tidak herana untuk memaksimalkan kinerja ini, ada satu komponen yang bernama BallJoint yang akan membantunya. Bahkan yang sering terjadi komponen tersebutlah yang sering rusak.

Meski bentuk dan juga nama tie rod mobil tergantung pada jenis sistem kemudi yang ada. Namun pada sistem kemudi yang sudah menggunakan steeering rack, kita tahu bahwa ada dua macam tie rod yang biasanya digunakan. Yaitu rack end (ling tie rod) yang terpasang dan terhubung langsung pada bagian ujung steering rack.

Fungsi, Ciri Kerusakan & Cara Memperbaiki Tie Rod Mobil

Info Tie Rod Mobil

Sementara yang kedua yaitu tie rod end. Jenis ini akan terpasang dan terhubung dengan knuckle dimana roda mobil itu berada. Dengan begitu, sudah bisa dipastikan bahwa fungsi dari tie rod mobil ini benar-benar begitu penting keberadaannya karena mempunyai beberapa macam fungsi. Apa saja itu, berikut otoflik.com rangkumkan penjelasannya dibawah ini.

Fungsi Tie Rod Mobil

Fungsi Tie Rod Mobil

Penghubung Putaran Kemudi ke Roda Depan

Fungsi utama dari tie rod mobil yaitu sebagai penerus putaran roda kemudi (setir) yang digerakan oleh pengemudi ke bagian roda depan. Dengan begitu gerakan putar dari kemudi akan di dirubah menjadi gaya tarik dan dorong melalui steering gear box sehingga mobil pun akan dapat berbelok ke kanan dan ke kiri dengan mudah.

READ  Inilah 5 Penyebab Mobil Mengalami Body Roll atau Limbung

Peredam Getaran Roda

Lalu fungsi dari tie rod mobil yang berikutnya yaitu sebagai peredam getaran roda ke bodi mobil. Yang dimana peredaman ini tidak akan langsung di lakukan oleh tie rod melainkan melalui Inner tie rod dan tie rod end yang merupakan ball joint yang bisa bergerak ke berbagai arah.

Meski menjadi salah satu komponen sistem kemdudi yang lumayan sering rusak, namun adanya ball joint ini tidak akan membuat getaran roda dapat merembet ke bagian kemudi atau setir. Hal tersebut karena Ball Joint dapat bergerak ke atas, bawah, kakan ataupun kiri.

Pengatur Toe Roda Depan

Kemudian fungsi terakhir dari komponen bernana tie rod mobil ini yaitu sebagai pengatur sudur toe yang berada dibagian roda. Dengan adanya komponen ini, kalian dapat mengatur jarak sesuai dengan yang diinginkan melalui sambungan antara Inner tie rod dan juga tie rod end.

Caranya pun cukup mudah karena kalian hanya perlu memanjang atau memendekan ulir yang berada di antara kedua jenis tie rod tersebut. Lalu apa itu toe roda depan ? Toe ini merupakan selisih jarak yang ada di antara roda depan bagian muka dan roda depan bagian belakang yang akan terlihat dari sisi atas kendaraan.

Ciri-Ciri Tie Rod Mobil Rusak

Ciri Ciri Tie Rod Mobil Rusak

Terdapat Bunyi pada Bagian Kaki-Kaki Mobil

Banyak yang mengatakan bahwa kerusakan yang terjadi pada bagian tie rod mobil akan bisa menyebabkan terdengarnya suara dari bagian kaki-kaki mobil. Dan biasanya bunyi ini akan dapat terdengar apabila kalian memeblokan roda depan.

Ban Aus Secara Tidak Merata

Pada beberapa kasus, kerusakan pada tie rod mobil juga mengakibatkan ban mobil tidak akan mengalai aus yang tidak merata. Namun untuk bisa mengetahui hal ini dengan pasti, kalian harus menginspeksi kedua ban tersebut. Silahkan perhatikan kedua ban tersebut, jika ada satu bagian yang terlihat aneh segera periksa bagian toe rod ini.

Kendaraan Sering Membuang ke Satu Arah

Dan salah satu imbas dari rusaknya sebuah tie rod pada kendaraan yang paling berbahaya adalah kendaraan tersebut akan selalu membuang ke satu arah. Hal ini di karenakan ban mobil akan oblak atau bergerak tidak beraturan baik ke arah kanan ataupun ke arah kiri dengan sudut yang cukup besar.

Ada Getaran Saat Mobil Dibelokan

Lalu ciri-ciri tie rod mobil rusak yang berikutya adalah, terdapatnya sebuah getaran yang akan dapat di rasakan saat mobil Dibelokan. Bagi penumpang mungkin tidak akan begitu terasa, namun bagi pengemudi, biasanya akan dapat merasakan hal tersebut ketika memegang setir.

READ  Cara Kerja Kampas Kopling Motor dan Fungsi Utamanya

Penyebab Tie Rod Rusak

Penyebab Tie Rod Mobil Rusak

Baut Tie Rod End Kendor

Terkadang hal yang juga sering membuat tie rod pada sebuah mobil rusak adalah baut tie rod end yang sudah kendor yang bisa di sebabkan karena masa pakai atau memang pemasangan yang tidak sempurna karena untuk pemasnagannya perlu menggunakan teknik khusus yang biasanya hanya bisa dikerjakan di bengkel oleh para mekaning profesional.

Long Tie Rod Bengkok

Selain karena baut tie rod end yang sudah mulai kendor, kerusakan tie rod mobil juga dapat terjadi karena bagian long tie rod sudah bengkok. Dimana benkoknya komponen ini mungkin bisa terjadi karena pengaruh ban mobil yang terlalu besar atau karena mobil sebelumnya pernah mengalami kecelakaan yang dapat menyebabkan long tie rod bengkok.

Karet Pembungkus Ball Joint Sobek

Bahkan tie rod mobil juga bisa rusak hanya karena karet pembungkus ball joint sudah pecah atau robek. Hal terseut karena bagian ini merupakan salah satu bagian yang berperan cukup penting untuk bisa menjaga pelumas didalam ball joint tidak bocor.

Cara Memperbaiki Tie Rod Mobil

Cara Memperbaiki Tie Rod Mobil

Sebenarnya untuk memperbaiki tie rod mobil bisa dibilang cukup mudah, namun akan lebih maksimal bila di kerjakan oleh para montir berpengalaman yang ada di bengkel kepercayaan kalian. Dan biasanya hal-hal berikut ini yang akan dilakukan untuk memperbaiki tie rod mobil.

  1. Mendongkrak mobil pada bagian roda depan, kemudian kalian goyangkan bagian roda ke sisi kanan dan kiri untuk melihat apakan kondisi roda oblak atau tidak. Jika ya maka bisa dipastikan tie rod bermasalah.
  2. Kemudian kalian juga bisa mencoba untuk memutar setir ketika roda depan kalian angkat dengan dongkrak mobil. Jika terasa berat maka bisa dipastikan tie rod aman, namun jika kalian puter setir justru terasa enteng maka tie rod bermaslah karena ball jont yang sudah mulai rusak.
  3. Kemudian kalian juga bisa melihat pada bagian karet pembungkus ball joint, pastikan bahwa kondisi karet tersebut baik mengingat karet ini menjadi wadah untuk pelumas ball joint.
  4. Dan jika semua cara memperbaiki tie rod mobil diatas sudah kalian lakukan, namun tidak ada hasil. Kalian dapat memperbaikinya dengan cara menggani dengan yang baru.

Nah itulah kiranya informasi seputar tie rod mobil yang bisa otoflik.com rangkum dan bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan adanya informasi diatas kalian akan dapat memahami fungsi dari komponen tersebut. Dan pastinya, semoga informasi ini juga bisa menjadi referensi yang menarik untuk kalian simak.

Tags: