7 Komponen Kaki Kaki Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap 2020

Komponen Kaki Kaki Mobil – Menggunakan kendaraan roda empat atau mobil sebagai sarana transportasi jarak jauh sepertinya menjadi hal yang cukup tepat untuk digunakan. Akan tetapi sebelum digunakan, tidak ada salahnya kalian cek terlebih dahulu seluruh bagian mobil dan memastikan seluruh komponen dalam keadaan yang baik.

Hal tersebut tentu bertujuan untuk bisa mendapatkan kenyamanan dan juga keamanan yang maksimal selama berkendara. Dan umumnya bagian terpenting dari kendaraan yang harus dilakukan pengecekan sebelum bepergian jarak jauh adalah bagian kaki kaki mobil. Pasalnya bagian ini merupakan bagian yang cukup fatal jika terjadi kerusakan.

Selain dapat menghambat perjalanan, perbaikan kaki-kaki mobil pun bisa dibilang tidak terlalu mudah terkecuali penggantian roda yang kempes ataupun bocor. Maka dari itu perawatan mobil untuk keseluruhan bagian dan komponen menjadi hal yang paling penting untuk selalu dilakukan.

Nah bicara mengenai kaki-kaki mobil, pada kesempatan kali ini otoflik.com akan membagikan informasi terkait komponen kaki-kaki mobil beserta fungsinya dan juga ciri kerusakan yang biasanya terjadi pada bagian kaki kaki mobil depan dan belakang serta tips cara memperbaiknya.

Komponen Kaki Kaki Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap

Komponen Kaki Kaki Mobil Beserta Fungsinya

Untuk itu bagi kalian yang tertarik menyimak informasi terbaru otoflik.com kali ini serta penasaran dan ingin mengetahui apa saja komponen kaki kaki mobil, silahkan simak info lengkapnya berikut ini.

Komponen Kaki-Kaki Mobil & Fungsinya

Seperti yang kami jelaskan diatas, kaki kaki mobil merupakan salah satu bagian yang cukup penting untuk membuat perjalanan kalian terasa lebih nyaman dan aman. Dan umumnya kaki-kaki mobil sendiri terdiri dari beberapa komponen lain yang saling terhubung. Dan berikut adalah beberapa komponen kaki kaki mobil beserta fungsinya.

1. Roda Mobil

Roda Mobil

Roda atau ban mobil merupakan komponen kaki kaki mobil yang memiliki peranan paling utama dalam sebuah kendaraan. Roda sendiri menjadi bagian yang mungkin paling mudah dilihat, dan apapun jenis kendaraan pasti memiliki roda. Adapun beberapa fungsi roda atau ban pada sebuah mobil yaitu sebagai :

  1. Penahan seluruh berat kendaraan.
  2. Bantalan yang menghubungkan langsung antara permukaan jalan dan juga kendaraan.
  3. Menjadi pengatur kenyamanan laju kendaraan pada saat berada pada permukaan jalan yang tidak rata.
READ  15 Harga Motor Mini Terbaik dan Terbaru Paling Aman 2020

Dengan menggunakan ban atau roda yang umumnya memiliki bentuk bulat, tentu saja membuat laju kendaraan akan terasa lebih nyaman. Dengan begitu ban menjadi komponen kaki kaki mobil yang penting untuk selalu di cek kondisinya sebelum perjalanan kalian mulai. Nah roda atau ban mobil sendiri terdiri dari dua jenis yaitu :

  1. Ban TubeType, ini merupakan jenis ban yang memiliki beberapa bagian penting yaitu ban luar, ban dalam, velg dan juga pentil.
  2. Ban Tubeless, sementara jenis ini biasanya hanya terdiri dari ban luar, velg dan pentil.

2. Shockbreaker (Suspensi)

Shockbreaker Mobil

Kemudian komponen kaki kaki mobil yang selanjutnya adalah Shockbreaker atau Suspensi. Fungsi utama dari shockbreaker yaitu sebagai peredam kejut atau getaran yang terjadi pada saat kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak rata sehingga membuat pengemudi dan penumpang bisa lebih nyaman.

Letak dari suspensi atau shockbreaker sendiri terletak diantara roda dan juga rangka bodi mobil. Sementara itu shocbreaker atau suspensi juga dibuat dan digunakan sesuai dengan jenis kendaraan, karena pada teknik otomotif sendiri terdapat berbagai macan jenis suspensi pada kendaraan seperti rigid dan juga independent.

3. Ball Joint

Ball Joint Mobil

Lalu komponen kaki kaki mobil yang selanjutnya adalah Ball Joint, yang dimana komponen ini memiliki fungsi sebagai sumbu roda ketika kendaraan akan berbelok. Selain itu fungsi Ball Joint pada mobil adalah sebagai penghubung antar knuckle roda dengan sayap atau arm.

Dengan begitu komponen Ball Joint ini bisa dibilang merupakan komponen yang cukup vital jika terjadi kerusakan, karena bisa menyebabkan bunyi-bunyi yang tidak di inginkan seperti gludug-gludug saat mobil berjalan. Terutama ketika melewati jalan yang tidak rata.

4. Bushing

Mungkin bagi kalian yang tidak terlalu paham dengan otomotif akan asing mendengar komponen kaki kaki mobil bernama Bushing ini. Namun kalian tidak perlu lagi merasa bingung, karena otoflik.com akan menjelaskannya secara lengkap disini.

Bushing merupakan komponen yang terbuat dari karet yang memiliki fungsi utama untuk dapat meredam getaran ketika mobil berjalan agar tidak mengganggu komponen logam yang lain. Dan pada umumnya bushing terdiri dari dua jenis yang berbeda yaitu :

READ  20 Kode Plat Nomor Belakang Seluruh Daerah di Indonesia 2020
1. Bushing Arm

Bushing Arm Mobil

Bushing Arm sendiri merupakan komponen kaki kaki mobil yang berbentuk selongsong besi namun sudah di lengkapi dengan adanya karet. Yang dimana fungsi dari Bushing Arm adalah sebagai titik tumpu dari roda dengan lengan pencengramannya serta seabgai peredam getaran pada bagian sambungan antara komponen suspensi yang terbuat dari bahan logam.

2. Bushing Stabiliser

Bushing Stabiliser Mobil

Lalu jenis Bushing pada mobil yang selanjutnya adalah Bushing Stabiliser. Fungsi utama dari komponen kaki kaki mobil yang satu ini tidaklah jauh berbeda dengan bushing arm. Hanya saja komponen ini terletan dibagian link stabilizer yang akan menjadi penyeimbang suspensi kanan dan suspensi kiri. Jika terjadi masalah pada komponen ini biasanya akan terdengar suara gemuruh saat mobil di rem.

5. Bearing (Laher)

Bearing Kaki Kaki Mobil

Selain diatas, ada juga komponen kaki kaki mobil bernama Bearing atau yang sering disebut masyarakat dengan nama Laher. Seperti yang kita semua ketahui Bearing pada kaki kaki mobil merupakan komponen yang berfungsi sebagai bantalan pada roda.

Yang dimana komponen ini sangat berpengaruh pada putaran roda dan juga kesetabilan laju kendaraan. Bahkan biasanya jika komponen ini rusak akan membuat mobil bunyi kletek-kletek pada bagian roda. Yang tentu saja akan menyebabkan perjalanan tidak akan terasa nyaman.

6. Tie Rod

Tie Rod Mobil

Dan komponen kaki-kaki mobil yang terakhir adalah Tie Rod. Komponen ini merupakan komponen yang langsung berhubungan dengan sistem setir mobil. Dimana komponen ini akan bisa membuat mobil bisa bergerak ke arah kanan dan ke arah kiri sesuai dengan pengendalian kemudi.

Jika terjadi kerusakan pada bagian Tie Rod mobil, tentu saja hal yang akan terganggung paling awal adalah sistem kemudi yang akan bisa dirasakan oleh pengemudi. Nah untuk mengetahui lebih jauh tentang komponen ini, silahkan kalian baca artikel mengenai fungsi Tie Rod mobil yang sudah kami bagikan sebelumnya.

Bagaimana apakah sudah jelas dan paham sekarang mengenai komponen kaki kaki mobil beserta fungsi dari masing-masing bagian tersebut? Semoga dengan membaca dan menyimak informasi yang otoflik.com sampaikan diatas kalian sudah bisa paham mengenai bagian-bagian penting pada kaki-kaki mobil beserta fungsinya.

Tags: ,