10 Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Saat di Gas & Cara Mengatasi

Mobil Bunyi Kletek Kletek Saat di Gas – Kenyamanan berkendara menjadi hal paling utama yang harus selalu diperhatikan. Berkendara dengan tingkat kenyamanan yang baik tentu saja akan membuat kalian lebih merasa tenang. Terlebih ketika kalian ingin mengajak mobil untuk perjalanan jarak jauh.

Pasalnya kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi ketika mobil terus di geber dengan medan jalan yang bermacam-macam. Bisa jadi ketika mesin tidak kuat membuat mobil mogok atau bisa juga mesin mobil tiba-tiba bunyi kletek-kletek pada saat di gas. Hal ini tentu saja akan membuat perjalanan terganggu.

Maka dari itu salah satu hal paling wajib dan paling penting sebelum bepergian baik itu dekat atau jauh kondisi mobil benar-benar harus kalian perhatikan. Sebab ada banyak sekali penyebab yang membuat mesin mobil gagal bekerja atau mengalami kendala seperti halnya keluar bunyi kletek kletek pada saat mobil di gas.

Apabila sudah seperti itu, maka penelusuran mobil bunyi kletek kletek saat digas biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, karena ada beberapa bagian yang harus diperiksa kondisinya. Bunyi kletek-kletek pada mesin mobil pun bisa saja terjadi pada saat kondisi mesin panas atau bahkan pada saat mesin dingin sekalipun.

Penyebab & Cara Mengatasi Mobil Bunyi Kletek Kletek Saat di Gas

Penyebab Mesin Bunyi Kletek Kletek Saat di Gas

Bahkan bisa juga terjadi ketika putaran mesin berada di rpm rendah dan rpm tinggi. Hal tersebut akan bisa terjadi apabila mobil kurang perawatan mengingat banyak sekali penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek saat di Gas. Apa saja itu dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya ? berikut otoflik.com rangkumkan beberapa penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Mobil Bunyi Kletek-Kletek Saat di Gas

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, ada beberapa penyebab yang membuat mesin mobil mengeluarkan bunyi kletek-kletek saat di gas ataupun saat berada pada putaran mesin rendah. Berikut ada beberapa masalah yang mungkin menjadi faktot utama penyebanya.

1. Celah Katup Terlalu Lebar

Celah Katup Terlalu Lebar

Celah katup yang sudah terlalu lebar menjadi salah satu penyebabnya. Ini bisa dibilang menjadi hal yang wajar dan lumrah serta umum dialami oleh banyak pemilik mobil. Lalu apa sih yang membuat klep renggang?

tentunya saja karena penggunaan yang sudah lama dan juga karena komponen camshaft dan rocker arm shaft sudah mengalami keausan.

Semakin renggang celah katup pada mesin mobil tentu saja akan membuat terdengarnya bunyi kletek-kletek pada saat mobil berjalan dan digas. Bahkan suaranya akan terdengar semakin nyaring apabila rpm semakin tinggi.

READ  35 Harga Motor Bebek Murah dan Terbaru 2020

2. Engine Knocking

Engine Knocking

Selain masalah kerengganan katup pada mesin mobil, bunyi kletek-kletek yang terdengar dibagian mesin mobil juga bisa dikarenakan adanya Engine Knocking atau sering disebut banyak orang dengan istilah ngelitik. Hal ini biasanya terjadi apabila ruang pembakaran tidak mendapatkan asupan bahan bakar yang baik.

Yang dimana seperti kita ketahui baik tidaknya bahan bakar diukur dari kandungan oktan yang ada. Semakin rendah kandungan oktan tersebut akan membuat pembakaran diruang bakar tidak akan terjadi secara sempurna. Sehingga membuat mesin seperti mengeluarkan bunyi kletek-kletek.

Adapun beberapa ciri-ciri mobil mengalami masalah Engine Knocking antara lain :

  • Bunyi kletek-kletek terdengar saat putaran mesin berada pada rpm rendah.
  • Bebunyian tersebut terdengar pada area blok silinder.
  • Dan bunyi kletek-kletek tersebut akan tidak terlalu keras pada saat mesin digas.

3. Main Bearing dan Conrod Bearing Aus

Main Bearing dan Conrod Bearing Aus

Berkedara dengan kondisi mesin mobil yang mengeluarkan bunyi tidak enak didengar tentu saja akan membuat kita tidak akan nyaman. Maka dari itu perawatan mobil benar-benar harus selalu dilakukan secara berkala. Bicara mengenai hal tersebut selain dua penyebab diatas, mobil bunyi kletek kletek saat di gas juga bisa terjadi karena Main Bearing dan Conrod Bearing aus.

Yang dimana Main Bearing atau metal duduk sendiri berfungsi sebagai penopang komponen crankshaft sedangkan Conrod Bearing atau metal jalam berfungsi sebagai penopang connecting rod atau stang seher. Jadi ketika dua bantalan ini aus maka mesin mobil pun akan mengeluarkan bunyi kletek-kletek saat digas karena getaran yang ada.

Akan tetapi suara tersebut tidak akan terlalu nyaring apabila mobil berada pada putaran mesin atau rpm rendah. Namun sura tersebut akan semakin nyaring ketika putaran mesin tinggi atau saat kalian injak pedal gas.

4. Auto Klep Sudah Lemah

Auto Klep Sudah Lemah

Penggunana klep auto memang sekarang ini sudah banyak di aplikasikan pada kendaraan, terutama pada mobil keluaran baru yang ada saat ini. Penggunaan klep jenis ini membuat kita tidak perlu lagi melakukan penyetelan klep secara berkala karena pengaturan celah klep akan dilakukan secara otomatis.

Komponen auto klep atau yang sering disebut dengan nama Hydraulic Lash Adjuster atau Auto Lash Adjuster yang terpasang pada bagian rocker arm agar bisa langsung terhubung ke bagian klep. Lalu kenapa dengan penggunana sistem pengaturan celah klep yang sudah otomatis ini mesin tetap mengeluarkan bunyi kletek-kletek?

Hal tersebut biasanya terjadi karena spring atau pegas yang ada didalam komponen tersebut sudah lemah karena penggunaan yang sudah cukup lama. Dengan begitu daya pegas yang dimiliki sudah mulai melemah yang mengakibatkan kerapatan celah klep dan rocker arm merenggang dan membuat mesin mobil bunyi kletek kletek saat di gas.

5. Rusaknya Flange Flywheel

Rusaknya Flange Flywheel

Untuk pemilik mobil matic yang saat ini sedang mengalami mesin mobil mengeluarkan bunyi kletek-kletek pada saat di gas bisa saja dikarenakan rusaknya komponen Flange Flywheel yang ada. Yang dimana komponen ini merupakan bagian dimana Torwye Converter dipasang.

READ  8 Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic & Diesel Yang Benar

Rusaknya komponen ini biasanya terlihat pada bagian plat yang dimiliki. Baik itu pecah ataupun yang lainnya seperti bergerak dan bergeser sehingga menyentuh bagian bodi mesin. Hal tersebut tentu saja akan membuat mobil akan terdengar bunyi kletek-kletek saat di gas.

6. Damper Pulley Oleng

Damper Pulley Oleng

Seperti yang kita semua ketahui, pada rangkaian mesin mobil terdapat banyak sekali bagian atau komponen yang diletakan untuk saling berhubungan. Hal tersebut dibuat untuk membuat langkah kerja atau cara kerja dari mesin dapat bekerja dengan sebaik-baiknya.

Bicara mengenai hal ini, salah satu penyebab mesin mobil mengeluarkan bunyi kletek-kletek juga bisa terjadi karena salah satu komponen mesin yang bernama Damper Pulley (Puli Chrankshaft) mengelami pergeseran atau oleng. Apabila hal ini terjadi biasnya akan mengenai bodi cover timing chain mengingat karet damper pecah atau rusak.

7. Silinder Kemasukan Benda Keras

Silinder Kemasukan Benda Keras

Penyebab lain yang membuat mesin mobil bunyi kletek-kletek bisa jadi karena silinder kemasukan benda keras. Mungkin hal ini akan jarang sekali kita jumpai, namun pada beberapa kasus hal ini juga menjadi salah satu penyebabnya.

Lalu apa sih benda keras yang bisa masuk ke bagian silinder ? Bisa jadi pecahan keramik dari kepala busi yang pecah dan jatuh ke dalam ruang silinder, sehingga proses pembakaran tidak sempurna sekaligus membuat mesin mengeluarkan bunyi kletek-kletek.

Cara Mengatasi Mobil Bunyi Kletek Kletek Saat di Gas

Cara Mengatasi Mobil Bunyi Kletek Kletek Saat di Gas

Itulah beberapa penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek saat di gas ataupun saat putaran mesin rendah yang mungkin saja menjadi masalahnya. Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Ada beberapa tips yang bisa kalian gunakan diantaranya :

  1. Ketika katup mesin renggang atau terlalu lebar, maka cara mengatasi masalah yang satu ini bisa dengan melakukan penyetelan ulang celah katup sesuai dengan jenis dan spesifikasi mobil.
  2. Sementara, jika bunyi kletek-kletek pada mesin mobil terjadi karena Engine Knocking, silinder kemasukan benda keras atau damper pulley oleng, maka bisa kalian atasi dengan melakukan tune up mobil dan gunakan bensin dengan oktan tinggi.
  3. Jika bunyi tersebut dikarenakan Main Bearing dan Conrod Bearing aus, auto klep sudah lemah, atau rusaknya flange flywheel maka kalian perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Bagaimana sudah jelaskan sekarang apa saja penyebab mesin mobil bunyi kletek kletek saat di gas dan bagaimana cara mengatasinya ? Jika mobil flikermania mungkin sedang mengalami hal tersebut, maka tidak ada salahnya untuk mengikuti panduan yang kami sampaikan diatas. Dan kiranya sekian informasi yang bisa kami sampaikan semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi wacana yang menarik untuk kalian simak.

Tags: ,