Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Rem Mobil Bunyi – Mobil memang sebuah kendaraan yang cukup populer saat ini, banyak sekali warga masyarakat yang menginginkan sebuah mobil dengan kenyamanan dan keamanan terbaik. Maka tak heran jika setiap pabrikan mobil dunia menghadirkan beragam mobil dengan fasilitas dan keamanan terbaik untuk memenuhi permintaan para konsumennya. Kenyamanan dalam berkendara ini bukan hanya kita dapatkan pada bagian interior atau bagian dalam mobil seperti tempat duduk, AC, dan lainnya.

Akan tetapi keamanan dan kenyamanan tersebut juga harus tak lepas dari bagian kaki-kaki mobil. Bagian tersebut biasanya sering terdapat kendala seperti rem mobil bunyi, kemudian bagian lainnya yang kadang mengeluarkan bunyi berisik dan berdecit. Nah jika sudah seperti itu pastinya akan sangat mengganggu kita ketika sedang bepergian keluar kota atau mungkin hanya berlibur ke tempat lokal di daerah kita. Maka dari itu disini kami akan memberikan informasi terkait apa penyebab rem mobil bunyi dan juga cara mengatasinya.

Penyebab rem mobil bunyi ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena kampas rem kotor. Hal ini perlu diperhatikan agar keamanan dan kenyamanan berkendara selalu terjaga. Penyebab rem kotor ini cukup wajar karena dijalanan banyak debu yang menempel apalagi ketika musim hujan, kampas rem akan lebih kotor lagi. Maka dari itu usahakan untuk selalu mengecek bagian-bagian tersebut agar terhindar dari kerusakan dan bunyi berdecit.

Selain rem kotor, masih ada beberapa penyebab lain yang menjadi penyebab rem mobil bunyi. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai penyebab rem mobil bunyi dan cara mengatasinya yang dapat langsung kalian simak berikut ini.

READ  Speedometer Motor Mati dan Goyang ? Begini Cara Memperbaikinya

Daftar Isi

Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Cara Mengatasinya

1. Rem Kotor

Seperti yang sudah kita singgung di paragraf atas bahwa penyebab utama rem mobil bunyi adalah dikarenakan rem tersebut sudah kotor. Hal ini mengingat mobil memang selalu melintas dijalanan yang sudah pasti banyak debu yang menempel di setiap bagian kaki-kaki mobil termasuk rem. Disamping itu juga hujan menjadi penyebab utama mengapa rem mennjadi kotor. Dimana banyak genangan air serta lumpur yang dapat menempel dan nantinya kotoran tersebut akan menjadi keras yang akan menjadikan rem menjadi bunyi berdecit ketika melakukan pengereman.

Nah untuk mengatasinya, kalian dapat membawa mobil kalian ke cucian mobil agar mobil kembali bersih hingga bagian kaki-kakinya. Disamping itu kalian juga dapat menggunakan cairan khusus untuk membersihkan bagian kampas rem mobil. Namun akan lebih baik lagi jika kalian membawanya ke bengkel resmi agar sistem pengereman dapat dicek dan dibersihkan seluruh bagiannya.

2. Sistem Rem Macet

Selain rem kotor, penyebab lain yang menjadi penyebab rem mobil bunyi adalah adanya sistem rem yang macet. Sitem rem yang macet tersebut dikarenakan piston rem sudah tidak dapat bergerak dengan baik atau mengalami kerusakan yang parah. Maka ketika rem diinjak, kampas rem tidak dapat bekerja dengan sempurna. Selain itu juga ketika pedal dilepas mobil masih terasa sedikit berat dan mengeluarkan bunyi yang berisik karena piston rem tidak kembali ke posisi sebelumnya.

Nah untuk mengatasinya, kalian dapat mengganti karet piston rem mobil tersebut dengan yang baru atau dengan cara membersihkan bagian permukaan piston rem tersebut.

READ  7 Cara Melepas Stiker di Motor, Mudah dan Cepat

3. Kampas Rem Aus

Dan penyebab rem mobil bunyi yang terakhir adalah karena menipisnya kanvas rem atau aus. Hal ini biasanya dikarenakan umur kanvas rem sudah tua. Hal ini menjadikan rem akan berbunyi ketika kita melakukan pengereman. Untuk mengatasinya kalian dapat menggantinya dengan kanvas rem yang baru agar tidak mengeluarkan bunyi berdecit ketika mobil melakukan pengereman. Kalian juga jangan lupa untuk mengecek bagian lainnya. Alangkah baiknya jika kalian membawanya ke bengkel khusus atau resmi.

Nah itulah beberapa penyebab rem mobil bunyi dan cara mengatasinya. Rem sendiri merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah mobil, maka dari itu bagi kalian yang memiliki sebuah mobil, jangan lupa untuk merawat mobil khususnya pada bagian yang satu ini karena jika terjadi kerusakan dan telat untuk memperbaikinya maka akan sangat fatal. Cara mengatasi rem mobil bunyi ini juga sama halnya dengan cara service karburator dan cara memperbaiki busi mobil.  Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga artikel yang kami informasikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: