7 Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Memperbaiki

Penyebab Rem Mobil Blong – Saat ini banyak sekali mobil yang diproduksi dengan sangat matang, mulai dari bagian interior, eksterior dan juga bagian kaki-kaki mobil yang dibuat untuk memanjakan para konsumen, khususnya di Indonesia ini. Kenyaman dan keamanan untuk sebuah kendaraan roda empat memang yang utama, mengingat konsumen saat ini tentunya akan lebih memilih mobil dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang baik. Berbicara mengenai keamanan, kita pasti langsung tertuju kepada bagian interior mobil, akan tetapi bukan itu saja, melainkan ada salah satu bagian yang paling utama, yakni sistem pengereman.

Rem sendiri merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah mobil. Dimana kita dapat memberhentikan mobil atau mengurangi kecepatan dengan menekan pedal rem yang berada di bawah. Maka dari itu kita harus selalu mengecek atau merawat bagian yang satu ini secara rutin agar kondisi rem selalu stabil dan bekerja dengan maksimal ketika kita tekan pedalnya. Namun ada beberapa kasus yang sering kita temui pada bagian ini, seperti rem mobil bunyi berdecit dan yang paling sering adalah rem mobil blong. Dan penyebab rem mobil blong ini ada beberapa yang wajib kalian ketahui. seperti salah satunya adalah kanvas rem yang sudah aus.

Kanvas rem yang sudah aus ini harus cepat diganti agar sistem pengereman dalam bekerja dengan maksimal. Jadi kita tidak perlu khawatir ketika membawa mobil untuk bepergian jauh ke luar kota atau keluar daerah. Selain itu, penyebab rem mobil blong juga dikarenakan minyak rem yang sudah habis. Kondisi seperti ini mungkin masih dapat kita tanggulangi dengan cepat, yakni dengan membeli minyak rem dengan kualitas terbaik di bengkel terdekat. Untuk penggunaan minyak rem juga kalian dapat menggunakkan minyak rem dengan kode DOT 3 atau DOT 4 tergantung dengan jenis mobil yang kalian miliki.

Selain penyebab diatas, ada beberapa penyebab lain yang dapat kalian pahami dan ketahui serta bagaimana cara memperbaikinya. Baiklah daripada penasaran mengenai penyebab rem mobil blong, dibawah ini kami telah menyiapkan sejumlah informasi menarik mengenai penyebab rem mobil blong dan cara mengatasinya yang dapat kalian simak berikut ini.

READ  Persneling Mobil Matic dari Fungsi dan Cara Pakai Yang Benar

Daftar Isi

Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Memperbaiki

Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Memperbaiki

Penyebab Rem Mobil Blong dan Cara Memperbaiki

1. Minyak Rem Habis

Penyebab rem mobil blong yang pertama akan kita bahas adalah karena minyak rem sudah habis. Minyak rem dengan kualitas yang kurang baik tentunya akan membuat rem bekerja dengan tidak maksimal. Hal ini dikarenakan proses penerusan tenaga yang dilakukan oleh minyak rem tersebut. Untuk menanggulangi hal ini kalian dapat memeriksa kualitas minyak rem secara rutin, entah itu seminggu sekali atau sebulan sekali. Kalian juga harus segera mengisi kembali minyak rem tersebut agar rem dapat bekerja dengan maksimal.

2. Kanvas Rem Aus

Keausan pada sebuah kanvas rem ini tentunya akan menjadikan pengereman menjadi kurang maksimal atau pakem. Jika tingkat keausan sudah sangat parah, hal ini akan mengakibatkan rem blong dan alhasil kita tidak dapat mengontrol laju kendaraan, malah nantinya akan ada hal yang tidak diinginkan. Apabila kanvas sudah aus alangkah baiknya jika kalian langsung pergi ke bengkel untuk segera menggantinya dengan yang baru.

3. Vapour Lock

Penyebab rem mobil blong yang ketiga adalah Vapour Lock. Vapour Lock sendiri adalah menguapnya minyak rem yang disebabkan oleh pengaruh suhu yang terlalu panas. Dengan demikian maka minyak rem akan mendidih dan menimbulkan gelembung udara/uap di dalam sistem rem tersebut. Namun kalian tidak perlu khawatir, untuk penanggulangannya kalian dapat mengecek secara rutin di bengkel resmi.

4. Sistem Pengereman Mengalami Kebocoran

Sistem pengereman bocor juga menjadikan penyebab rem mobil blong. Hal ini perlu kalian waspadai karena akan sangat fatal bila terjadi. Maka dari itu pengecekan atau perawatan mobil secara rutin memang perlu, terlebih jika mobil kita sering digunakan untuk bepergian jarak jauh. Biasanya kebocoran tersebut ada pada master rem dan beberapa komponen lain yang ada di dalam sistem pengereman tersebut.

READ  3 Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Harus Anda Ketahui

5. Piston Rem Rusak

Piston rem juga masuk dalam sistem pengereman, yang mana jika piston rem rusak maka kinerja dari rem tersebut tentunya akan kurang maksimal dan menyebabkan rem menjadi blong. Piston yang rusak atau aus ini akan membuat tidak mampu lagi meneruskan tekanan hidraulis dari pedal rem untuk menekan kanvas rem sehingga pengereman kurang maksimal atau bahkan blong.

6. Slang Minyak Rem Tersumbat

Penyebab rem mobil blong yang selanjutnya adalah terjadinya penyumbatan pada slang minyak rem. Tersumbatnya slang minyak rem ini biasanya dikarenakan oleh terlalu banyaknya kotoran yang terkandung pada minyak rem, dan minyak rem yang kotor juga disebabkan oleh masuknya kotoran melalui tangki cadangan. Selain itu buruknya kualitas minyak rem juga dapat menjadi penyebab minyak tersebut kotor. Maka dari itu pilihlah minyak rem dengan kualitas yang paling baik agar tidak terjadi hal seperti ini.

7. Seal Piston Master Silinder Rusak, Aus atau Sobek

Dan penyebab rem mobil blong yang terakhir adalah rusaknya seal piston master silinder pada sistem pengereman. Biasanya hal ini dikarenakan usia seal piston yang sudah lama atau tua ditambah lagi dengan buruknya kualitas minyak rem yang digunakan. Maka dari itu jaga kualitas minyak rem dan selalu cek secara rutin kondisi minyak rem dan sistem pengereman lainnya.

Nah itulah beberapa pembahasan mengenai penyebab rem mobil blong serta cara memperbaikinya. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua. Kalian juga dapat membaca artikel lain mengenai Fungsi Turbocharger dan Manfaat pada Mesin Diesel di postingan sebelumnya. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: