√ Lampu Rem Mobil Nyala Terus ? Ini Penyebab & Cara Mengatasi

Lampu Rem Mobil Nyala Terus – Mobil merupakan sebuah jenis kendaraan dengan sistem kelistrikan yang bisa dibilang begitu rumit dan banyak. Hanya para mekanik profesional yang tentu sudah begitu paham jalur, fungsi dan warna kabel di dalam rangkaian kelistrikan pada sebuah mobil.

Advertisements

Bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan multimedia di dalam kabin. Sistem kelistrikan pada kendaraan roda empat juga dibuat untuk dapat memberi kenyamanan serta keamanan dalam berkendara bagi para penumpang termasuk pengemudi mobil itu sendiri.

Kenapa kami sebut sebagai bagian dari sistem keamanan dan kenyamanan?. Karena dengan adanya sistem kelistrikan di dalam sebuah mobil. Maka sistem penerangan, informasi pada panel indikator serta juga lampu peringatan, dan juga lampu rem pun akan bisa berfungsi dengan baik.

Advertisements

Dalam rangkaian kelistrikan tersebut, bukan hanya sekedar baterai (aki) dan juga bohlam lampu a/ LED saja. Namun masih ada banyak sekali komponen-komponen pendukung serta pelengkap untuk membuat fungsi setiap bagian yang terhubung ke sistem kelistrikan dapat bekerja dengan semestinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Lampu Rem Mobil Nyala Terus

Namun, nyatanya dari beberapa kasus. Banyak sekali para pemilik mobil cukup mengeluhkan ketika lampu rem mobil nyala terus. Mengingat ketika kondisi lampu rem terus menyala, otomatis itu sama sekali tidak akan memberi peringatan pada kendaraan lain yang tepat berada di belakangnya.

Penyebab Lampu Rem Mobil Nyala Terus

Penyebab Lampu Rem Mobil Nyala Terus

Lampu rem masuk ke dalam daftar JENIS LAMPU MOBIL UTAMA tentu saja sudah seharusnya punya kinerja yang baik untuk tetap membuat rasa nyaman dan aman berkendara tetap terjaga. Sayangnya seperti di atas otoflik singgung.

Ternyata kasus lampu rem mobil nyala terus juga menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Tidak heran ada begitu banyak pemilik mobil mencari informasi mengenai penyebab lampu rem mobil yang terus nyala.

READ  25 Harga Rem Brembo Motor dan Mobil Murah & Terbaru 2021

Apabila kalian merupakan salah satu dari beberapa orang tersebut, maka tepat sekali ada pada artikel ini. Karana sebelum membahas mengenai  cara mengatasi lampu rem mobil nyala terus. Dibawah ini akan otoflik jelaskan beberapa indikasi yang menjadi faktor utama lampu rem mobil terus menyala.

  1. Penyebab paling sering dialami para pemilik mobil ketika mengalami masalah serupa yakni karena adanya masalah pada Short Circuit.
  2. Selain itu kondisi lampu rem mobil terus nyala meskipun tanpa pedal rem diinjak juga bisa disebabkan karena adanya masalah pada dudukan switch rem.
  3. Kemudian indikasi faktor lain penyebab rem pada mobil terus nyala yakni dikarenakan karet penahan switch rem lepas.

Ketika kondisi karet penahan tersebut lepas, maka otomatis switch rem yang seharusnya tidak terhubung saat pedal rem tidak terinjak akan terus terhubung. Dari beberapa penyebab di atas, lantas bagaimana cara mengatasi lampu rem mobil nyala terus?.

Cara Mengatasi Lampu Rem Mobil Nyala Terus

Untuk kalian yang penasaran dan ingin mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Maka kami sangat menyarankan untuk terus menyimak artikel ini sampai akhir agar masalah lampu rem mobil nyala terus bisa kalian atasi dengan mudah. Adapun beberapa cara untuk dapat mengatasi masalah ini antara lain.

Advertisements

1. Mengganti Switch Rem

Mengganti Switch Rem

Jika mengacu pada penyebab lampu rem mobil nyala terus pada poin pertama di atas. Maka satu-satunya cara untuk dapat kalian pakai yaitu dengan mengganti switch rem yang rusak tersebut dengan switch rem baru.

Karena dengan kondisi short circuit yang di akibatkan karena switch rem sudah aus seiring usia pakai yang sudah lama. Biasanya per di bagian dalam switch sudah tidak lagi lentur. Alhasil jika gaya tekan terjadi, maka switch tidak akan kembali dan membuat lampu rem nyala terus.

2. Lakukan Penyetelan Ulang Dudukan Switch Rem

Penyetelan Ulang Dudukan Switch Rem

Masih mengacu pada penyebab di atas, seringnya lampu rem mobil nyala terus memang diakibatkan karena dudukan switch rem sudah mulai keluar jalur. Selain melakukan penggantian dudukan dengan kondisi baru. Ternyata jika memang ini menjadi penyebab utamanya, kalian masih bisa mengatasinya dengan cara lain.

READ  √ 12 Jenis Ban Mobil Beserta Fungsi dan Bentuk Alur Terlengkap 2021

Dimana cara lain tersebut yakni dengan melakukan penyetelan ulang pada bagian dudukan switch rem tersebut. Untuk melakukan penyetelan pun bisa dibilang sangat mudah dilakukan, kalian cukup melakukan :

  • Pertama silahkan kendorkan baut pengunci switch rem yang terdapat pada mobil kalian.
  • Kemudian silahkan putar switch rem ke bagian luar dengan tujuan untuk membuat posisi switch mendekati pedal rem.
  • Apabila sudah dilakukan kami sangat menyarankan agar tidak terburu-buru untuk merangkainya kembali seperti semula.
  • Namun sebaiknya lakukan uji coba lebih dulu dengan menginjak dan melepas pedal rem secara perlahan. Jika kondisinya sudah normal barulah kalian susun kembali seperti saat kalian melepasnya.

3.  Ganti Ulang Karet Penahan

Ganti Ulang Karet Penahan

Sementara jika lampu rem mobil terus nyala dan tidak bisa mati dikarenakan adanya kerusakan pada bagian karet penahan yang ada di saklar rem. Maka  kalian tidak perlu khawatir, karena hal ini cukup mudah mengatasinya. Kalian cukup buat ulang karet penahan menggunakan barang bekas.

  • Pertama siapkan karet penahan (dari karet ban dalam motor/mobil) atau bisa juga baut & mur ukuran 8 mm dengan panjang sekitar 1 cm.
  • Lepas dek yang mungkin menghalangi saklar rem, silahkan lepas terlebih dahulu.
  • Hidupkan mesin agar pada saat proses pendorongan pedal rem tidak berat.
  • Setelah pedal rem terdorong sampai lubang di bagian penahan terlihat, segera masukan baut 8 mm / karet penahan yang sudah kalian siapkan.
  • Lanjutkan dengan kancing menggunakan mur dan pastikan bahwa posisi baut dibuat menghadap switch rem.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya tips yang dapat flikermania gunakan untuk membantu mengatasi masalah saat lampu rem mobil nyala terus dan tidak bisa mati lengkap dengan penjelasan penyebab utamanya. Semoga lewat penjelasan otoflik.com diatas kini masalah terkait lampu rem yang tidak bisa mati dapat teratasi.

Advertisements

Tags: , , ,