7 Cara Pasang Relay Lampu Mobil 4 Kaki Terbaru 2020

Cara Pasang Relay Lampu Mobil – Dalam rangkaian kelistrikan pada sebuah kendaraan baik itu sepeda motor atau mobil. Mungkin kita akan selalu menemukan komponen bernama relay. Komponen ini memegang peranan penting di dalam sistem kelistrikan sebuah kendaraan.

Pasalnya fungsi relay sendiri cukup banyak kita manfaatkan, terutama dalam rangkaian kelistrikan sebuah kendaraan bermotor. Salah satu fungsi relay pada mobil adalah sebagai jembatan penghubung atau saklar antara aki sebagai sumber tegangan dan beban.

Namun umumnya penggunaan relay pada mobil lebih cenderung pada bagian kelistrikan lampu. Tujuannya selain sebagai saklar juga untuk membuat nyala lampu lebih terang. Hal ini juga digunakan pada sepeda motor karena biasanya jika tidak ada relay akan membuat lampu redup.

Nah bicara mengenai relay lampu mobil, mungkin ada dari banyak pengguna yang menanyakan bagaimana sih cara pasang relay lampu mobil yang baik dan benar? Sebenarnya cara pasangnya cukup mudah, namun hal itu juga harus di perhatikan dari jumlah kaki yang dimiliki relay tersebut.

Panduan Cara Pasang Relay Lampu Mobil 4 Kaki Terbaru

Cara Pasang Relay Lampu Mobil 4 Kaki

Meski ada cukup banyak jenis relay pada kelistrikan mobil, akan tetapi untuk relay lampu mobil biasanya menggunakan relay 4 kaki. Untuk itu pada kesempatan kali ini otoflik akan membagikan panduan cara pasang relay lampu mobil 4 kaki lengkap dengan gambar sebagai panduannya.

Jenis Relay Pada Kendaraan

Sebelum masuk dalam pembahasan utama, seperti diatas kami singgung. Sampai dengan saat ini bisa dibilang ada cukup banyak jenis relay yang bisa kita gunakan untuk keperluan kelistrikan mobil. Dan bisa dibilang relay sendiri terbagi menjadi dua kategori yakni relay berdasarkan posisi awal dan relay berdasarkan jumlah pole dan throw.

READ  8 Cara Reset Oil NMAX Berkedip : Fungsi dan Penyebabnya

Jenis Relay Berdasarkan Posisi Awal

Jenis Relay Berdasarkan Posisi Awal

  1. Relay Normally Close atau NC : merupakanm relay yang saat kondisi sebelum diaktifkan akan berada pada posisi terhubung atau menutup.
  2. Relay Normally Oppen atau No : merupakan relay yang pada saat kondisi sebelum aktif berada pada posisi terputus atau terbuka.

Jenis Relay Berdasarkan Jumlah Pole atau Throw

Jenis Relay Berdasarkan Jumlah Pole

  1. Relay Single Pole Single Throw (SPST)
  2. Relay Single Pole Double Throw (SPDT)
  3. Relay Double Pole Double Throw (DPDT)
  4. Relay Double Pole Single Throw (DPST)

Fungsi Relay Pada Lampu Mobil

Hampir semua relay pada kendaraan memiliki fungsi utama yang hampir sama. Termasuk pada rangkaian kelistrikan lampu mobil. Nah berikut adala beberapa fungsi relay pada kelistrikan lampu mobil yang perlu kalian ketahui.

  1. Sebagai saklar untuk memutus dan menyambung beban arus yang besar dengan menggunakan arus berdaya kecil.
  2. Bisa memperpanjang saklar dan switch lampu utama.
  3. Mengamankan rangkaian kelistrikan lampu mobil.

Konstruksi Relay Lampu Mobil 4 Kaki

Konstruksi Relay Lampu Mobil 4 Kaki

Setelah mengetahui beberapa jenis dan tipe relay pada kendaraan. Berikut ini adalah konstruksi relay 4 kaki yang umumumnya di pakai dalam kebutuhan kelistrikan lampu mobil.

Seperti kalian lihat pada gambar diatas, relay lampu mobil terdiri dari empat terminal yang harus kalian pasang. Keempat terminal tersebut memiliki angka yang berbeda-beda yaitu terminal 30, terminal 87, terminal 86, dan terminal 85.

  • Terminal 30 harus di hubungkan dengan terminal positif (+) pada baterai.
  • Terminal 87 harus di hubungkan ke beban seperti halnya lampu mobil.
  • Terminal 85 harus di hubungkan ke saklar dan harus mendapatkan arus positif (+) sebagai signal.
  • Dan terminal 86 harus terhubung ke terminal massa atau ground atau negatif (-) baterai.
READ  15 Cara Mengendarai Motor Matic Dalam Kondisi Apapun

Cara Memasang Relay Lampu Mobil

Apabila sudah paham dengan struktur konstruksi, terminal dan cara kerja relay lampu mobil. Berikut ini adalah panduan cara pasang relay lampu mobil yang baik dan benar jika kalian ingin mengganti relay lampu dengan yang baru.

  1. Pertama siapkan lebih dulu satu buah relay baru sebagai pengganti relay lama.
  2. Kemudian lepas relay lampu lama yang ada pada mobil kalian.
  3. Setelah itu hubungkan terminal positif baterai ke terminal atau PIN 30 pada relay mobil dengan menggunakan kabel yang sudah dipasang skun atau konektor.
    1 Hubungkan Kabel Positif ke Terminal atau PIN 30 Relay
  4. Kemudian hubungkan PIN 87 pada relay mobil ke salah satu terminal beban utama yaitu lampu mobil dengan menggunakan kabel juga.
    2 Hubungkan Salah Satu Kabel Lampu ke PIN 87 Relay
  5. Dan pastikan juga kabel satunya lagi yang berada pada lampu atau benan sudah kalian hubungkan ke massa atau ground atau terminal negatif baterai.
  6. Selanjutnya silahkan pasang PIN 86 pada relay ke massa atau ground.
    3 Pasang PIN 86 Relay Ke Massa atau Ground Baterai
  7. Sementara PIN terakhir yaitu PIN 85 pada relay silahkan hubungkan ke switch lampu yang kalian ingin gunakan.
    4 Pasang PIN 85 Relay ke Bagian Switch Lampu

CATATAN!!!
Untuk PIN 86 dan PIN 85 kalian bisa pasang bolak balik, namun yang perlu diperhatikan yaitu PIN 87 dan PIN 30.

Itulah kiranya penjelasan tengang konstruksi dan jenis relay pada kendaraan serta panduan cara pasang relay lampu mobil yang baik dan benar untuk tipe relay dengan 4 kaki yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan. Semoga bisa menjadi referensi yang menarik untuk kalian simak.

Tags: , , ,