8 Penyebab Lampu Motor Redup dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Motor Redup – Begitu banyak bagian-bagian penting yang ada pada sebuah motor. Baik itu yang berhubungan dengan mesin, ataupun juga yang berhubungan dengan kenyamanan dan keamanan saat motor tersebut digunakan, termasuk juga lampu motor. Yang dimana bagian ini merupakan bagian yang sangat penting keberadaannya.

Selain akan membantu pencahayaan disaat berkendara di malam hari. Lampu motor juga di jadikan sebagai salah satu syarat berkendara di jalan raya disaat siang hari. Dimana peraturan tersebut mengharuskan kita untuk selalu menyalakan lampu utama meskipun kondisi siang hari. Jika tidak melakukan hal terebut maka biasanya pengendara akan di tilang.

Nah seperti diatas kami sampaikan, lampu motor yang mempunyai fungsi utama sebagai alat bantu pencahayaan saat anda berkendara di malam hari. Maka sudah sepantasnya atau idealnya harus menyala dengan terang. Namun nyala lampu motor pun biasanya terkendala dengan berbagai macam faktor yang membuatnya sedikit redup.

Bicara mengenai hal tersebut, memang ada banyak sekali faktor atau penyebab lampu motor redup yang mungkin akan bisa membingunkan kita. Namun rasa bingung atau was-was tersebut tidak perlu berlebihan karena ada pula cara mengatasi masalah lampu motor yang tidak menyala dengan terang.

Penyebab Lampu Motor Redup & Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Motor Redup Cara Mengatasi

Apa saja kiranya penyebab lampu motor redup atau tidak menyala dengan terang. Dan bagaimana juga cara mengatasinya? untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, silahkan simak info terbaru dari otoflik.com yang kali ini akan membahas penyebab dan juga cara mengatasi lampu motor yang menyala redup.

Penyebab Lampu Motor Redup

Penyebab Lampu Motor Redup

1. Jenis Bohlam Lampu

Salah satu penyebab nyala lampu motor tidak terang alias redup mungkin bisa di pengaruhi oleh kualitas dari jenis lampu bohlam yang di gunakan. Jika kendaraan anda sudah menggunakan jenis lampu LED, maka hal ini bisa dipasatikan bukanlah penyebabnya.

Namun apabila masih menggunakan jenis lampu bohlam. Silahkan anda pastikan bahwa jenis lampu bohlam yang anda gunakan sudah sesuai dengan standar pabrikan yang biasa dipakai. Mulai dari 24 watt 12 volt. 35 watt 12 volt, atau 55 watt 12 volt.

2. Mika Lampu atau Reflektor

Setiap produk baik itu elektronik ataupun otomotif tentu akan memiliki masa pakai. Jadi jika anda apa saja penyebab lampu motor redup, mungkin salah satu jawabannya adalah reflektor atau mika lampu.

Komponen ini bisa menjadi penyebab utama, karena semakin lama umur motor, maka biasanya akan membuat warna dari mika reflektor tersebut berubah menjadi buram. Pastikan juga ketika melakukan pergantian, gunakan sparepart motor yang original.

READ  105 Harga Motor Matic Terlaris Irit Murah Terbaru 2020

3. Soket Lampu Kendor

Bisa diibaratkan dengan air yang melewati sebuah pipa bocor, maka air yang keluar di ujung pun tidak akan sempurna. Hal tersebut pun juga sama pada rangkaian lampu motor, terutama pada bagian soket lampu. Dimana ketika kondisi lampu dan soket dipasang kendor.

Maka secara otomatis tegangan arus yang di kirimkan ke bohlam lampu tidak akan sempurna. Dan mungkin hal ini jugalah yang menjadi penyebab lampu motor redup nyalanya. Jadi disaat anda melakukan service ada baiknya bagian ini juga harus anda perhatikan.

4. Fitting Lampu

Selain soket lampu kendor, penyebab lampu motor redup lainnya juga bisa di karekan oleh fitting lampu yang sudah tidak layak pakai. Biasanya hal ini ditunjukan dengan adanya dudukan lampu yang terbakar di sekitar bagian tembaganya. Untuk mengembalikan nyala lampu tersebut, otomatis anda harus mengganti fitting tersebut.

5. Saklar Lampu

Menjadi salah satu komponen yang mungkin tidak terlalu di perhatikan. Ternyata soket lampu juga bisa menjadi salah satu penyebab lampu motor redup. Hal tersebut tentu selain karena masa pakai yang lama, kotoran yang terdapat pada saklar lampu seperti debu atau karat pun bisa jadi pemicunya.

Namun penyebab ini mungkin tidak akan sering kita jumpai pada jenis motor sekarang ini. Pasalnya kebanyakan motor keluaran terbaru saat ini sudah menerapkan teknologi AHO (Automatic Headlight On) yang otomatis membuat lampu motor menyala sepanjang haru tanpa adanya switch on/off.

6. Spul Penerangan

Komponen selanjutnya yang mungkin bisa menjadi penyebab utama nyala lampu motor redup adalah spul penerangan. Jadi pastikan anda untuk melakukan pengecekan pada komponen ini dengan mengukur tahanannya.

Dimana tahanan normal berada pada 0.2 – 1.2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat.┬áNamun jika saat di ukur nilai tahanan yang di hasilkan mendekati 2 ohm atau lebih. Maka bisa dipastikan bahwa spul tersebut sudah mulai lemah

7. Baterai Lemah

Pada beberapa jenis motor yang menggunakan sistem penerangan DC, tentu saja baterai atau dalam hal ini aki merupakan hal yang paling harus di perhatikan. Karena aki akan menjadi sumber tegangan utama penyuplai arus. Apabila didapati lampu motor redup bisa dikarenakan aki motor soak atau ngedrop.

Sementara itu pada motor dengan sistem penerangan AC, mungkin kondisi aki tidak harus selalu di perhatikan karena mungkin bukan menjadi penyebab lampu motor redup. Hal ini karena sumber arus penerangan yang di berikan berasal dari spul penerangan yang kami tulis diatas.

8. Kiprok Lemah

Fungsi kiprok motor adalah pengubah arus AC dari splul magnet menjadi arus DC. Maka dari itu kondisi kiprok motor juga harus dalam keadaan baik. Karena jika kiprok motor ini sudah lemah, biasanya akan ada banyak masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan. Termasuk juga pada sistem penerangan motor ini. Jadi pastikan kodnsisi kiprok selalu dalam keadaan baik.

9. Soket Lampu Karatan

Lagi-lagi soket lampu yang sering menjadi penyebab lampu motor redup. Selain karena longgar, hal lain yang juga membuat soket lampu harus segera di ganti adalah karatan. Ini jelas bisa terjadi mengingat soket lampu sendiri terbuat dari material plat berbahan logam.

READ  15 Mobil Matic Murah Paling Irit Rekomendasi Terbaik 2020

Dengan adanya karat pada bagian soket ini. Tentu saja arus atau tegangan yang akan di salurkan ke bohlam lampu pun terhambat dan membuat nyala lampu terebut tidak terlalu terang.

10. Kabel Lampu Meleleh

Penyebab redupnya nyala lampu motor yang terakhir juga bisa di pengaruhi oleh kondisi kabel lampu yang meleleh dikarenakan panas berlebihan. Dan jika kabel sudah meleleh, maka hambatan arus listrik pun tidak akan sempurna. Sehingga lampu pun tidak akan bisa menyala dengan terang.

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Cara Mengatasi Lampu Motor Redup

Dari beberapa penyebab lampu motor redup yang sudah kami sampaikan diatas. Tentunya kami yakni pernah anda alami mesipun tidak semua jenis motor akan mengalamai penyebab yang sama. Lalu bagaimana cara mengatasi agar lampu motor redup bisa kembali menyala seperti sedia kala? Silahkan anda lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Cek Kondisi Aki

Posisikan mesin motor dalam kondisi mati kemudian nyalakan lampu sein. Apabila lampu sein berfungsi dengan normal dan berkedip dengan terang. Maka bisa dipastikan bahwa kondisi aki motor dalam keadaan baik. Akan tetapi jika saat di nyalakan lampu tidak menyala terang bahkan tidak berkedip sama sekali. Bisa di pastikan aki motor soak dan harus di ganti.

2. Cek Kondisi Kabel Lampu

Tidak hanya melakukan pengecekan pada bagian aki motor, anda juga perlu melakukan pengecekan pada bagian kabel lampu motor. Gunakan multitrester untuk memeriksa kondisi kabel. Pastikan jika kondisi kabel dalam keadaan yang baik. Jika tidak silahkan anda ganti kabel tersebut dengan yang baru.

3. Periksa Soket Lampu

Hal yang paling vital dalam redup terangnya lampu motor juga di pengaruhi secara besar oleh kondisi soket lampu. Maka dari itu apabila lampu motor anda redup selain memerikan dua hal yang kami sampaikan diatas. Pastikan juga anda lakukan pengecekan pada bagian soket lampu. Jika terdapat lelehan atau karat pada soket, ada baiknya silahkan anda ganti.

4. Periksa Kondisi Kiprok

Hal terakhir yang menjadi penentu terang redupnya lampu motor adalah kondisi kiprok motor yang baik. Maka dari itu, silahkan cek kondisi kiprok motor anda dengan cara menyalakan mesin motor, dan ukur tegangan output kiprok menggunakan voltmeter. Pastikan tegangan yang keluar harus 11-12 volt. Apabila tegangan dibawah itu sudah saatnya anda ganti kiprok motor anda tersebut dengan yang baru.

Itu dia beberapa penyebab lampu motor redup dan juga tips cara mengatasi lampu motor redup atau tidak terang yang bisa otoflik.com bagikan pada kesempatan kali ini. Apabila informasi diatas bisa bermanfaat, tidak ada salahnya kunjungi terus otoflik untuk mendapatkan info menarik seputar tips, trik, dan juga kabar otomotif terbaru di Indonesia.

Tags: ,