Sistem Penerangan Sepeda Motor 2020 : Komponen & Fungsi

Sistem Penerangan Sepeda Motor – Sepeda motor masih menjadi salah satu moda transportasi darat dengan jumlah peminat yang begitu tinggi di Indonesia. Selain karena mudah digunakan, sepeda motor juga memiliki perawatan yang terbilang cukup simple bila di bandingkan dengan mobil.

Nah bicara mengenai sepeda motor, tentu kita sepaham bahwa di dalam sebuah motor ada begitu banyak rangkaian kelistrikan yang memiliki fungsi dan tujuan berbeda-beda. Seperti rangkaian pengisian dan juga rangkaian sistem penerangan sepeda motor.

Kedua rangkaian tersebut memang dibuat khusus untuk kebutuhan kelistrikan. Namun fungsi dan tujuannya tentu saja berbeda. Dan sesuai dengan judul diatas, kali ini otoflik ingin berbagai informasi mengenai fungsi, komponen dari sistem penerangan motor.

Sistem penerangan sepeda motor merupaka komponen standar yang wajib dan harus di miliki oleh unit motor. Karena pada penggunaannya, sistem ini nantinya akan memberikan banyak manfaat bagi pengendara dan juga orang lain.

Fungsi dan Komponen Sistem Penerangan Sepeda Motor

Sistem Penerangan Sepeda Motor Fungsi dan Komponen

Adapun dalam satu rangkaian sistem penerangan sepeda motor terdapat beberap komponen penting yang akan saling berkaitan. Termasuk juga bagian lampu motor bagian depan dan belakang. Namun selain itu ada beberapa komponen lain yang termasuk dalam sistem penerangan ini.

Fungsi Sistem Penerangan Sepeda Motor

Apabila kalian belum paham apa saja komponen tersebut, tidak usah khawatir. Karena disini akan kami jelaskan secara rinci. Namun sebelum itu, otoflik akan menerangkan terlebih dahulu apa fungsi utama dari sistem penerangan sepeda motor itu.

Secara garis besar, sistem penerangan pada sepeda motor memiliki fungsi untuk memberikan penerangan lewat pencahayaan lampu motor saat berkendara di malam hari. Selain itu, juga sebagai indikator keselamatan berkendara bagi pengemudi dan juga bagi orang lain yang ada di bagian depan atau belakang.

READ  Pajak Progresif Mobil 2020 : Cara Mengetahui dan Menghitung

Komponen Sistem Penerangan Sepeda Motor

Seperti kami jelaskan diatas, terdapat beberapa komponen utama yang masuk ke dalam sistem penerangan sepeda motor. Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja komponen tersebut dan fungsinya, silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Saklar

Saklar Lampu Motor

Sesuai dengan namanya, saklar pada sistem penerangan sebuah sepeda motor memiliki peranan penting. Karena fungsi utama dari komponen yang satu ini untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dari power source ke bagian tertetntu yang sudah tersambung.

2. Wiring (Pengkabelan)

Wiring atau Pengkabelan

Komponen kedua dalam sistem penerangan motor adalah Wiring atau kabel (pengkabelan). Sama halnya dengan saklar, wiring juga menjadi komponen yang cukup penting keberadaannya karena lewat kabel ini arus listrik yang tersimpan di baterai atau aki motor akan disalurkan ke beban.

3. Power Source

Power Source

Kemudian komponen yang berikutnya adalah Power Source atau Baterai (aki). Bagian ini menjadi bagian yang tidak kalah pentingnya dalam sistem penerangan sepeda motor. Dan umumnya saat ini jenis aki atau baterai yang digunakan pada sepeda motor adalah aki kering mengingat perawatan aki kering tidak perlu penanganan khusus, berbeda dengan aki basah.

4. Lampu Kepala (Head Lamp)

Lampu Kepala Motor Head Lamp

Lalu ada komponen bernama lampu kepala atau head lamp. Komponen ini menjadi bagian paling utama dalam sistem penerangan motor untuk memberikan penerangan atau pencahayaan berkapasitas besar saat berjalan di malam hari.

Dalam penggunannya sistem lampu kepala atau head lamp terbagi menjadi dua yaitu lampu dekat dan lampu jauh. Dimana lampu dekat akan digunakan sebagai perengan jalan di malam hari dan lampu jauh digunakan untuk pengganti klakson.

Sebagai contoh, ketika kalian ingin mendahuli atau menyalip kendaraan di depannya kalian mengaktifkan lampu jauh tersebut. Dengan pentingnya fungsi lampu utama, pastikan selalu kalian rawat. Jika tidak biasanya akan membuat lampu motor redup.

5. Lampu Sein

Lampu Sein Motor

Lampu sein atau lampu tanda belok juga menjadi salah satu komponen paling penting dalam sistem penerangan sepeda motor. Lampu ini difungsikan sebagai active safety system atau sebagai tanda kepada pengendara lain di depan ataupun di belakang bahwa kalian akan berbelok.

READ  52 Mobil Klasik Terpopuler dan Terfavorit di Dunia 2020

Dengan adanya sistem lampu sein, tentu akan mencegah terjadinya kesalah pahaman antar pengemudi. Sehingga keselamatan berkendara pun akan semakin terjaga. Jadi pastikan saat akan berbelok ke kiri atau ke kanan selalu nyalakan lampu sein.

6. Lampu Stop

Lampu Stop

Selain itu, dalam sistem penerangan sepeda motor ada juga lampu stop atau lampu rem. Fungsi utamanya tentu saja sebagai indikator kepada para pengendara lain terutama yang berada disisi belakang bahwa kalian sedang melakukan pengereman.

Lampu stop pada sepeda motor sendiri biasanya di tandai dengan warna merah. Dan pada penggunannya, lampu ini memiliki dua jenis yaitu lampu tail dan lampu rem. Yang dimana lampu tail akan otomatis hidup saat lampu kepala menyala.

Sedangkan lampu rem hanya akan menyala ketika para pengendara melakukan pengereman. Untuk itu pastikan motor kalian memiliki sistem penerangan lengkap termasuk lampu stop ini agar keselamatan berkendara bisa lebih terjaga.

7. Lampu Dashboard

Lampu Dashboard

Sama halnya seperti lampu indikator pada mobil, sepeda motor juga memiliki lampu indikator yang disediakan pada bagian dashboard (speedometer) sebagai tanda kepada para pengemudi bahwa mereka sudah menyalakan lampu kepala atau belum.

Karena biasanya lampu indikator pada dashboard secara otomatis akan ikut menyala ketika lampu kepala dan lampu sein menyala. Dengan begitu para pengendara akan lebih waspada saat melakukan perjalanan di malam hari.

8. Lampu DRL (Tambahan)

Lampu DRL Motor

Dan komponen terakhir pada sistem penerangan sepeda motor yang berikutnya adalah lampu DRL. Lampu DRL sendiri merupakan sebuah lampu tambahan atau lampu akseoris dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang dan difungsikan sebagai lampu pada siang hari.

Nah itulah beberpa informasi penting seputar sistem penerangan sepeda motor mulai dari fungsi dan juga komponennya. Setelah mengetahui pentingnya sistem penerangan seperti diatas otoflik.com sampaikan, pastikan kalian selalu melakukan perawatan pada seluruh komponen sistem penerangan agar keselamatan berkendara jauh lebih maksimal.

Tags: , , ,