√ Lampu Tembak Motor : Jenis, Fungsi, Harga & Cara Menggunakan

Lampu Tembak Motor – Sepeda motor masih menjadi andalan bagi sebagian besar orang untuk memenuhi kebutuhan tranportasi harian mereka. Pasalnya kendaraan roda dua yang terkesan simple ini memberi kemudahan bagi para pengguna di berbagai sektor.

Salah satunya kemudahan saat mengoperasikan dan membawa sepeda motor. Apalagi untuk saat ini, kita tahu bahwa sudah ada berbagai macam pilihan tipe dan jenis motor yang bisa kita miliki. Seperti halnya motor matic, bebek, sport dan juga tipe atau jenis motor lainnya.

Namun bicara mengenai sepeda motor, apapun itu tipe dan jenisnya. Hampir semuanya sudah memiliki struktrur atau rangkaian kelistrkan lampu sebagai bagian dari sistem keamanan. Menariknya di dalam sistem penerangan sepeda motor tersebut kita mengenal jenis lampu tembak.

Hanya saja dari sekian banyak pengguna motor, masih ada yang belum tahu apa sebenarnya fungsi lampu tembak motor tersebut. Melihat hal tersebut, berikut ini otoflik.com akan menjelaskan secara rinci dan detail apa saja yang perlu kalian ketahui tentang lampu tembak pada sepeda motor.

Jenis, Fungsi, Harga dan Cara Menggunakan Lampu Tembak Motor

Jenis Fungsi Harga dan Cara Menggunakan Lampu Tembak Motor

Dimana dari beberapa hal yang perlu kalian ketahui tersebut, diantaranya meliputi jenis lampu tembak, fungsi lampu tembah, harga dan juga etika cara menggunakan lampu tembak motor. Jadi bagi flikermania yang penasaran dan ingin mengetahuinya, simak artikel ini sampai akhir.

Jenis Lampu Tembak Motor

Jenis Lampu Tembak Motor

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai fungsi lampu tembak motor, sebaiknya kita kenali dulu jenis-jenis lampu tembak tersebut. Karena pada dasarnya lampu jenis ini memiliki beberapa varian. Nah jenis lampu tembak tersebut antara lain:

  • Lampu Tembak Jarak Dekat : Merupakan jenis lampu tembak yang memiliki arah sorot lampu ke bagian bawah depan jalan yang akan di lalui. Atau juga sering di sebut lampu Low Beam.
  • Lampu Tembak Jarak Jauh : Merupakan jenis lampu tembak yang memiliki arah sorot lampu ke bagian tengah-tengah depan jalan yang akan kita lalui atau sejajar dengan posisi lampu. Bisa juga  disebut lampu High Beam.
READ  √ Alarm Mobil Bunyi Terus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi

Fungsi Lampu Tembak Motor

Fungsi Lampu Tembak Motor

Nah setelah mengetahui jenis lampu tembak motor seperti otoflik jelaskan diatas. Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat yang akan bisa kalian dapatkan dari lampu tembak tersebut.

Pemberi Tanda Peringantan

Fungsi pertama dari lampu tembak motor yaitu sebagai pemberi tanda peringatan kepada pengendara lain baik pengendara satu arah ataupun lawan arah. Pada penggunananya seringkali dipakai saat kita akan menyalip kendaraan di depan kita.

Namun dari arah berlawanan ada kendaraan lain, maka untuk memberikan tanda kepada mereka kita bisa menyalakan lampu tembak berkali-kali. Hal tersebut bertujuan agar kendaraan dari arah berlawanan akan sedikit memberi jalur untuk bisa kita lewat saat menyalip kendaraan didepan.

Penerangan di Jalanan Ekstrim

Kemudian fungsi dari lampu tembak motor berikutnya adalah sebagai penerangan di jalanan ekstrim yang akan kita lalui. Dengan menggunakan lampu tembak di jalanan yang gelap dan sepi, tentu akan memberikan kewaspadaan lebih saat kita melaju.

Karena seperti dijelaskan diatas, lampu tembak akan memberikan sorot lampu ke bagian tengah jalan sesjajar dengan posisi lampu. Alhasil jarak pandang kita sebagai pengendara pun akan lebih jauh. Selain itu juga bisa dipakai ketika melewati jalan berkelok.

Karena dengan menyalakan lampu tembak di jalan berkelok tersebut, kita juga akan memberi tanda kepada pengendara lain yang berada di lajur jalur berlawanan agar mengetahui bahwa dari sisi lain juga ada kendaraan yang akan melintas.

Menghindari Kecelakaan Saat Jalanan Berkabut

Kondisi cuaca yang tidak bisa kita tebak saat berkendara memang mengharuskan kita untuk selalu waspada dijalan. Apalagi  ketika musim hujan seperti sekarang ini, tentu saja hal apapun bisa saja terjadi, termasuk munculnya kabut yang membuat jarak pandang lebih pendek.

Namun jarak pandang yang terhalan kabut tersebut dapat di hindari dengan menyalakan lampu tembak pada motor yang kita gunakan. Selain akan memberi jarak pandang yang lebih panjang, kita juga akan bisa mengetahui dengan pasti kondisi jalan di depan kita.

Apakah ada kendaraan lain yang sedang melaju, adanya jalan berbelok atau menikung serta yang lainnya. Dengan begitu berkendara pada kondisi jalan berkabut pun akan lebih aman. Namun pastikan kalian tidak menggunakan kecepatan tinggi pada saat kondisi jalan seperti ini.

READ  20 Jenis Sensor Pada Mobil : Fungsi dan Penjelasannya 2021

Harga Lampu Tembak Motor

Harga Lampu Tembak Motor

Lampu tembak motor sendiri sebenarnya sudah di aplikasikan langsung oleh para perusahaan sepeda motor. Namun ada juga aksesoris motor berupa lampu tembak yang bisa kalian tambah sebagai bagian dari kepentingan keselamatan berkendara.

Bahkan untuk beberapa tipe lampu tembak ini ada yang memiliki kualitas penerangan lebih terang ada juga tipe lampu tembak yang memiliki jarak pancaran lebih jauh. Dan semua itu tentu saja akan berpengaruh pada harga jualnya. Nah berikut beberapa tipe dan harga lampu tembak motor yang bisa kalian dapatkan.

TipeHarga
Lampu Tembak Motor 6 LED Mini Flash Mata 4495Rp 30.000
Lampu Tembak LED 4 Mata + Strobo BlitRp 55.000
Lampu Tembak LED Vinyx X2 Kotak 4D 20 WattRp 70.000
Lampu Tembak LED Ayoto 18W HI LO AC & DCRp 80.000
Lampu Tembak Led Cree 24 Titik Mata 4322 36 WattRp 90.000
Lampu Tembak Motor 24 LED Cree 2 WarnaRp 115.000
Lampu Tembak LED High Low Beam U2 1200 Lumens 30WRp 360.000

Etika Cara Menggunakan Lampu Tembak Motor

Etika Cara Menggunakan Lampu Tembak Motor

Apabila sudah paham dengan fungsi, jenis dan harga lampu tembak motor seperti kami sebutkan dan jelaskan diatas. Dalam penggunaannya kita harus selalu memperhatikan etika. Karena penggunaan lampu tembak sendiri tidak boleh sembarangan. Beberapa etika cara menggunakan lampu tembak tersebut antara lain.

  1. Selalu gunakan lampu pada saat memang dibutuhkan baik saat melewati jalan gelap atau saat akan menyalip kendaraan.
  2. Matikan lampu jauh, sorot atau lampu tembak pada saat tidak digunakan.
  3. Gunakan lampu tembak pada saat kalian berpapasan dengan kendaraan lain yang juga menggunakan lampu tembak dengan kondisi terus menyala.

Nah itulah beberapa tips atau etika cara menggunakan lampu tembak motor yang perlu kalian pahami serta beberapa fungsi lampu tembak pada kendaraan yang kita miliki. Bagaimana sudah jelas dan paham dengan adanya info dari otolfik.com diatas? Yang pasti semoga informasi diatas bisa menjadi wawasan yang bisa membantu.

Tags: , ,