√ Lampu Kolong Motor 2020 : Fungsi, Harga dan Cara Pasang

Lampu Kolong Motor – Bagi sebagian besar orang yang mencintai dunia otomotif, tentu sudah tak lagi asing dengan istilah modifikasi. Istilah ini bisa disama artikan “merubah” dengan cara menambah atau mengurai bagian-bagian kendaraan bermotor yang dimiliki.

Dari beberapa jenis kendaraan bermotor yang sering di modifikasi, mungkin sepeda motor menjadi salah satunya. Bahkan sampai saat ini gendre atau konsep modifikasi sepeda motor pun sudah bisa dikatakan cukup banyak dan lengkap, mulai dari modifikasi thailook, modifikasi drag serta lainnya.

Melihat dua konsep modifikasi motor diatas, tentu kita sepakat bahwa akan ada banyak sekali perubahan serta bagian motor yang akan diubah. Jadi jika kalian anggap itu terlalu ekstrem, maka kalian bisa melakukan modifikasi standar dengan hanya menambah beberapa bagian saja.

Salah satu contohnya adalah dengan menambah lampu kolong motor. Pemasangan aksesoris tambahan yang satu ini selain tidak akan membuat kalian mengubah cukup banyak bagian, namun tetap memberikan hasil akhir yang cukup menarik.

Fungsi, Harga dan Cara Pasang Lampu Kolong Motor

Lampu Kolong Motor dari Pengertian Fungsi Harga dan Cara Pasang

Bahkan tidak seperti melakukan modifikasi airbrush atau membuat tampilan desain layaknya motor klasik yang membutuhkan biaya cukup mahal. Memasang lampu kolong motor tidak perlu mengeluarkan budget yang cukup besar. Berikut akan otoflik jabarkan secara rinci.

Apa Itu Lampu Kolong Motor

Apa Itu Lampu Kolong Motor

Lampu kolong motor merupakan lampu aksesoris tambahan diluar sistem kelistrikan atau sistem penerangan sepeda motor yang ditawarkan oleh pabrikan. Melainkan hanya merupakan sebuah lampu hiasan yang diletakan dibagian kolong motor atau bagian bawah motor.

Dan biasanya pemasangan lampu kolong seringkali bisa kita jumpai pada jenis motor vixion, beat, vario serta beberapa jenis motor lainnya. Dan jika melihat dari fungsinya, tentu saja modifikasi ringan ini bukan merupakan sebuah pelanggaran hukum yang akan membuat kalian terkena tilang.

READ  250 Modifikasi Motor Matic Terkeren 2020 : Honda, Yamaha & Suzuki

Fungsi Lampu Kolong Motor

Fungsi Lampu Kolong Motor

Sebenarnya tidak ada fungsi khusus dari lampu kolong motor ini. Karena jika dilihat dari sistem cara pemasanganya, lampu ini hanya akan menyala jika motor hidup. Pasalnya pemasangan lampu LED variasi ini akan langsung terhubung ke bagian lampu senja belakang.

Jadi jika ditanya apa sih fungsi lampu kolong pada sepeda motor? Tentu saja fungsinya hanya sebatas variasi tambahan untuk membuat motor terlihat lebih menarik, terutama ketika berkendara di malam hari. Jika tertarik melakukan modifikasi ini, simak cara pemasangannya berikut ini.

Cara Memasang Lampu Kolong Motor

Seperti mudahnya cara melepas kaca helm bogo yang sudah otoflik sampaikan sebelumnya. Sebenarnya proses cara memasang lampu kolong motor tidaklah terlalu sulit. Jadi bagi kalian yang ingin memasang lampu variasi LED dibawah kolong motor, berikut alat, bahan serta panduan cara memasangnya.

Alat dan Bahan

Alat dan Bahan

  • Tentunya lampu LED strip (bisa dibeli di online shop atau bengkel variasi).
  • Gunting.
  • Obeng.
  • Saklar.
  • Solder + Tinol.
  • Kabel secukupnya.
  • Serta selotip.

Cara Pasang

Cara Memasang Lampu Kolong Motor

  1. Buka cover belakang motor kalian terutama cover lampu rem hingan kalian mudah untuk menjangkau kabel yang terdapat pada lampu rem.
  2. Apabila cover lampu rem sudah terbuka, kalian akan melihat ada tiga kabel utama yang terpasang, yaitu kabel lampu senja, kabel lampu rem, dan kabel ground atau (-) aki yang langsung terhubung ke bagian bodi.
  3. Untuk memasang lampu LED variasi kolong motor, silahkan cari terlebih dahulu kabel yang mengarah ke bagian lampu senja.
  4. Apabila kabel sudah kalian temukan, selanjutnya cari kabel yang mengarah ke bagian body atau kabel (-) negatif aki.
  5. Setelah kedua kabel kita dapatkan, maka langkah selanjutnya kita hanya perlu menyambungkan kedua kabel tersebut ke kutub (+) positif lampu dan (-) dengan menggunakan tambahan kabel yang sudah disiapkan. Tujuannya agar lampu kolong motor dapat dipasang di tempat yang kita inginkan.
  6. Pada proses pemasanganannya, pastikan kalian menyolder kutub positif (+) lampu LED variasi ke kaki saklar satu dan kaki saklar kedua kalian solder atau sambungkan ke kabel yang terhubung ke lampu senja motor.
  7. Sedangkan untuk kutub (-) negatif pada lampu LED variasi kalian solder atau sambung dengan kabel yang menuju ke bagian bodi atau negatif aki.
  8. Jika semua kabel sudah terpasang langsung saja kalian tempelkan lampu LED variasi kolong motor ke tempat yang sudah di tentukan, yaitu kolong motor.
  9. Apabila semua sudah diselesaikan, rapikan kabel dan pastikan setiap sambungan kabel yang dibuat tidak ada yang menempel agar tidak terjadi konselting.
  10. Kemudian langkah terakhir kalian hanya perlu mencoba menyalakan kunci kontak lalu nyalkan saklar lampu kolong motor untuk memastikan lampu menyala.
READ  15 Sarung Tangan Motor Terbaik dan Terbaru 2020

Harga Lampu Kolong Motor

Harga Lampu Kolong Motor

Sebelum menutup pembahasan pada artikel kali ini, mungkin ada dari flikermania yang ingin mengetahui berapa sih harga lampu LED untuk variasi kolong motor. Jadi dibawah ini sudah otoflik rangkumkan secara rinci harga lampu kolong motor yang bisa kalian jadikan sebagai referensi.

Tipe LampuHarga
Lampu LED pararel 3 titik waterproofRp 5.000
Lampu LED Warna Fleksibel 24 cmRp 13.000
Lampu Kolong 6 MataRp 15.000
Lampu Kolong Otomatis LedRp 40.000
Lampu Kolong Lampu Strobo RGBRp 50.000
Lampu Kolong Motor Wing AngelRp 499.000

Harga lampu kolong motor diatas masih bisa berubah sewaktu-waktu karena harga yang kami cantumkan diatas merupakan harga yang kami peroleh dari marketplace atau toko online. Kiranya sekian info seputar pengertian, fungsi, harga dan cara memasang lampu kolong motor, semoga bisa menjadi referensi yang menarik.

Tags: , , , , ,