7 Penyebab Rem Mobil Keras Saat Diinjak dan Cara Mengatasi

Penyebab Rem Mobil Keras – Berkendara dengan aman dan nyaman menggunakan mobil menjadi hal yang tentu saja di inginkan sebagian besar orang. Tidak heran saat ini banyak sekali masyarakat yang mencari mobil dengan fitur keamanan yang tinggi dengan harga jual yang mahal.

Namun tidak bisa di pungiri rem mobil menjadi salah satu komponen paling penting dalam sistem keamanan berkendara. Maka dari itu perawatan yang baik dan rutin pada rem mobil tentu akan membuat fungsi dan penggunaannya bisa tetap maksimal dan meminimalisir terjadinya kecelakaan karena rem mobil blong atau terasa keras saat diinjak.

Yah, salah satu hal yang mungkin sering dialami para pemilik mobil terkait kendala pada sistem pengerman adalah pedal rem yang terasa berat dan keras saat diinjak. Hal ini biasanya mengakibatkan penggunaan sistem pengerman tidak bekerja secara maksimal. Lalu apa kiranya hal yang menjadi penyebab rem mobil keras saat diinjak?

Ada banyak sekali hal yang menjadi faktor dan penyebab rem mobil terasa keras ketika diinjak. Dan bagi flikermania yang saat ini sedang mengalaminya, mungkin akan merasa bingung karena tidak tahu bagaimana cara mengatasi, cara pengecekannya dan juga apa saja yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Rem Mobil Keras Saat Diinjak

Penyebab Rem Mobil Keras Saat Diinjak dan Cara Mengatasinya

Namun kami rasa kalian tidak perlu khawatir lagi, karena lewat artikel terbaru otoflik.com terbaru ini. Akan kami rangkumkan secara rinci mengenai tips bagaimana melakukan pengecekan rem mobil yang terasa keras, penyebab dan cara mengatasinya. Jadi silahkan simak hingga selesai artikel yang satu ini.

Penyebab Rem Mobil Keras Saat Diinjak

Seperti yang sudah kami jelaskan dan singgung diatas, setidaknya ada beberapa penyebab rem mobil keras saat diinjak. Namun dari semua kasus yang ada ternyata bukan hanya booster rem saja yang bisa menjadi penyebnya. Melainkan masih ada beberapa penyebab lainnya seperti :

1. Minyak Rem Habis

Minyak Rem Mobil Habis

Minyak rem bisa saja menjadi salah satu penyebab kerasnya pedal rem saat diinjak. Biasnaya ini terjadi karena isi atau volume minayk rem yang ada pada saluran pengereman mulai berkurang. Jadi ada baiknya selalu periksa kondisi minyak rem mobil kalian, jika dirasa sudah berkurang silahkan isi atau ganti dengan yang baru.

2. Booster Rem Rusak

Booster Rem Mobil Rusak

Kemudian booster rem yang aus atau bahkan rusak karena masa pemakaian yang begitu sering, juga menjadi salah satu penyebabnya. Bahkan dari banyaknya kasus yang ada, booster rem menjadi salah satu penyebab yang paling sering dialami oleh para pemilik mobil yang merasa pedal rem mobil mereka terasa keras dan tidak pakem ketika diinjak.

READ  3 Pembersih Kerak Mesin : Jenis, Fungsi & Cara Penggunaan

3. Kampas Rem Habis

Kampas Rem Mobil Habis

Selain volume dan kondisi minyak rem yang sudah tidak sesuai dengan standar. Biasanya penyebab rem mobil kerasa saat diinjak juga bisa diakibatkan oleh kondisi kampas rem yang sudah tipis. Dan biasanya hal ini akan terasa jika dari keempat kampas rem mobil ada yang tipis hanya satu bagian seperti di bagian roda depan kiri atau kanan dan yang lainnya.

4. Selang Vakum Bocor

Selang Vakum Bocor

Bukan hanya dari ketiga masalah diatas, keras dan tidak pakemnya rem mobil saat kalian injak pun bisa di akbibatkan oleh kebocoran pada bagian selang vakum. Jika sudah begitu, maka mau tidak mau kalian harus membawanya ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan penggantian selang vakum yang ada bagian booster rem mobil kalian.

Cara Pengecekan Rem Mobil Keras

Tips Cara Pengecekan Rem Mobil Keras

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa penyebab rem mobil terasa keras pada saat diinjak bukan hanya terjadi karena kondisi booster rem yang rusak atau sudah aus. Melainkan ada beberapa penyebab lainnya. Dan jika ternyata kalian mengalami hal tersebu, maka cobalah untuk melakukan pengecekan secara rutin dengan beberapa metode berikut ini.

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan apabila ingin melakukan pengecekan kondisi rem mobil yang terasa keras adalah dengan mematikan mesin mobil apabila kondisi mesin mobil sedang menyala.
  2. Setelah kalian mematikan mesin mobil tersebut, lalu injak dan lepas pedal rem mobil kalian beberapa kali untuk memastikan posisi pedal rem.
  3. Jika dipastikan posisi pedal rem sudah paling mentok, silahkan injak pedal rem tersebut dan tahan posisinya dengan menggunakan kaki kalian.
  4. Sambil kaki tetap menahan posisi pedal rem, silahkan kalian hidupkan mesin mobil kalian dan rasakan kondisi pedal rem tersebut.
  5. Apabila saat kalian menghidupkan mesin dan ternyata kalian merasakan adanya getaran atau bahkan kalian mendengar rem mobil bunyi tidak normal, bisa dipastikan bahwa hal tersebut terjadi karena permukaan disk brake sudah tidak rata.
  6. Atau jika kalian merasakan ada bau-bau yang tidak enak seperti bau hangus saat kalian menginjak pedal rem. Bisa jadi itu dikarenakan adanya kebocoran yang terjadi pada bagian kaliper rem.

Dengan melakukan beberapa langkah diatas secara rutin, maka kalian bisa dibilang sudah melakukan pengecekan yang baik dan benar pada kondisi sistem pengereman mobil kalian. Meski bisa dibilang cukup simple, namun kalian akan bisa mendapati hasil yang membuat kalian perlu melakukan service atau bahkan penggantian komponen sistem pengereman mobil.

READ  20 Kode Plat Nomor Belakang Seluruh Daerah di Indonesia 2020

Cara Mengatasi Rem Mobil Keras

Cara Mengatasi Rem Mobil Keras

Nah setelah mengetahui bagimana cara mengecek kondisi sistem pengereman mobil jika pedal rem terasa berat atau keras serta beberapa penyebab rem mobil keras saat diinjak seperti kami jelaskan diatas. Maka berikut ini ada beberapa tips cara mengatasi rem mobil keras yang diakibatkan oleh beberapa hal, diantaranya :

1. Karena Masalah Booster Rem

Jika sudah dipastikan bahwa booster rem yang menjadi penyebab kerasnya pedal rem saat kalian injak baik itu karena sudah aus atau rusak. Maka ada salah satu jalan terbaik untuk bisa mengembalikan kinerja rem mobil kalian adalah dengan mengganti booster rem tersebut dengan yang baru. Jadi silahkan datangi bengkel mobil terdekat untuk melalukan proses penggantian.

2. Karena Masalah Selang Vakum Bocor

Apabila ternyata kondisi booster rem masih dalam keadaan baik namun pedal rem terasa keras saat diinjak. Seperti dijelaskan pada pembahasan diatas, mungkin hal ini bisa diakibatkan karena selang vakum yang pecah dan mengakibatkan kebocoran. Untuk memastikan hal tersebut kalian bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

  • Pertama hidupkan mesin mobil lalu bukalah kap mobil
  • Kemudian cabut selang vakum yang terdapat pada bagian booster dan langsung kalian tutup menggunakan jari kalian.
  • Apabila pada saat kalian menutup selang dengan jari ternyata ada hisapan yang kalian rasakan, maka itu berarti selang dalam kondisi benar.
  • Namun apabila saat kalian tutup menggunakan jari tidak ada hisapan yang kalian rasakan, maka bisa diartikan ada kebocoran karena sambungan tidak rapat atau bahkan selang pecah.

Jika dalam proses pengecekan tersebut ternyata kalian simpulkan ada kebocoran pada selang vakum, maka cara mengatasinya mau tidak mau kalian harus menggantinya dengan selang vakum booster yang baru.

3. Karena Kampas atau Minyak Rem Habis

Apabila kerasanya pedal rem saat kalian injak disebabkan karena kampas rem yang sudah aus atau tipis. Maka sebaiknya ganti kampas rem tersebut dengan yang masih baru. Begitu juga dengan kondisi minyak rem yang habis, ada baiknya kalian tambah atau bahkan ganti keseluruhan minyak rem tersebut lalu coba lakukan bleeding rem mobil.

Itulah kiranya informasi yang kali ini dapat kami sampaikan terkait penyebab rem mobil keras saat diinjak dan tips bagaimana melakukan pengecekan ketika kalian mengalami pedal rem yang keras dan juga cara mengatasinya. Semoga apa yang sudah otoflik.com sampaikan diatas bisa beramanfaat.

Tags: ,