√ Kabel Busi Mobil Bocor ? Penyebab, Ciri, Efek & Cara Mengatasi

Kabel Busi Mobil Bocor – Mobil masih menjadi salah satu jenis kendaraan dengan daya pikat yang begitu menarik. Tidak sekedar untuk sarana transportasi. Kendaraan roda empat ini juga bisa kita jadikan sebagai style atau gaya hidup.

Saat ini ada begitu banyak sekali JENIS MOBIL yang bisa kita jadikan sebagai pilihan. Mulai dari mobil SUV, mobil MPV, mobil Hatchback, Sedan atau jenis lainnya. Aneka ragam harga pun ditawarkan tiap-tiap produsen dengan penawaran menarik.

Semakin mahal harga mobil yang bisa kalian beli, maka semakin lengkap pula fitur serta performa yang ditawarkan. Namun begitu, seiring penggunaannya, mobil tentu akan mengalami penurunan performa. Apalagi jika tidak kalian rawat dengan baik dan rutin.

Perawatan mobil yang asal-asalan tentunya bukan saja hanya akan menyebabkan mobil sulit dihidupkan. Tetapi juga akan membuat umur komponen mobil semakin pendek. Terlebih lagi untuk komponen-komponen vital, termasuk di antaranya adalah kabel busi mobil.

Kabel Busi Mobil Bocor Penyebab dan Cara Mengatasi

Yah, meski perannya mungkin tidak terlihat terlihat. Namun kabel busi menjadi salah satu komponen yang harus tetap punya kondisi baik dan tetap kalian rawat. Jika tidak kemungkinan kabel busi mobil bocor pun terbilang besar.

Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bocor

Ciri Ciri Kabel Busi Mobil Bocor

Bocornya kabel busi mobil akan sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Tenaga kendor, mesin tersendat atau bahkan tidak bisa dihidupkan menjadi salah satu masalah yang mungkin akan terjadi saat kondisi kabel busi mobil bocor.

Kabel busi dalam rangkaian mesin mobil sendiri punya peran sebagai penghantar aliran arus listrik bertegangan tinggi ke busi untuk diubah menjadi percikan bunga api oleh busi guna keperluan pembakaran. Dan disaat kondisi kabel busi sudah lemah atau bahkan bocor.

Tentunya akan ada tanda atau ciri-ciri yang bisa kalian pahami. Apa saja kiranya ciri-ciri kabel busi mobil bocor? berikut sudah otoflik buatkan daftarnya di bawah ini.

  1. Mesin mobil mengeluarkan percikan api dengan interval yang cukup sering.
  2. Mesin mobil sulit dihidupkan.
  3. Suhu kabel busi tinggi atau panas.
READ  14 Komponen Sistem Pengisian Motor Mobil dan Fungsinya 2021

Efek Kabel Busi Mobil Bocor

Efek Kabel Busi Mobil Bocor

Setidaknya dengan mengetahui apa saja ciri-ciri kabel busi mobil bocor seperti di atas otoflik jelaskan. Kalian akan bisa meminimalisir kerusakan pada KOMPONEN MESIN MOBIL lainya. Sebab tidak saja haya akan berdampak pada kinerja menurun.

Ternyata rusaknya atau bocornya kabel busi mobil juga akan menimbulkan banyak masalah pada mobil. Lantas apa saja sih gejala, tanda atau efek yang sering timbul saat kabel busi mobil bocor?.

1. Pecahnya Keramik Busi

Dampak buruk pertama yang disebabkan kondisi kabel busi mobil bocor adalah pecahnya keramik busi. Meski kita semua tahu bahwa busi terbuat dari material keramik khusus yang tahan panas dan keras, bukan berarti kondisi tersebut akan tetap aman.

Pasalnya dari beberapa kasus kabel busi mobil bocor, seringkali akan dapat membuat arus listrik yang masuk ke BUSI MOBIL tidak stabil dan membuat busi tidak bisa menahan tegangan yang masuk secara berlebihan. Akibatnya keramik busi bisa saja pecah.

2. Idling Mesin Terganggu

Selain pecahnya keramik busi, gejala lain saat kondisi kabel busi mobil lemah atau bocor juga akan berakibat pada kinerja mesin. Terutama pada kemampuan idling yang tidak lagi bisa bekerja dengan sempurna.

Saat kondisi idling mesin mobil tidak sempurna. Otomatis akan membuat suara mesin akan sedikit kasar saat mobil sedang berjalan. Hal tersebut tentu saja karena daya putar mesin tidak lagi stabil atau normal.

3. Terjadinya Arus Pendek

Mungkin kalian pernah melihat ada mobil terbakar di internet. Yah, terbakarnya mobil sendiri bisa disebabkan banyak sekali faktor buruk. Tak terkecuali karena kondisi kabel busi mobil bocor.

Kenapa bisa begitu? karena saat kondisi kabel busi mobil bocor, biasanya akan membuat sebagian kecil arus listrik tinggi keluar dan membuat terjadinya arus pendek atau konslet dan menimbulkan api di tempat yang tidak seharusnya.

Penyebab Kabel Busi Mobil Bocor

Penyebab Kabel Busi Mobil Bocor

Lalu apa sih yang sebenarnya membuat kabel busi mobil bocor? Kondisi bocornya kabel busi mobil tentu bisa terjadi karena ada banyak faktor yang membuatnya. Adapun dari beberapa kasus yang sudah ada, bocornya kabel busi sendiri diakibatkan karena.

  1. Kualitas material kabel yang buruk / jelek.
  2. Diameter kabel yang tidak sesuai.
  3. Pemasangan yang tidak benar dan tidak sesuai standar.
  4. Jarang mendapatkan perawatan.
READ  7 Mobil Hybrid Murah Terbaik & Terlaris di Indonesia 2021

Cara Mengatasi Kabel Busi Mobil Bocor

Cara Mengatasi Kabel Busi Mobil Bocor

Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri, efek dan juga penyebab kabel busi mobil bocor seperti di atas otoflik.com sampaikan. Dibawah ini setidaknya ada beberapa tips cara mengatasi bocornya kabel busi pada mobil.

1. Ukur Kabel Pakai Multitester

Cara mengatasi kabel busi mobil yang mungkin sudah usang, bocor atau lemah pertama yakni dengan menggunakan alat bantu multitester. Cara ini akan membuat  kita tahu kondisi hambatan kabel busi masih sesai atau tidak. Adapun cara yang bisa dilakukan yaitu.

  • Menyiapkan multitester untuk pengukuran resistance (ohm meter).
  • Lepaskan kabel busi mobil nomor 1.
  • Letakkan probe (+) pada salah satu ujung dan probe (-) pada ujung satunya.
  • Silahkan catat nilai tahanan yang telah kalian ukur.
  • Jika kabel busi yang terpasang punya panjang 50 cm, maka umumnya nilai tahanan harus di dapat sebesar 8 KΩ per meter.
  • Namun jika kondisi kabel 50 cm punya tahanan tidak sampai titik tersebut, bisa diartikan ada kebocoran.
  • Lakukan ke kabel busi lainnya.

Nah saat kondisi kabel busi ternyata bocor setelah kalian cek menggunakan metode di atas. Pastikan segera ganti kabel busi tersebut dengan yang baru.

2. Tutup dengan Isolator

Saat kalian melihat adanya kebocoran pada kabel busi dengan dikeluarkannya percikan api. Kalian bisa dengan mudah mengatasinya menggunakan isolator / isolasi.

Caranya cukup tutup bagian kabel busi yang bocor tersebut secara rapat dan kencang menggunakan isolator anti panas dan punya daya rekat tinggi.

Akhir Kata

Jika kedua cara tersebut tidak juga berhasil, kami sarankan untuk segera membawanya ke bengkel guna perbaikan. Namun jika memang masih bisa ditangani dengan menambahkan isolator, setidaknya hal ini tidak perlu membuat kalian menggantinya.

Tags: , , ,