Evaporator AC Mobil Bocor dari Ciri, Penyebab & Cara Memperbaiki

Evaporator AC Mobil Bocor – AC (Air Conditioner) menjadi salah satu komponen mobil yang mungkin tidak akan pernah absen. Perannya dalam memberi kenyamanan setiap pengemudi maupun penumpang menjadi nilai plus tersendiri untuk menarik perhatian konsumen.

Hampir semua mobil keluaran terbaru bahkan sudah dilengkapi AC dengan sistem pengaturan dan fitur super lengkap. Tidak heran jika kelengkapan fitur dan teknologi yang disematkan produsen mobil tertentu membuat harga jualnya pun semakin mahal.

Namun begitu, meski merupakan bagian penting, AC mobil juga tidak pernah luput dari kegagalan fungsi. AC mobil tidak dingin dan bisa terjadi secara tiba-tiba bisa dibilang menjadi salah satu penyakit yang cukup sering dialami para pemilik mobil.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena banyak faktor. Tidak terkecuali karena kondisi evaporator AC mobil bocor. Evaporator sendiri merupakan salah satu komponen AC mobil yang bisa dibilang punya peran penting dan vital di dalam rangkaian kerja AC mobil.

Evaporator AC Mobil Bocor dari Penyabab Cara Mengatasi

Menjadi tempat penampungan freon AC mobil yang sudah berbentuk kabut atau uap dingin dan siap dihantarkan ke seluruh ruang kabin melalui ventilasi-ventilasi yang ada. Menjadikan peran komponen ini benar-benar harus selalu diperhatikan kondisinya.

Penyebab Evaporator AC Mobil Bocor

Penyebab Evaporator AC Mobil Bocor

Bicara soal evaporator AC mobil bocor, tentu saja ini bisa terjadi kapanpun. Namun dari pengalaman banyak pemilik mobil. Rusaknya evaporator sendiri paling sering dikarenakan usia pakai yang telah melebihi batas waktu.

Namun begitu,kondisi bocornya evaporator AC mobil juga bisa saja terjadi karena adanya berbagai macam penyebab lain. Oleh karena itu, sebelum kita bahas apa saja efek, ciri ciri dan juga tips cara mengatasi evaporator AC mobil bocor.

Berikut ini ada beberapa indikasi faktor utama yang membuat dan menyebabkan kondisi evaporator AC mobil bisa bocor.

  1. Adanya banyak kotoran atau debu yang menempel pada bagian permukaan evaporator.
  2. Pemakaian AC dengan kondisi kaca AC mobil terbuka juga ternyata menjadi salah satu penyebab evaporator AC bocor.
  3. Jarak mendapatkan perawatan secara berkala.
  4. Masa pakai yang sudah terlalu lama.
  5. Adanya tekanan freon / refrigerant yang terlalu tinggi.
  6. Tidak digunakannya filter kabin.
READ  105 Harga Motor Matic Terlaris Irit Murah Terbaru 2021

Efek Evaporator AC Mobil Bocor

Efek Evaporator AC Mobil Bocor

Sama halnya seperti kondisi klep mobil bocor, saat kondisi evaporator AC mobil bocor juga akan memberikan dampak yang cukup banyak pada fungsionalitas AC mobil itu sendiri. Maka dari itu, sebaiknya selalu rawat komponen yang satu ini dengan maksimal.

Nah bicara mengenai dampak atau efek saat kondisi evaporator bocor. Setidaknya berikut ini adalah beberapa efek yang akan kalian rasakan dan alami ketika kondisi komponen penting ini mengalami kebocoran.

  • AC mobil tidak dingin.
  • AC mobil berbau
  • Hembusan angin segar dari kisi-kisi sangat kecil.
  • Semua komponen AC mobil terasa panas.
  • Sering juga membuat kaca depan mobil mudah berembun di saat hujan.
  • Terciumnya bau apek ketika AC mobil dihidupkan.
  • Freon AC mobil yang begitu cepat habis.

Ciri Ciri Evaporator AC Mobil Bocor

Ciri Ciri Evaporator AC Mobil Bocor

Dengan mengetahui apa saja efek atau dampak buruk kondisi evaporator AC mobil bocor seperti di atas kami sampaikan. Tentunya kalian tidak ingin kan mengalaminya?. Nah untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi.

Maka hal paling mudah yakni selalu rutin melakukan perawatan dan setidaknya juga harus tahu tanda atau ciri ciri evaporator AC mobil bocor. Untuk itu buat kalian yang saat ini menjadikan mobil sebagai sarana transportasi utamanya.

Pastikan kalian tahu dan paham apa saja tanda tanda komponen penting AC mobil ini bocor. Untuk itu guna membuat kalian lebih mudah bisa memahami apa saja ciri-cirinya, berikut sudah otoflik rangkum beberapa ciri ciri evaporator Ac bocor.

  1. Ciri pertama yang pasti akan kalian rasakan tentu saja ada pada bagian kisi-kisi yang terdapat di seluruh ruangan mobil tidak punya hembusan angin segar atau hanya keluar hembusan sedikit.
  2. Atau juga hembusan angin yang keluar dari kisi-kisi terasa panas/hangat.
  3. Kondisi freon AC mobil yang cepat habis padahal baru saja di ganti.
  4. Serta terciumnya bau freon di dalam kabin mobil.

Cara Memperbaiki Evaporator AC Mobil Bocor

Setidaknya dengan kalian tahu seperti apa gejala atau ciri ciri paling umum kondisi evaporator AC mobil bocor. Otomatis hal ini akan bisa membuat kalian sedikit bisa meminimalisir terjadinya kerusakan pada bagian evaporator ini dengan cara rutin melakukan perawatan.

READ  20 Komponen Kopling Mobil : Jenis dan Fungsinya 2021

Karena jika evaporator mendapatkan minim perawatan, diketahui umur masa pakainya hanya bisa bertahan selama 2 tahun. Untuk itulah setidaknya dalam jangka waktu 6 bulan sekali kalian harus melakukan perawatan agar kondisinya tetap maksimal.

Namun jika pada saat ini kalian ada pada artikel terbaru otoflik.com ini, kami asumsikan bahwa disaat yang bersamaan kalian sedang mengalami masalah evaporator AC mobil bocor dan sedang mencari info terkait cara mengatasi dan memperbaikinya.

Jadi setelah di atas otoflik rangkum beberapa ciri-ciri, penyebab dan juga efek ditimbulkan pada saat komponen ac mobil ini rusak. Berikut juga akan otoflik buatkan penjelasan lengkap tentang cara memperbaiki dan mengatasi Evaporator AC mobil bocor.

1. Las Bagian yang Bocor

Las Bagian yang Bocor

Di era modern seperti saat ini, setidaknya ada beberapa jenis evaporator AC mobil yang bisa kita temui. Namun dari semua jenis tersebut setidaknya memiliki konstruksi yang sama. Yakni terbuat dari bahan aluminium dan mempunyai sirip-sirip evaporator.

Nah sirip-sirip inilah yang akan bekerja untuk menyerap hawa panas dan perlahan akan didinginkan oleh udara. Dan dari banyaknya kasus evaporator AC mobil bocor, biasanya terjadi pada bagian sirip-sirip tersebut.

Nah untuk mengatasinya, kaian cukup bawa ke tukang las khusus evaporator dan las bagian yang bocor maka bocornya evaporator pun akan bisa ditangani. Namun perlu diingat, kondisi ini bisanya hanya bertahan sementara dan bocor masih akan tetap bisa terjadi.

2. Ganti Evaporator

Ganti Evaporator

Solusi terbaik untuk mengatasi evaporator AC mobil yang bocor yakni dengan melakukan penggantian evaporator itu sendiri. Dengan cara inilah efek bocornya evaporator akan dapat kalian hilangkan dengan sempurna.

Namun untuk bisa melakukan penggantian evaporator, biaya yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit. Karena kita tahu komponen ini punya harga yang cukup mahal.

Akhir Kata

Nah itulah kiranya penjelasan lengkap yang kali ini dapat otoflik.com rangkum dan sampaikan terkait evaporator AC mobil bocor dari ciri ciri, penyebab dan cara mengatasinya. Semoga apa yang sudah kami rangkum bisa menjadi referensi yang bermanfaat.

Tags: , , ,