9 Fungsi Kondensor AC : Pengertian & Cara Kerja

Fungsi Kondensor AC – Saat ini setiap mobil telah dibekali dengan adanya AC yang mampu mengkondisikan udara didalam mobil. Sistem AC atau dikenal dengan Air Conditioner merupakan sebuyah perangkat tambahan yang berfungsi untuk mengkondisikan temperatur udara, sirkulasi udara, melembabkan udara dan memurnikan udara. Sistem AC sebagai pendingin juga memiliki beberapa komponen, seperti kompresor AC, kondensor, receiver dryer, katup ekspansi dan juga evaporator.

Komponen-komponen tersebut tentu memiliki beberapa bagian dan bagian-bagian tersebut juga memiliki fungsi sendiri-sendiri. Berbicara mengenai komponenAC, ada 4 komponen utama pada sistem AC yang pertama adalah komponen utama, komponen pendukung, komponen kelistrikan dan terakhir yakni komponen pendingin. Namun pada pertemuan kali ini kami akan menjelaskan mengenai komponen utama, salah satunya adalah Kondensor, mulai dari fungsi kondensor dan cara kerjanya.

Kondensor merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi sebagai penukar kalor atau panas, mengubah bentuk refrigerant dari bentuk gas ke cair serta menurunkan suhu temperatur refrigerant. Untuk bagian ini normalnya menggunakan udara sebagai media pendingin. Jumlah panas yang ada pada refrigerant dilepaskan ke udara dengan adanya bantuan dari kipas motor pada sistem AC. Komponen-komponen yang satu ini harus benar-benar terjaga agar AC mobil dapat berfungsi dengan maksimal.

Ada beberapa penyebab mengapa AC Mobil tidak dingin, salah satunya adalah dikarenakan adanya kerusakan pada salah satu komponen AC tersebut. Kekotoran pada sirip kondensor juga menjadi salah satu penyebab mengapa AC mobil tidak bekerja dengan maksimal. Baiklah untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai fungsi Kondensor AC yang lengkap dengan pengertian serta cara kerja Kondensor AC yang telah kami siapkan berikut ini.

READ  3 Fungsi Roller Pada Motor Matic yang Harus Anda Ketahui

Daftar Isi

Fungsi Kondensor AC : Pengertian & Cara Kerja

Fungsi Kondensor AC

Masalah yang Sering dialami Kondensor AC Mobil

  • Umur spare part yaitu spare part ac yang sudah lama dan aus harus diganti dengan yang baru
  • Freon habis yaitu kondisi di mana freon habis sehingga ac tidak dingin. Biasa karenakan oleh kebocoran
  • Kebuntuan yaitu kondisi di mana aliran freon terhambat sehingga tidak bisamengalir dengan normalnya
  • Kebocoran yaitu kondisi di mana aliran freon bocor sehingga freon habis.

Fungsi Kondensor AC

Fungsi Kondensor

Komponen yang satu ini memiliki fungsi untuk membuang udara panas dari Freon yang digunakan yang mana berasal dari kompresor AC. Bisa dikatakan Freon yang awalnya berbentuk gas akan berubah menjadi cair setelah dibantu cooling fan atau kipas pendingin. Dengan demikian, tanpa adanya kondensor, maka bentuk Freon yang awalnya gas tidak akan berubah menjadi cair. Untuk itulah mengapa bagian ini sangat mempengaruhi dinginnya Air Conditioner di dalam mobil.

Cara Kerja Kondensor AC

Cara Kerja Kondensor AC Mobil

  • Kondensor dapat dikenal dengan heat exchange yang bisa memindahkan panas ke udara.
  • Komponen ini merupakan bagian yang cukup panas dari AC Mobil, letak kondensor pada umumnya diletakan dibagian depan radiator mobil.
  • Freon yang sudah di pompa oleh kompresor ac mobil akan masuk kedalam kondensor dalam wujud gas bertekanan tinggi dan bersuhu sangat panas.
  • Hembusan angin dari pendingin atau fan yg menempel pada kondensor akan membuang panas yang di hasilkan serta menurunkan tekanan Freon dan terjadi perubahan wujud dari gas menjadi cair.
READ  Cara Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

Nah itulah beberapa hal yang dapat kalian pahamai mengenai Kondensor, mulai dari fungsi Kondensor AC, Cara kerja dan juga masalah yang sering dialami oleh Kondensor AC. Berbicara soal harga, harga Kondensor AC ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 2 jutaan. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tags: , ,