Ac Mobil Tidak Dingin Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

Ac Mobil Tidak Dingin – AC adalah salah satu komponen yang cukup penting untuk sebuah kendaraan, khususnya mobil. Hal ini juga tentunya bukan tanpa alasan, karena AC mobil memiliki fungsi untuk memberikan suasana sejuk di dalam mobil. Dengan adanya AC, penumpang pastinya akan lebih nyaman dalam perjalanan, apalagi ketika cuaca sedang panas. Kita dapat membayangkan jika kendaraan yang kita naiki tidak memiliki AC padahal cuaca sedang panas, pastinya kita akan kepanasan bukan? Hal inilah yang menjadikan AC menjadikan salah satu komponen yang cukup penting pada sebuah kendaraan.

Mobil keluaran terbaru saat ini memang kerap menyajikan kenyamanan pada bagian kabin, selain itu juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang membuat si penumpang menjadi aman dan juga nyaman dalam berkendara. Namun hal tersebut juga pastinya harus diikuti dengan perawatan yang baik agar tidak terjadi kerusakan. Contohnya jika terjadi kerusakan pada AC, seperti AC mobil kurang dingin atau mungkin malah mati, Hal ini pastinya akan sangat mengesalkan bukan? apalagi pada saat kondisi sedang panas.

Ac Mobil Tidak Dingin Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

Ac Mobil Tidak Dingin Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

Ac Mobil Tidak Dingin Ini Penyebabnya dan Cara Memperbaikinya

Maka dari itu kita harus cepat-cepat untuk memperbaikinya. Penyebab ac mobil tidak dingin juga ada bermacam-macam yang wajib kita ketahui. Nah seperti apa saja sebabnya, dibawah ini kami telah merangkum artikel mengenai penyebab AC mobil kurang dingin dan cara mengatasinya. Daripada penasaran, lebih baik langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Penyebab Ac Mobil tidak Dingin

Jika kondisi ac mobil tidak dingin atau kurang dingin dan anda ingin memperbaikinya, kami menyarankan untuk lebih dahulu mengerti apa penyebab dari semua itu. Nah untuk lebih jelasnya mengenai penyebab ac mobil tidak dingin, kalian dapat menyimak ulasan dibawah ini:

  • Saluran Buang Air Kondensasi Tersumbat

Penyebab pertama kondisi ac mobil tidak dingin adalah sering ditemukan kotoran yang menyumbat pada buangan air kondensasi. Jika kondisi ini dibiarkan maka rumah evaporator akan berembun dan meneteskan air yang nantinya akan membasahi dashboard. Disamping itu hembusan angin dari blower juga akan kurang maksimal dalam bekerja sehingga udara yang dikeluarkan menjadi minim.

  • Evaporator Kotor

Seperti kita ketahui bahwa evaporator adalah salah satu kompoen yang memiliki fungsi sangat penting untuk sebuah ac. Jadi apabila komponen yang satu ini mengalami kekotoran atau mungkin tersumbat, maka suhu yang dikeluarkan oleh ac mobil akan menjadi kurang maksimal. Biasanya hal ini disebabkan karena adanya debu yang menempel di permukaan evaporator, yang menjadikan aliran udara yang dikeluarkan blower tidak maksimal dan menjadikan ac mobil kurang dingin.

READ  25 Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Pemula
  • Kompresor Aus

Dan penyebab ac mobil tidak dingin yang ketiga adalah kompresor aus. Biasanya hal ini ditandai dengan keluarnya bunyi dari kompresor ketika ac dalam keadaan menyala. Penyebab utama dari kompresor aus ini yakni dikarenakan ekspansi tersumbat dan receiver driyer.

  • Kelebihan Oli Kompresor

Selanjutnya adalah kelebihan oli kompresor. Perlu diketahui bahwa sistem ac pada mobil memiliki volume sendiri, jadi apabila terjadi kelebihan oli kompresor maka space untuk freon akan menjadi berkurang yang nantinya juga mengakibatkan tekanan berlebih sehingga ac mobil kurang dingin.

  • Spul Magnetic Clutch Putus

Salah satu komponen ac mobil yang satu ini juga dapat menjadi penyebab kenapa ac mobil tidak berfungsi dengan baik. Spul magnetic Clutch yang putus juga nantinya akan berpengaruh pada kinerja ac mobil. Jika komponen ini terbakar atau putus, maka komponen ini tidak dapat terhubung dengan puli kompresor yang menyebabkan kompresor tidak akan berputar ketika kondisi mesin menyala.

  • Motor Cooling Fan Mati

Komponen penyebab ac mobil tidak dingin yang selanjutnya adalah Motor Cooling Fan. Komponen ini mati biasanya diakibatkan oleh pembuangan panas pada kondensor yang kurang baik sehingga suhu yang dikeluarkan menjadi kurang maksimal.

  • Radiator dan Kondesor Kotor

Kemudian yang menjadi penyebab ac mobil tidak dingin atau kurang dingin yang lainnya adalah terjadi kekotoran pada kondensor dan radiator. Biasanya disebabkan oleh masuknya debu pada sirip permukaan yang tertekuk. Dan jika kondensor kotor biasanya disebabkan oleh pembuangan panas dari freon yang bertekanan tinggi pada kondensor sehingga proses kondensasi menjadi tidak sempurna.

  • Freon Habis

Freon habis juga dapat menjadi penyebab ac mobil tidak dingin. Kurang atau habisnya freon ini disebabkan oleh terjadinya kebocoran pada sistem ac mobil sehingga kinerja ac mobil menjadi kurang maksimal.

  • Drive Belt Putus

Kemudian drvie belt yang terputus juga menjadi salah satu penyebab ac mobil tidak dingin. Dimana fungsi drive belt ini sangatlah penting, karena jika putus maka dapat dipastikan jika ac mobil tidak bekerja maksimal. Drive belt ini memiliki fungsi menjadi penghubung putaran mesin dengan putaran kompresor ac.

  • Adanya Overheating

Dan yang terakhir adalah adanya overheating pada mesin. Mesin terlalu panas inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa kondisi ac kurang maksimal dalam bekerja. Karena jika panas berlebih, maka kipas kondensor tidak akan berputar alias mati.

READ  8 Cara Menghilangkan Goresan Pada Mobil Paling Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Ac Mobil tidak Dingin

Seperti yang sudah kami bahas diatas bahwa untuk mengatasi ac mobil kurang dingin, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa penyebab, kenapa ac mobil tidak bekerja dengan sempurna. Contoh, jika ac mobil tidak dingin atau kurang dingin dikarenakan overheating, maka untuk mengatasinya kita harus mendinginkan mesin mobil terlebih dahulu agar temperatur menjadi normal. Akan tetapi jika ac mobil tidak dingin dikarenakan ada beberapa komponen ac yang tidak normal, seperti kotor atau tersumbat, maka kalian harus membersihkan komponen tersebut agar ac bisa bekerja normal kembali.

Nah itulah beberapa ulasan mengenai ac mobil tidak dingin ini penyebabnya dan cara memperbaikinya. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua yang mungkin sedang kebingungan dalam memperbaiki ac mobil yang kurang dingin. Kami sarankan untuk lebih mengetahui penyebab kenapa ac tersebut tidak dingin sebelum melakukan perbaikan ac pada mobil anda. Sekian dari kami dan terima kasih atas perhatiannya.

Tags: ,