15 Komponen AC Mobil dan Fungsinya Terlengkap 2020

Komponen AC Mobil – Berbeda dengan dahulu, sekarang ini Indonesia memiliki suhu panas yang mungkin bisa di bilang tinggi. Tidak heran penggunaan alat pendingin atau yang lebih di kenal dengan AC cukup banyak digunakan masyarakat.

Hal tersebut juga berlaku untuk AC mobil yang mana ini menjadi salah satu alat pendingin yang tentunya akan memberikan kenyamanan kepada setiap penggunanya. Terlebih lagi disaat musim panas seperti sekarang ini, tentu saja AC mobil yang memiliki kondisi baik akan sangat membantu.

Namun pernah tidak kalian para pengguna mobil yang mengerti apa s aja komponen AC mobil dan bagimana cara kerja AC mobil itu ? Nah bagi pengguna yang masih belum mengerti akan hal tersebut, tidak masalah dan tidak perlu kawatir.

Karena seperti tertulis pada judul diatas, kali ini otoflik.com akan membagikan beberpa info mengenai komponen AC mobil dan Fungsinya dari tiap-tiap komponen tersebut. Jadi silahkan kalian simak info terlengkapnya dibawah ini.

Komponen AC Mobil dan Fungsinya Terlengkap

Komponen AC Mobil Terlengkap

Dalam sistem kerja AC mobil, setidaknya ada dua bagian krusial yang akan bisa membuat AC bekerja secara normal. Dua bagian tersebut tentu saja komponen AC mobil itu sendiri dan juga komponen elektrikal yang terhubung ke sistem AC mobil tersebut. Dan berikut adalah kompone AC mobil dan fungsinya yang bisa kalian pahami.

Komponen AC Mobil

AC mobil merupakan salah satu bagian yang tentunya sangat amat penting bagi sebagian besar orang. Terlebih bagi mereka yang selalu melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil. Dan berikut adalah beberapa komponen AC mobil utama yang perlu kalian pahami dan ketahui.

1. Kompresor AC

Kompresor AC

Ini merupakan salah satu komponen AC mobil yang cukup penting keberadaannya. Pasalnya kompoen ini berfungsi untuk memompa aliran freon agar freon tersebut mampu bersirkulasi ke semua komponen AC mobil.

Bukan hanya itu saja, komponen ini juga difungsikan untuk menekan freon agar molekuk freon lebih rapat. Alhasil tekanan freon pun akan jauh lebih besar dari selang input kompresor. Sehingga proses ekspansi bisa berjala dengan lebih sempurna.

2. Kondensor AC

Kondensor AC

 

Komponen AC Mobil yang berikutnya adalah Kondensor AC Mobil. Kondensor ini memiliki fungsi yang juga tidak kalah pentingnya dalam sistem kerja AC Mobil. Pasalnya komponen ini dapat memindahkan panas dari dalam freon ke udara luar.

Dimana untuk melepaskan panas ke udara dengan semaksimal mungkin, freon tentunya harus melewati beberapa core seperti halnya sistem kerja radiator. Dimana disela-sela core tersebut ada rongga yang akan bisa membuat udara yang melewatinya akan membawa suhu panas tersebut.

READ  Cara Memahami Arti Kedipan Lampu Indikator Motor Injeksi

3. Dryer

Dryer

Merupakan komponen tambahan yang ada pada sistem kerja AC mobil. Namun fungsi dari komponen ini juga cukup penting. Yang dimana sesuai dengan namanya, fungsi utama dari komponen yakni untuk mengeringkan freon dari air.

Sebagai gambaran komponen AC mobil yang satu ini hampir mirip dengan komponen filter udara. Dimana pada bagian dalamnya terdapat material pasir silika yang akan mampu mengikat air yang berasal dari aliran freon tersebut sehingga freon pun akan kembali kering.

4. Expansion Valve

Expansion Valve

Selanjutnya ada yang namanya komponen Expansion Valve. Dimana komponen ini nantinya akan bertugas untuk mengubah freon yang memiliki bentuk cair agar lebih ke bentuk gas dengan melalui proses spraying.

Tujuan utama digunakannya proses spraying pada komponen AC yang satu ini tentunya untuk membuat suhu freon bisa semakin dingin sebelum freon tersebut masuk ke Evaporator.

5. Evaporator

Evaporator

Masih berkaitan dengan komponen AC mobil diatas, ketika freon sudah berhasil masuk ke Evaporator. Maka freon tersebut akan di dinginkan untuk selanjutnya di alirkan ke dalam ruang kabin. Dengan begitu udara sejuk dan segar di dalam kabin pun akan lebih terasa.

Pada dasarnya Evaporator atau filter AC mobil sendiri memiliki prinsip kerja yang hampir sama dengan Kondensor AC seperti kami jelaskan diatas. Yang dimana suhu dingin dari freon akan di salurkan lagi kedalam core yang juga memiliki beberapa sirip-sirip konduktor

6. High Pressure Hose

High Pressure Hose

Selain komponen-komponen diatas, ada pula komponen AC mobil yang lain yang perlu juga untuk kalian ketahui. Komponen tersebut bernama High Pressure Hose. Yang mana komponen ini memiliki fungsi utama sebagai saluran yang nantiunya akan mengalirkan freon cair dengan tekanan tinggi.

Dan seperti kami jelaskan diatas, umumnya selang ini memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan dengan selang Low Pressure Hose. Hal ini tentunya untuk membuat perbedaan tekanan yang nantinya dimanfaatkan untuk membuat sistem spraying bekerja.

7. Low Pressure Hose

Low Pressure Hose

Jika High Pressure Hose merupakan selang berukuran kecil yang akan digunakan untuk menyalurkan freon dalam bentuk cair. Sementara Low Pressure Hose ini meselang yang memiliki ukuran lebih besar.

Dimana komponen yang satu ini bukan lagi akan menyalurkan freon dalam bentuk cair melainkan sudah dalam bentuk gas bertekanan rendah dari Evaporator yang kembali ke Kompresor.

8. Cooling Fan

Cooling Fan

Komponen yang selanjutnya adalah Cooling Fan. Sesuai namanya, jelas komponen ini merupakan kipas pendingin yang akan mandinginkan bagikan kondensor AC mobil yang terletak dibagian depan radiator mobil. Ketika Cooling Fan berputar dan berhembus, maka suhu panas freon saat melewati kondensor akan berkurang.

9. Blower

Blower

Berbeda dengan Cooling Fan diatas, komponen AC mobil yang satu ini memiliki fungsi utama untuk menghembuskan udara melewati Evaporator. Dan pada sisitem kerja AC mobil, Blower ini juga yang akan menjadi ventilator dari sistem ventilasi mobil.

READ  8 Penyebab Karburator Banjir Paling Sering Terjadi 2020

10. Freon

Freon

Nah komponen AC mobil yang terakhir adalah Freon yang bergugas sebagai refrigerant. Freon sendiri merupakan gas khusus yang memiliki suhu normal dingin. Bahkan suhu freon sebelum di dinginkan saja bisa mencapai 0 derajat celcius.

Selain itu penggunaan freon juga lebih di karenakan komponen ini mampu menahan radiasi panas yang lebih baik.

Komponen Elektrikal AC Mobil

Diatas merupakan komponen AC Mobil utama yang harus kalian pahami dan ketahui. Namun dari semua komponen diatas tentunya untuk bisa berkerja harus menggunakan komponen kelistrikan atau elektrikal. Nah berikut adalah beberapa komponen elektrikal AC Mobil.

1. Magnetic Clutch

Magnetic Clutch

Komponen elektrikal pertama dari AC mobil yang paling utama adalah Magnetic Clutch. Komponen ini akan mengatur kapan waktunya kompresor dapat bekerja meskipun pulley mesin tetap berputar.

Hal ini tentu saja sangat di perlukan karena ketika kompresor bekerja maka tekanan freon pn akan semakin tinggi. Tentunya itu akan berbahaya apabila tidak di hentikan.

Oleh karena itu komponen ini sangatlah penting keberadannya sebagai pemutus hubungan antara pulley kompresor dengan poros kompresor disaat tekanan freon sudah mencapai titik maksimum.

2. Thermostat

Thermostat

Kemudian ada juga komponen bernama Thermostart. DImana komponen ini memiliki tugas untuk memberikan sinyal kondisi temperatur yang ada didalam kabin ke kompresor dengan cara otomatis.

Sementara didalam komponen ini juga terdapat sebuah sensor yang akan mendeteksi suhu pada evaporator. Tidak hanya sampai disitu, Thermostart juga memiliki peranan penting karena akan menjadi pengatur kerja untuk kompresor AC.

3. Pressure Switch

Pressure Switch

Untuk mengamankan sistem kerja AC mobil, terdapat satu komponen yang bernama Pressure Switch atau Press Switch. Yang dimana dibagian dalam komponen ini terdapat sensor liquid yang secara otomatis akan bekerja dengan didasarkan pada tekanan yang ada pada sirkulasi gas freon dan temperatur suhu mesin.

4. Relay

Relay

Tentunya sudah tidak lagi asing dong dengan komponen yang satu ini karena komponen ini hampir ada disetiap komponen kelistrikan di Mobil ataupun Motor.

Nah fungsi utama dari Relay pada AC mobil tentunya untuk mengalirkan arus listrik ke magnetic clutch, blower motor serta yang lainnya untuk mencegak terjadinya kerusakan pada kunci kontak.

5. Amplifier AC

Amplifier AC

Komponen terakhir dari AC mobil adalah amplifier AC. Komponen ini merupakan rtangkaian elektronik yang berfungsi sebagai relay otomatis. Yang mana komponen ini nantinya akan menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dari baterai ke Magnetic Clutch.

Itulah kiranya komponen AC mobil yang perlu dan harus kalian ketahui. Dengan mengetahui komponen-komponen tersebut tentunya kalian akan bisa lebih memahami sistem kerja dari rangkaian AC mobil. Semoga inforamsi diatas bisa bermanfaat.

Tags: ,