9 Komponen Radiator Mobil : Cara Kerja Beserta Fungsinya 2020

Komponen Radiator Mobil – Merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting didalam kinerja kendaraan, Radiator tentu saja harus dijaga dan dirawat dengan baik agar selalu memberikan kinerja yang optimal dan maksimal. Jika tidak biasanya hal ini akan berimbas pada jangka waktu pemakaian radiator yang tidak tahan lama.

Perawatan yang baik pada radiator akan tetap menjaga sistem kerja dan juga kualitas dari radiator. Maka dari itu apabila kalian tidak ingin mengeluarkan biaya lebih hanya untuk perbaikan atau penggantian radiator mobil. Tidak ada salahnya kalian merawat radiator mobil tersebut secara rutin, karena untuk proses perawatannya pun tidaklah terlalu sulit.

Bila melihat dari cara kerja radiator, tidak bisa dipungkiri hampir sama seperti bagian penting lain yang ada pada kendaraan. Radiator merupakan sebuah bagian penting dari sistem pendinginan mobil yang tersusun dari beberapa komponen lain didalamnya yang saling terhubung.

Dengan begitu ketika kalian melakukan perawatan pada salah satu bagian terpenting dari sistem kerja mesin mobil ini. Pastikan tiap-tiap komponen radiator mobil masih berfungsi dengan baik. Nah bicara mengenai hal tersebut, apa saja sih komponen radiator mobil yang ada serta apa saja fungsinya ?

Komponen Radiator Mobil, Cara Kerja Beserta Fungsinya

Komponen Radiator Mobil Beserta Fungsinya

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kali ini otoflik.com akan membagikan secara rinci mengenai bagian-bagian radiator mobil lengkap dengan fungsi dari tiap-tiap komponen tersebut. Jadi bagi kalian yang ingin mengetahuinya silahkan simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Fungsi Utama Radiator Mobil

Pada dasarnya fungsi utama dari sebuah radiator pada kendaraan baik mobil ataupun motor yaitu sebagai pembuang panas mesin melalui media cair yang bersirkulasi didalam mesin agar temperatur mesin mobil tetap terjaga dan stabil. Biasanya dalam penggunaan media cair tersebut dapat berupa air biasa ataupun air radiator mobil atau motor khusus.

Cara Kerja Radiator Mobil

Cara Kerja Radiator Mobil

Sementara untuk cara kerja atau sistem kerja dari radiator mobil sendiri yaitu dengan cara membuang panas air pendingin yang berasal dari mesin dengan cara disirkulasikan dengan menggunakan pompa air. Dalam sirkulasinya, air tersebut akan melewati sirip radiator yang kemudian terhempas angin dari kipas radiator.

Yang dimana ketika posisi air pendingin radiator tersebut sudah berhasil didinginkan maka akan ditampung pada tangki radiator bawah kemudian dihisap kembali oleh water pump (pompa air) ketika thermostat mesin terbuka disaat posisi air yang melewatinya sudah mendidih karena panas mesin.

READ  25 Mobil Balap Keren Tercepat Terbaru di Dunia 2020

Nah bagi kalian yang belum tahu apa itu thermostat atau ingin mengenal dan mengetahui lebih jelas mengenai thermostat, silahkan kalian baca fungsi dan cara kerja thermostat yang sudah pernah kami sampaikan sebelumnya.

Komponen Radiator Mobil

Setelah mengetahui secara rinci tentang fungsi utama radiator pada sistem pendingin mobil dan cara kerja radiator mobil seperti diatas kami sampaikan. Berikut ini adalah beberapa komponen radiator mobil utama yang perlu kalian ketahui beserta fungsi-fungsinya.

1. Upper Tank

Upper Tank Radiator Mobil

Seperti nama yang dibawanya, upper tank merupakan sebuah komponen yang terletak dibagian atas radiator dan merupakan saluran masuk air pendingin. Dilihat dari sistem kerjanya, upper tank berfungsi sebagai penampung air pendingin bersuhu tinggi yang datang dari mesin sebelum didinginkan oleh radiator core.

Dan pada komponen radiator mobil yang satu ini masih terdapat dua komponen penting lain yang ada yaitu :

A. Radiator Cup (Tutup Radiator)

Yang dimana jika dilihat lagi dari sisitem kerja upper tank, komponen Radiator Cup ini merupakan komponen yang akan berfungsi untuk menjaga serta mengontrol tekanan dan juga temperatur air pendingin mesin agar tetap stabil.

B. Saluran Reservoir

Sementara untuk saluran Reservoir sendiri merupakan sebuah saluran air yang akan menuju ke Reservoir Tank atau tangki cadangan air radiator. Yang dimana saluran ini berfungsi untuk mengalirkan air ke penampung radiator jika tekanan dalam sistem radiator berlebih.

Selain itu saluran Reservoir juga berfungsi untuk membuang tekanan berlebih tersebut ke udara bebeas melalui tangki cadangan. Dengan begitu pada sistem kerja Radiator mobil tidak akan terjadi kelebihan tekanan yang dapat mengakibatkan hal-hal tidak di inginkan.

2. Radiator Core

Radiator Core

Komponen radiator mobil yang selanjutnya adalah Radiator Core. Dilihat dair bentuknya, komponen yang satu ini mempunyai bentuk seperti pipa pipih yang berukuran cukup kecil serta memanjang. Yang dimana pipa-pipa tersebut akan saling terhubung antara upper tank dan lower tank.

Dan dalam satu paket radiator, biasanya pipa-pipa tersebut dibentuk dalam jumlah banyak agar dapat mengalirkan air pendingin dari upper tank ke lower tank agar lebih banyak menampung air dalam satu kali proses pendinginan.

Disamping itu dibuatnya pipa-pipa radiator core yang dibuat pipih dan berukuran sangat kecil juga bertujuan untuk memperlambat aliran air agar proses pendinginan lebih maksimal.

READ  13 Honda Civic Bekas Murah Semua Tipe Terbaru 2020

Dan didalam penggunannya, komponen radiator mobil ini terdapat tiga jenis yaitu Harison Type, Plate Fin Type, dan Corrugated Fin Type yang dibedakan dari model sirip pendinginnya.

3. Sirip Radiator

Sirip Radiator

Selanjutnya ada komponen yang bernama sirip radiator atau juga banyak pula orang yang menyebutnya dengan sirip pendingin. Hal tersebut karena sirip ini berfungsi untuk membantu proses pendinginan air yang melewati radiator core.

Dan pada umumnya sirip radiator ini dibuat dengan bentuk zig-zag dan diletakan diatara sela-sela radiator core. Adapun sirip radiator sendiri terbuat dari bahan plat sangat tipis.

4. Lower Tank

Lower Tank Radiator Mobil

Tangki bawah atau lower tangk juga merupakan komponen radiator mobil yang sangat penting, pasalnya komponen ini akan berfungsi untuk menampung air yang sudah didinginkan pada saat melewati radiator core dengan bantuan kipas pendingin radiator.

Selain itu pada lower tank juga terdapat sebuah saluran khusus yang akan terhubung dengan water pump untuk mensupplay air dingin ke dalam mesin.  Dan perlu diketahui, pada bagian lower tank ini juga masih terdapat komponen lain yaitu :

A. Drain Plug

Dari namanya sudah jelas bahwa komponen radiator mobil yang terletak dibagian lower tank ini berfungsi untuk saluran pembuangan air radiator pada saat kalian ingin menguras atau membersihkan radiator.

5. Reservoir Tank

Reservoir Tank Radiator Mobil

Komponen radiator mobil yang selanjutnya adalah reservoir tank. Yang dimana seperti kami jelaskan diatas, reservoir tank sendiri merupakan sebuah tangki cadangan yang difungsikan untuk menampung air radiator. Pada umumnya reservoir tank dibuat terpisah dari radiator namun masih tetap terhubung melakui saluran reservoir.

6. Kipas Pendingin Radiator

Kipas Pendingin Radiator

Dan komponen radiator mobil yang terakhir adalah kipas pendingin radiator. Dari penjelasan yang sudah kami sampaikan diatas, bisa dibilang komponen yang satu ini merupakan media bantu untuk mendinginkan air yang melewati radiator core. Dimana hembusan angin dari kipas akan semakin mempercepat pembuangan panas yang terdapat pada air.

Bagaimana sudah jelas dan paham sekarang tentang apa saja fungsi utama radiator, cara kerja radiator dan juga komponen radiator mobil ini ? Jika sudah pastikan kalian selalu merawat komponen-komponen tersebut dengan baik, karena jika tidak bukan hanya akan membuat sistem kerja mesin terganggu namun bisa berakibat air radiator mobil cepat habis.

Nah itulah kiranya informasi yang kali ini dapat otoflik.com sampaikan, semoga apa yang sudah kami rangkum bisa bermanfaat bisa menjadi wacana yang menarik untuk flikermania simak.

Tags: , ,