√ Biaya Service Radiator Mobil Bocor dan Rusak di Bengkel

Biaya Service Radiator Mobil – Radiator pada mobil menjadi bagian yang bisa dibilang cukup penting dan punya peranan yang sangat besar terhadap kinerja mesin mobil. Pasalnya komponen yang satu ini akan bertugas untuk mendinginkan suhu mesin mobil melalui cairan yang terus bersirkulasi.

Jika kondisi radiator rusak atau bocor, otomatis mesin akan mengalami kendala. Termasuk mengalami overheat atau panas berlebih karena suhu mesin tidak didinginkan secara sempurna. Hal tersebut tentunya bukan menjadi hal yang diharapkan para pemilik mobil.

Namun meski sudah tahu begitu pentingnya fungsi radiator mobil, akan tetapi tidak sedikit para pemilik mobil yang mengabaikan perawatan rutin pada komponen ini. Padahal dengan selalu mengganti AIR RADIATOR MOBIL secara berkala sudah lebih dari cukup untuk menjaga kondisi radiator tetap awet dan tahan lama.

Memberikan perawatan pada sistem pendingin mesin mobil ini sejatinya sudah menjadi kewajiban bagi para pemilik mobil. Sebab bukan hanya akan mengganggu performa mesin, ketika kondisi radiator mobil rusak maka menuntut kalian harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki atau bahkan menggantinya dengan yang baru.

Biaya Service Radiator Mobil Bocor Rusak

Nah bicara mengenai biaya, sejatinya biaya service radiator mobil cukup bervariatif. Mengingat setiap kerusakan yang terjadi punya penanganannya sendiri-sendiri, sehingga tidak bisa kita pukul rata biaya yang harus dikeluarkan. Yang pasti semakin parah kerusakan maka biaya service pun semakin besar.

Biaya Service Radiator Mobil di Bengkel

Beda kasus jika radiator mobil hanya BOCOR atau fungsi tutup radiator sudah tidak lagi berfungsi. Maka biaya yang dikeluarkan pun cukup murah dan terjangkau. Namun jika kalian ingin mengetahui lebih jelas tentang biaya service radiator mobil, dibawah ini sudah otoflik.com rangkum beberapa estimasi biaya sesuai dengan jenis kerusakannya.

Biaya Pembongkaran Radiator

Biaya Pembongkaran Radiator

Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, kerusakan yang terjadi pada komponen radiator mobil tidak bisa kita pukul rata. Sebagai contoh biaya pembongkaran radiator dan biaya pengecekan pun tidak akan sama.

Jadi saat kalian memiliki mobil dengan radiator yang mungkin mengeluarkan bunyi seperti “ngorok”, biasa penanganan yang perlu dilakukan yakni cukup membongkar dan membersihkan semua bagian radiator tersebut.

Bahkan saat proses service pembongkaran ini, tidak hanya dilakukan pengecekan dan pembersihan. Tetapi di bengkel-bengkel besar, biasanya ketika proses pembongkaran, para mekanik juga akan menakar kemungkinan ada tidaknya komponen yang rusak dan perlu di ganti.

READ  9 Air Radiator Mobil Terbaik Murah & Terbaru 2021

Jika setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan tidak terjadi kerusakan. Maka proses pemasangan radiator pun bisa dilakukan kembali. Dan umumnya biaya service pembongkaran radiator sendiri akan dibanderol sekitar Rp 200 sampai Rp 250 ribu rupiah.

Harga Pengecekan Radiator

Harga Pengecekan Radiator

Dalam pemeriksaan dan perawatan radiator mobil, selain ada proses pembongkaran untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Beberapa bengkel radiator mobil juga punya paket perawatan mobil untuk pengecekan standar.

Dimana proses pengecekan standar ini hanya dikenai biaya sekitar Rp 100.000 ribu rupiah. Biaya service radiator mobil untuk paket ini memang tergolong murah dan terjangkau, akan tetapi dengan selalu rutin melakukannya setidaknya 1 bulan sekali.

Maka bisa dipastikan bahwa kondisi radiator mobil akan tetap dalam keadaan sehat. Karena secara umum, dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 100 ribu rupiah untuk pengecekan, ada beberapa pekerjaan yang akan dilakukan montir saat memeriksa kondisi radiator.

Beberapa pemeriksaan tersebut sudah termasuk untuk pemeriksaan selang radiator serta penggantian air radiator yang biasanya memakai air biasa. Namun jika memungkinkan kalian juga bisa membawa air radiator sendiri agar sekalian dilakukan penggantian oleh montir saat service pengecekan.

Biaya Kuras Radiator

Biaya Kuras Radiator

Dari dua pembahasan diatas, sudah bisa dilihat bahwa biaya service radiator mobil untuk pengecekan dan pembongkaran sudah berbeda. Begitu juga dengan biaya service untuk pekerjaan menguras radiator. Yang dimana selain pemeriksaan dan juga pengecekan.

Kegiatan menguras radiator juga ternyata cukup penting dan berpengaruh besar terhadap kinerja radiator saat mendinginkan suhu mesin. Mengingat dengan dilakukannya pengurasan pada radiator, akan membuat fungsi-fungsi setiap komponen dapat maksimal.

Kenapa demikian? karena seiring dengan adanya penggunaan mobil yang rutin, maka membuat sirkulasi air radiator pun semakin sering terjadi. Dan dalam sirkulasi inilah yang terkadang air membawa partikel-partikel kotoran dan bias saja menempel pada dinding-dinding komponen.

Nah untuk melakukan pengurasan sendiri tidaklah terlalu memakan biaya yang besar. Dimana dari beberapa sumber yang otoflik.com dapatkan, biaya service kuras radiator sendiri di patok sekitar Rp 20 ribu sampai dengan Rp 30 ribu rupiah.

Biaya tersebut merupakan biaya service radiator mobil standar untuk pengurasan air dan penggantian air biasa. Apabila ingin memakai air radiator khusus seperti radiator super coolant, antifreeze coolant protector serta coolant radiator, maka biayanya sekitar Rp 50.000 – Rp 100.000 ribu rupiah.

Tarif Service Radiator Full

Tarif Service Radiator Full

Umumnya service radiator full mulai dari pengecekan, kuras hingga pembongkaran memiliki tarif yang berbeda-beda untuk setiap bengkel. Namun biaya service radiator mobil secara full ini juga tergolong paling mahal bila dibandingkan dengan ketiga biaya service diatas.

READ  5 Cat Tahan Panas Untuk Knalpot Motor Mobil Harga Murah 2021

Kenapa demikian? karena umumnya service radiator full benar-benar akan menjadi service yang cukup rumit. Mengingat hampir semua KOMPONEN RADIATOR MOBIL akan di lepas dan di bersihkan hingga di ganti apabila terjadi kerusakan yang bisa menimbulkan gagal fungsi.

Tidak heran jika biaya service radiator mobil benar-benar dihargai cukup mahal. Bila melihat secara umum, rata-rata biaya service radiator full untuk kendaraan roda empat berkisar antara Rp 250.000 ribu rupiah hingga Rp 400.000 ribu rupiah

Itu pun hanya sebatas ongkos service, belum termasuk biaya penggantian komponen apabila terjadi kerusakan yang parah. Jadi semakin minim kerusakan yang terjadi maka biaya service full akan bisa di minimalisir, tetapi jika tingkat kerusakan parah, maka biaya service pun jauh lebih mahal.

Tips Menjaga Radiator Mobil Awet

Tips Menjaga Radiator Mobil Awet

Setelah mengetahui biaya service radiator mobil seperti yang sudah otoflik rangkum serta jelaskan di atas. Tentu ada beberapa service yang memang sudah semestinya dilakukan secara rutin dan berkala. Namun jika memilih tidak melakukan service secara berkala.

Maka otoflik.com sarankan untuk selalu melakukan beberapa tips berikut ini, dengan tujuan agar kondisi radiator mobil tetap awet dan tetap bisa bekerja dengan maksimal untuk mendinginkan suhu panas mesin mobil yang terjadi akibat adanya pembakaran.

  1. Selalu bersihkan tangki radiator secara rutin dan berkala.
  2. Pastikan selalu membersihkan komponen radiator baik itu bagian dalam ataupun bagian luar.
  3. sebisa mungkin jangan gunakan air kran, lebih baik gunakan air radiator khusus.
  4. Semprot bagian kisi-kisi radiator disaat kalian mencuci mobil.
  5. Gunakanlan cairan coolant standar pabrik agar sesuai dengan spesifikasi yang sudah ditentukan.
  6. Cek secara rutin volume cairan radiator.

Itulah beberapa tips mudah untuk membuat radiator mobil tetap awet dan tahan lama jika kalian tidak ingin mengeluarkan biaya service yang tinggi dan mahal seperti kami sampaikan di atas. Atau untuk lebih jelasnya bagaimana CARA MERAWAT RADIATOR MOBIL, bisa kalian baca pada artikel otoflik sebelumnya.

Akhir Kata

Seperti itu kiranya informasi yang dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini terkait biaya service radiator mobil serta tips menjaga radiator tetap awet dan tahan lama. Semoga informasi diatas bisa menjadi referensi serta wacana menarik, bermanfaat dan membantu.

Tags: , , ,