7 Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak & Cara Memperbaiki

Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak – Kendaraan bermotor masih menjadi sarana transportasi paling banyak digunakan sekarang. Menghemat tenaga, biaya dan efisiensi waktu jadi alasan utama kendaraan tetap jadi opsi utama saat ingin bepergian baik jarak dekat ataupun jauh.

Jenis kendaraan bermotor sendiri ada begitu banyak pilihannya, termasuk sepeda motor ataupun mobil. Kedua jenis kendaraan ini secara fisik dan struktur memang berbeda. Tetapi keduanya sama-sama punya satu bagian penting yang menjadi dapur pacunya.

Bagian penting yang otoflik maksud tersebut adalah mesin. Dalam rangkaian kendaraan bermotor, mesin menjadi bagian paling punya peran penting untuk membuat kendaraan bisa bergerak maju ataupun mundur. Dan di dalam satu buah mesin motor / mobil ada banyak komponen.

Dimana, setiap KOMPONEN MESIN mobil maupun motor tersebut akan saling berhubungan untuk memberikan kinerja maksimal. Satu saja komponen rusak, kinerja mesin akan mengalami kendala. Termasuk ketika gasket atau packing silinder head mesin rusak.

Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak Cara Memperbaiki

Packing silinder head mesin sendiri punya fungsi untuk merapatkan blok mesin serta KEPALA SILINDER (Cylinder Head) agar kompresi dan oli tidak bocor. Maka jika saat ini oli kendaraan cepat habis, mesin tak bertenaga / mesin overheat, bisa jadi merupakan tanda packing silinder head mesin rusak.

Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak

Selain mengalami masalah seperti di atas kami sampaikan, setidaknya ada beberapa tanda – tanda lain menunjukan gasket / packing silinder head mesin rusak. Apa saja kiranya ciri ciri packing silinder head mesin rusak? berikut sudah otoflik.com buatkan beberapa daftarnya.

1. Air Radiator di Bawah Manifold Bocor

Air Radiator di Bawah Manifold Bocor

Mengacu pada fungsi utama dari packing yang berguna untuk merapatkan bagian jalur water jacket dari dalam blok silinder ke bagian kepala silinder (Cylinder Head). Maka harus dipastikan bahwa kondisi gasket atau packing harus benar.

Namun jika saat diperiksa ternyata di bagian bawah intake dan exhaust manifold terdapat rembesan air, itu adalah tanda – tanda packing silinder head mesin rusak serta harus segera kalian ganti. Jika tidak sistem pendinginan mesin akan mengalami masalah & membuat mesin mengalami overheat.

2. Keluarnya Asap Putih dari Knalpot

Keluarnya Asap Putih dari Knalpot

Kemudian ciri ciri lain packing atau gasket silinder head mesin rusak berikutnya yakni keluarnya asap putih dari knalpot. Tidak hanya menjadi tanda bahwa kondisi packing rusak, keluarnya asap putih dari bagian knalpot juga menjadi CIRI KLEP MOBIL BOCOR.

READ  √ Biaya Ganti Plat Mobil 2021 : Syarat, Ketentuan & Cara Urus

Dan pada saat kondisi gasket rusak, setidaknya hal ini akan membuat beberapa oli mesin akan keluar & merembes masuk ke bagian ruang bakar. Dalam hal tersebut, ketika ada oli masuk ke ruang bakar otomatis gas buang akan berubah menjadi putih.

3. Terdapat Gelembung Udara di Tangki Radiator

Terdapat Gelembung Udara di Tangki Radiator

Tanda – tanda packing silinder head mesin rusak berikutnya bisa kalian pahami adalah terdapatnya gelembung udara di dalam tangki radiator. Seperti kita semua ketahui, sistem kerja radiator mobil harus benar-benar vakum serta tidak boleh ada udara masuk.

Namun jika kondisinya terbuka atau ada bagian yang bocor, tidak bisa kita pungkiri gelembung udara di dalam tangki radiator pun akan muncul. Hal ini biasanya seringkali terjadi karena packing silinder head mesin melengkung atau bocor.

4. Panas Berlebih / Overheating Di bagian Mesin

Overheating Dibagian Mesin

Mesin kendaran memang cenderung akan selalu panas ketika digunakan. Namun panas berlebih ketika baru dihidupkan mungkin menjadi tanda – tanda adanya kondisi mesin yang tidak sempurna. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena packing silinder head mesin rusak.

Kondisi ini akan terjadi karena air radiator seharusnya akan mendistribusikan panas ke udara bebas dengan sistem kerja radiator, sedikit demi sedikit hilang atau habis karena rembes keluar yang diakibatkan adanya kebocoran di bagian packing silinder head mesin rusak.

5. Air Radiator Mengandung Minyak

Air Radiator Mengandung Minyak

Tanda packing silinder head mesin rusak berikutnya yakni kondisi air radiator saat dilakukan pengecekan justru terlihat adanya kandungan minyak. Hhal ini biasanya akan terjadi ketika ada oli mesin masuk ke dalam saluran air radiator.

Nah masuknya rembesan oli ke dalam sistem pendingin mesin sendiri bisa terjadi dengan banyak sekali faktor penyebabnya. Selain karena kondisi packing atau gasket silinder head mesin yang rusak, bisa juga terjadi karena dinding water jacket retak. Jika sudah mengalaminya, segera bawa ke bengkel.

6. Oli Berubah Warna Menjadi Kecoklatan

Oli Berubah Warna Menjadi Kecoklatan

Melakukan perawatan mesin secara berkala terutama penggantian oli mesin merupakan salah satu hal yang sudah wajib dilakukan. Dengan begitu kondisi mesin akan selalu terawat. Disisi lain, saat penggantian oli kalian akan dapat melihat kondisi oli telah digunakan.

Saat kondisinya berubah warna menjadi kecoklatan dan tidak lagi hitam. Maka bisa dipastikan hal tersebut karena telah tercampur dengan air. Kondisi ini biasanya dikarenakan air dari bagian sistem pendingin bocor sekaligus menjadi tanda rusaknya packing silinder head.

7. Performa Mesin Menurun

Performa Mesin Menurun

Ciri atau tanda – tanda packing silinder head mesin rusak paling parah adalah kondisi mesin mulai menurun. Yap, menurunnya performa mesin bukan hanya karena adanya kerusakan dari bagian utama mesin seperti piston, ring piston atau busi saja.

READ  75 Pajak Mobil Terios 2021 : Tahunan, 5 Tahunan & Denda

Tetapi menurun & hilangnya kompresi pada mesin juga bisa dikarenakan adanya kebocoran di bagian mesin. Hal tersebut biasanya terjadi karena kondisi packing silinder head mesin rusak atau melengkung. Untuk itu pastikan segera membawa kendaraan ke bengkel.

Penyebab Packing Silinder Head Mesin Rusak

Penyebab Packing Silinder Head Mesin Rusak

Melengkung, bocor dan rusaknya packing silinder head mesin memang menjadi masalah besar bagi setiap pemilik kendaraan. Sebab, tidak saja hanya akan membuat kendaraan mengalami masalah bahkan parahnya harus OVERHAUL atau turun mesin.

Kondisi packing silinder rusak juga membuat kita harus segera merogoh kocek untuk membayar biaya perbaikan packing silinder head mesin. Nah bicara mengenai rusaknya packing silinder head, sebenarnya apa sih yang menjadi pemicu atau penyebab packing tersebut rusak?

  1. Kurangnya perawatan dan perhatian terhadap kondisi mesin mobil.
  2. Kondisi mesin jarang dibersihkan setelah terkena debu atau kerak oli yang menempel.
  3. Dan usia pakai kendaraan yang sudah lebih dari 10 tahun.

Cara Memperbaiki Packing Silinder Head Mesin Rusak

Cara Memperbaiki Packing Silinder Head Mesin Rusak

Kondisi packing silinder head mesin yang rusak, bocor dan melengkung memang menjadi hal yang cukup menyebalkan. Sebab, di kondisi seperti ini mesin kendaraan tidak akan bisa bekerja dengan sempurna dan maksimal.

Nah yang jadi pertanyaan, lalu bagaimana sih cara memperbaiki packing silinder head mesin rusak? Jika kondisi ini sedang kalian alami pada kendaraan jenis motor atau mobil.

Maka tidak banyak hal yang bisa kita lakukan kecuali membawanya ke bengkel dan mengganti gasket atau packing silinder head mesin yang rusak tersebut dengan packing baru sesuai dengan tipe dan jenis kendaraannya.

Biaya Perbaikan Packing Silinder Head

Biaya Perbaikan Packing Silinder Head

Dengan hanya menggunakan solusi seperti yang sudah otoflik sebutkan di atas yakni mengganti satu paket packing silinder head mesin dengan yang baru. Maka mau tidak mau kita harus menyiapkan uang sebagai ganti biaya perbaikan.

Dan dari beberapa referensi yang ada serta pengalaman pribadi. Perbaikan silinder head di bengkel itu tergantung dari jenis serta tipe kendaraan. Namun jika di kurskan ke dalam rupiah, maka biaya perbaikan packing silinder head berkisar Rp 200 – Rp 500 ribu belum termasuk harga packing barunya.

Akhir Kata

Demikian kiranya yang dapat otoflik.com sampaikan pada kesempatan kali ini terkait ciri serta tanda – tanda packing silinder head mesin rusak, bocor, dan melengkung serta biaya perbaikan, cara memperbaiki dan efek packing silinder head mesin rusak. Semoga bisa menjadi referensi menarik dan membantu.

Tags: , , , ,