✓ Apa Itu Overhaul ? Pengertian, Jenis, Fungsi, Biaya & Ciri Terlengkap

Apa Itu Overhaul – Dibuat untuk mempermudah setiap pengguna dalam melakukan perjalanan atau aktivitas. Kendaraan pada umumnya dilengkapi dengan berbagai macam komponen baik komponen utama atuapun komponen pendukung.

Tujuan utamanya tentu saja untuk membuat kendaraan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dalam masa pakai yang lama, tidak bisa dipungkiri komponen-komponen tersebut akan mengalami penurunan performa. Baik itu pada komponen mesin mobil, ataupun juga bagian transmisi.

Ketika performa mesin sudah tak lagi baik karena faktor usia pakai, tidak bisa dipungkiri mobil perlu perawatan ekstra untuk mengembalikan performa tersebut. Salah satu perbaikan atau perawatan ini dapat dilakukan dengan cara overhaul (OH).

Penggunaan istilah overhaul sendiri lebih sering di lakukan di benkel-benkel mobil. Mengingat ini merupakan salah satu istilah yang ada di dalam dunia permesinan. Tidak heran banyak sekali orang yang tidak mengenali istilah tersebut.

Apa Itu Overhaul Mobil dari Pengertian, Biaya Jenis, Fungsi dan Ciri

Apa Itu Overhaul Mobil dari Pengertian Biaya Jenis Fungsi dan Ciri

Secara garis besar, overhaul sendiri merupakan bagian dari pemeriksaan mesin yang bisa dilakukan pada mesin motor ataupun mesin mobil. Namun umumnya penggunaan istilah ini lebih sering diperuntukan untuk mesin mobil. Agar lebih paham tentang apa itu Overhaul mesin mobil, berikut otoflik.com rangkumkan secara lengkap.

Apa Itu Overhaul ?

Overhaul merupakan sebuah istilah dalam permesinan yang berasal dari bahasa Inggris dengan artian pemeriksaan. Atau lebih tepatnya lagi overhaul yaitu prosedur pembongkaran mesin untuk dilakukan pemeriksaan dan diperbaiki jika memang terdapat komponen yang rusak.

Bahkan untuk beberapa orang termasuk beberapa bengkel otomtif di tanah air, overhaul juga dikenal dengan istilah turun mesin atau belah mesin. Secara garis besar overhaul berbeda dengan istilah tune up mobil karena ovehaul lebih fokus pada komponen utama mobil seperti mesin dan juga transmisi.

Jenis Overhaul

Macam dan Jenis Overhaul Mesin

Setelah mengetahui apa itu Overhaul seperti diatas otoflik.com sampaikan. Secara umum, overhaul atau turun mesin sendiri dikategorikan menjadi dua jenis. Yang dimana kedua jenis tersebut antara lain :

Overhaul Total

Jenis yang pertama yaitu overhaul total. Artinya pembongkaran ini dilakukan secara menyeluruh pada bagian mesin mobil. Mulai dari bagian kepala silinder, bagian carter serta blok silinder dan juga bagian transmisi mobil.

Overhail Semi

Jenis yang kedua yaitu overhail semi. Artinya permbongkaran yang dilakukan hanya akan dilakukan di beberapa bagian mesin saja. Terutama pembongkaran yang dilakukan untuk memeriksa bagian kepala silinder tanpa mengotak-atik bagian atau komponen mobil lainnya.

READ  Tune Up Mobil : Pengertian, Tata Cara dan Manfaat

Fungsi Overhaul Mesin

Fungsi Overhaul Mesin

Jika sudah paham dengan jenis overhaul dan pengertian apa itu overhaul seperti kami jelaskan diatas. Mungkin ada dari kalian yang belum paham apa fungsi atau tujuan dilakukannya overhaul.

Jika kalian merupakan salah satunya, tidak perlu khawatir, karena dibawah ini akan kami infokan beberapa tujuan, manfaat serta fungsi overhaul pada mesin mobil.

  1. Untuk mengatur ulang tempat atau dudukan katup yang mungkin jauh lebih familiar dengan nama skir klep.
  2. Mengemabalikan performa mesin yang sudah usang akibat masa pemakaian yang lama.
  3. Memberiskan seluruh komponen mesin yang ada.
  4. Membersihkan ruang bakar dari berbagai macam kotoran yang menumpuk, terutama kotoran karbon hasil sisa pembakaran.
  5. Dan terakhir untuk memeriks komponen utama mesin yang ada seperti piston, poron nok, dan jug pompa oli, poros crank, saringan oli serta komponen yang lainnya.

Gejala & Ciri Mobil Harus Overhaul

Dari penjelasan diatas, bisa ditarik kesimpulan bahwa melakukan overhaul mesin mobil juga harus dilakukan di waktu yang tepat. Lantas kapan waktu yang tepat untuk melakukan overhaul atau turun mesin mobil?.

Untuk melakukannya kalian bisa mengacu pada beberapa gejala atau ciri-ciri mobil harus overlaul. Adapun beberapa ciri atau gejala tersebut diantaranya adalah:

1. Mesin Mobil Cepat Panas

Mesin Mobil Cepat Panas

Mesin mobil terasa cepat panas memang merupakan sebuah hal yang wajar karena pada saat digunakan terdapat sebuah perubahan dan pergantian energi. Namun jika mesin mobil dirasa lebih cepat panas terutama saat digunakan, bisa jadi kalian harus segera melakukan overhaul atau turun mesin di bengkel terdekat.

2. Busi Selalu Dibanjiri Oli

Busi Selalu Dibanjiri Oli

Busi merupakan komponen mesin mobil yang akan memercikan api didalam ruang bakar. Tidak heran apabila busi mobil juga sering terkena cipratan oli mobil. Namun jika kondisi tersebut seringkali kalian alami, itu juga bisa menjadi salah satu ciri mobil harus segera overhaul.

3. Air Radiator Sering Berkurang

Air Radiator Sering Berkurang

Selain dua ciri atau gejala diatas, mesin mobil yang sudah waktunya overhaul atau turun mesin juga bisa ditandai dengan air radiator mobil yang selalu berkurang secara drastis.

Jika kondisi ini terus kalian biarkan, bukan hanya akan membuat mesin overheat, namun juga membuat komponen mesin mobil lainnya terkena imbasnya. Contoh kecilnya, mesin akan bunyi kletek kletek saat di gas.

4. Mesin Sering Mati Mendadak

Mesin Sering Mati Mendadak

Ciri atau gejala berikutnya yang bisa menandakan mesin mobil harus segera overhaul adalah mesin yang tiba-tiba mati atau bahkan sering mati mendadak. Ada banyak penyebab yang mengindikasi mesin mobil tiba-tiba mati, termasuk halnya overheating.

READ  Sistem Pengapian Elektronik : Jenis, Komponen & Cara Kerja

Maka dari itu merawat mesin mobil merupakan salah satu hal wajib sebagai pemilik sebuah kendaraan. Dan jika hal tersebut sering kalian alami, tidak ada salanya untuk segera melakukan overhaul atau turun mesin di bengkel kendaraan terdekat.

5. Keluar Asap Putih di Knalpot

Keluar Asap Putih di Knalpot

Gejala berikutnya yang seringkali menandakan terdapat masalah pada bagian mesin mobil adalah keluarnya asap putih dari knalpot. Terutama ketika kalian sedang melakukan akselerasi atau memacu mesin dengan kecepatan tinggi.

6. Air Radiator Berminyak

Air Radiator Berminyak

Selain berkurang secara drastis seperti otoflik sampaikan diatas, gejala mesin mobil minta overhaul juga bisa di tandai dengan adanya minyak di dalam air radiator mobil. Adapun penyebab air radiator berminyak tak lain adalah karena ada oli yang masuk ke dalam saluran siste pendingin atau radiator.

Biaya Overhaul Mesin Mobil

Biaya Overhaul Mesin

Melakukan overhaul atau turun mesin memang menjadi hal yang perlu di lakukan ketika mobil sudah memiliki jarak tempuh cukup jauh. Tujuannya tentu saja seperti kami sampaikan diatas, salah satunya yaitu untuk mengembalikan performa mesin.

Namun untuk melakukan overhaul sendiri membutuhkan biaya yang tidak sedikit alias cukup mahal. Karena ada dua kategori yang harus kalian bayar, yaitu :

Jasa Pengerjaan Overhaul

Biaya pertama yang harus kalian keluarkan ketika melakukan overhaul mesin mobil yaitu biaya untuk membaya jasa pengerjaan turun mesin. Dimana jasa turun mesin di beberapa bengkel tentu saja berbeda-beda. Namun rata-rata untuk mobil usia muda dibandrol sekitar Rp 2 – Rp 5 juta rupiah.

Sparepart atau Komponen

Selain harus mengeluarkan biaya untuk jasa pengerjaan overhaul, kalian juga harus siap untuk mengeluarkan budget ketika ada bagian, part atau komponen mesin yang rusak atau minta di ganti. Dan sedikit banyaknya biaya ini tergantung dari kondisi komponen mesin mobil kalian.

Jika ternyata ada cukup banyak bagian atau part yang harus di ganti maka biaya pun akan jauh lebih mahal. Sebagai contoh kecil saja, untuk beberapa mobil Jepang, komponen yang paling mahal bisa di patok dengan harga Rp 5 – Rp 10 juta rupiah.

Itulah kiranya gambaran biaya overhaul mesin mobil atau biaya turun mesin mobil yang perlu kalian siapkan. Yang jelas sebelum melakukannya siapkan saja budet antara Rp 10 sampai Rp 20 juta untuk biaya overhaul mesin.

Dan kiranya sekian informasi yang dapat otoflik.com sampaikan seputar apa itu overhaul dari pengertian, jenis, fungsi, gejala atau ciri-ciri serta gambaran biaya overhaul mobil. Semoga dengan menyimak informasi diatas kalian lebih paham dan tidak kaget ketika mengetahui biaya yang harus dikeluarkan saat turun mesin mobil.

Tags: , , , ,