Tune Up Mobil : Pengertian, Tata Cara dan Manfaat

Tune Up Mobil – Mempununyai kendaraan roda empat atau yang sering kita sebuat mobil, bisa dibilang membutuhkan budget yang lebih. Bukan hanya budget untuk kebutuhan bahan bakar, perawatan standar, ataupun untuk keperluan pajak mobil. Memiliki mobil sebagai kendaraan pribadi pun juga harus memikirkan yang namanya tune up mobil.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian yang termasuk dalam perawatan mobil. Akan tetapi skala dari perawatan ini bisa dibilang cukup besar mengingat ada banyak sekali komponen terutama pada mesin mobil yang harus di bersihkan dan juga dilakukan penyetingan ulang agar performa mesin kembali normal seperti awalnya.

Untuk melakukan tune up pada mobil sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan. Karena dalam standaraisasi perawatan mobil sudah ada yang namanya jadwal khusus untuk melakukan tune up pada mobil tersebut. Selain itu dalam hal ini juga tidak bisa di lakukan oleh sembarang orang karena dapat berakibat fatal.

Bicara mengejai jadwal tune up mobil, ada baiknya kegiatan ini dilakukan para pemilik mobil satu tahun sekali. Tentu saja untuk tetap menjaga kondisi mesin dan juga performa mesin tetap pada takarannya. Umumnya kegiatan tune up sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, karena pada dasarnya seluruh komponen yang ada akan di cek kondisinya.

Pengertian, Tata Cara, dan Manfaat Tune Up Mobil

Pengertian dan Tujuan Tune Up Mobil

Seperti kami bilang diatas, tertutama pada bagian mesin mobil mulai dari saringan udara, busi, hingga komponen penting lainnya. Oleh karena itu tidak heran apabila tune up mobil juga membutuhkan biaya yang lebih besar di bandingkan dengan biaya service mobil standar pada umumnya.

Bagi flikermania yang ingin tahu lebih lanjut tentang tune up mobil, silahkan simak artikel terbaru dari otoflik.com berikut ini.

Apa Itu Tune Up Mobil?

Apa Itu Tune Up Mobil

Pada dasarnya tune up mobil merupakan kegiatan service yang di lakukan oleh mekanik berpengalaman dalam urusan mesin mobil. Namun berbeda dengan service pada umumnya, tune up sendiri adalah kegiatan standarisasi komponen pada mobil sehingga sistem mobil akan kembali seperti sedia kala. Ini tentu akan memberikan dampak yang bagus pada kesehatan mobil.

Perbedaan Tune Up dan Service Biasa

Perbedaan Tune Up dan Service Biasa

Masih banyak orang yang menganggap bahwa pekerjaan service yang mungkin sering anda lakukan ketika membawa mobil anda ke bengkel itu sama. Akan tetapi yang harus anda ketahui, adalah kegiatan service biasa itu berbeda dengan tune up mobil yang ddilakukan minimal satu tahun sekali.

Dimana ketika melakukan service biasa pada mobil anda, kegiatan ini hanya sebatas mengecek bagian-bagian yang tidak terlalu berat, seperti pada bagian saringan udara, fluida, sistem injeksi, dan juga pengecekan rem depan ataupun rem belakang saja.

READ  12 Komponen Karburator Motor : Fungsi & Cara Kerja 2020

Namun hal tersebut berbeda dengan yang namanya tune up mobil. Karena pada kegiatan ini, akan ada banyak sekali perkerjaan yang harus di lakukan mulai dari komponen mesin hingga pekerjaan yang termasuk service biasa tersebut. Bagaiman sudah paham kan sekarang?

Manfaat & Tujuan Tune Up Mobil

Tujuan Tune Up Mobil

Tentu saja ada beberapa tujuan di lakukannya kegiatan tune up ini seperti yang sudah kami gambarkan diatas. Akan tetapi untuk membuat anda lebih mantap ketika ingin melakukan tune up mungkin beberapa tujuan tune up mobil berikut ini akan lebih meyakinkan anda untuk segera melakukan kegiatan tersebut.

  1. Mengembalikan performa mobil seperti sedia kala atau seperti baru.
  2. Mencegah terjadinya kerusakan pada mobil akitab tidak terawat atau kondisi yang tidak terlihat.
  3. Melakukan pengecekan pada banyak komponen mobil untuk memastikan bawah komponen tersebut masih layak digunakan atau sudah harus di ganti.

Komponen yang Dicek Saat Tune Up

Komponen yang Dicek Saat Tune Up

Dari penjelasan yang kami tulis diatas. Dijelaskan bahwa ada banyak sekali komponen yang akan di cek kondisinya saat dilakukannya tune up ini. Untuk mengetahui apa saja komponen-komponen tersebut berikut akan kami rangkum di dalam pembahasan dibawah ini.

1. Filter Udara

Pada umumnya langkah awal ketika melakukan tune up mobil adalah mengecek pada bagian filter udara. Hal ini krena biasanya karena memang pengecekan inilah yang bisa dibilang cukup mudah. Selain itu mekanik juga akan membersihkan filter udara apabila banyak sekali kotoran.

Namun jika kondisi filter udara memang sudah tidak layak pakai. Maka mekanik pun akan menggantinya dengan yang baru. Ini biasanya terjadi apabila filter udara benar-benar memiliki kerak debu yang sulit untuk di bersihkan mesik sudah di semprot dengan angin kompresor.

2. Karburator dan Throttle Body

Cara kedua yang biasanya di lakukan para mekanik disaat mengerjakan tune up yaitu membersihkan karburator pada mobil dengan sistem non-injeksi. Yang dimana pada saat pengecekan selain akan di bersihkan dari berabgai kotoran yang ada, mekanik juga akan melakukan penyetelan RPM pada karburator ini.

Beda lagi dengan mobil yang sudah menggunakan sistem injeksi. Maka mekanik hanya akan melakukan pengecekan pada serta pembersihan pada bagian throttle body atau katup gas. Dimana pada bagian ini biasanya akan menempel banyak sekali kerak dibagian dinding throttle body.

Untuk pembersihannya sendiri membutuhkan sebuah cairan khusus bernama carbu cleaner. Selain itu khusus mobil injeksi ini, mekanik juga akan melakukan pengecekan pada bagian ISC (Idle Speed Control) Valve yang merupakan katup otomatis untuk mengatur idle RPM pada mesin injeksi.

3. Celah Busi dan Pembersihan Busi

Tata cara tune up mobil yang selanjutnya adalah pengecekan dan juga pembersihan busi. Jelas ini akan di lakukan mekanik untuk menjaga agar api yang di hasilkan oleh busi tetap pada porsinya, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Kenapa harus di cek, padahal celah busi kan sudah di atur oleh pabrikan?

READ  Seher Motor : Jenis, Harga, Kerusakan & Penyebab

Memang benar adanya, namun dengan adanya aktivitas pembakaran tentu saja celah busi ini akan selalu mendapatkan tekanan kompresi yang bisa saja membuat celah busi mobil akan berubah. Maka dari itu salah satu rangkaian dalam tune up mobil adalah membersihkan dan juga menyetel ulang celah busi mobil.

4. Celah Katup

Hal selanjutnya yang biasanya di kerjakan pada saat tune up mobil adalah pengecekan dan juga penyetelan pada bagian celah katup. Dimana hal ini di lakukan mekanik untuk tipe mobil dengan sistem katup konvensional yang biasanya ada pada mobil dengan sistem non-injeksi. Tujuan utama di lakukan pengecekan ini tentu untuk mengetahui posisi katup.

Jika setelah di lakukan pengecekan ternyata katup memiliki celah yang berubah, otomatis mekanik pun akan memperbaiki celah tersebut dengan membuat ukuran celah seperti baru. Dimana ukuran celah standar adalah sekitar 0.2 sampai 0.3 mm. Apabila celah terlalu lebar, maka menyebakan mesin mobil akan mengeluarkan suara berisik dan tenaga yang loyo.

5. Tegangan V Belt

Apakah anda pemilik mobil manual atau mobil injeksi yang ingin melaukan tune up mobil. Apabila iya, maka dari dua jenis mobil tersebut pengecekan tegangan V Belt menjadi pengecekan yang harus di lakukan pada saat tune up. Hal tersebut dikarenakan V-Belt wajib untuk di cek baik dari kondisi hingga ke tegangannya.

Jika dirasa V Belt tersebut dirasa agak kendor, biasanya mekanik akan melakukan penyetelan atau tensioner ulir. Sementara pada mesin dengan tensioner pegas, jika V Belt kendor, maka komponen ini perlu di ganti dengan V Belt yang baru.

6. Baterai/Aki

Kemudian hal yang selanjutnya akan di lakukan oleh mekanik pada saat mengerjakan tune up adalah mengecek tengangan baterai atau aki mobil. Yang dimana tegangan output dari aki harus pada angka 12 Volt saat mesin mati dan maksimal 14 Volt pada saat mesin hidup. Selain itu kapasistas arus yang di miliki juga perlu di cek, biasanya menggunakan battery tester.

Apabila ditemukan hal-hal yang sudah tidak layak pada aki seperti aki tekor, maka ada baiknya aki tersebut di ganti dengan aki yang baru. Atau jika tidak ingin mengeluarkan biaya yang lebih. Bisa menggunakan cara memperbaiki aki tekor yang sudah pernah kami bagikan.

7. Berbagai Cairan Fluida

Tahapan terakhir dalam tata cara tune up mobil adalah pengecekan berbagai macam fluida. Yang dimana fluida yang dimaksud disini adalah oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering dan juga oli gardan. Selain di cek volumenya apakah masih cukup atau tidak. Pada tahapan tune up bagian ini juga akan di lakukan pengecekan kondisi olinya jika sudah tidak layak dipakai maka akan diganti.

Itulah kiranya beberapa informasi yang bisa kami bagi atau share untuk para pecinta otomotif khususnya mobil seputar tune up mobil, mulai dari pengertian, tujuan dan manfaat, serta tata cara tune up itu sendiri. Semoga dengan adanya informasi diatas anda akan bisa lebih memahami pentingnya tune up mobi.

Tags: ,