2 Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak Parah dan Ngedrop

Cara Memperbaiki Aki Basah – Pada setiap kendaraan pastinya telah dipasangi dengan satu komponen bernama Aki, baik aki kering maupun aki basah. Apapun jenis aki yang kita gunakan tentunya kita wajib untuk merawatnya bukan ? karena apabila terjadi malfungsi pada komponen akan mempengaruhi beberapa komponen lainnya yang berhubungan dengan aki, seperti starter, klackson, dan tentu saja sektor mesin. Nah, bagi kalian yang belum begitu paham mengenai tata cara perawatan kendaraan, khususnya untuk Aki basah, kalian tak perlu khawatir pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan berbagai informasi mengenai beberapa trik atau cara memperbaiki aki basah yang rusak atau ngedrop,

Seperti yang kita ketahui dimana penggunaan Aki basah dari waktu ke waktu tentunya akan menyebebabkan beberapa masalah, salah satunya dikarenakan proses oksidasi dalam aki akan mengakibatkan gelembung udara dan lapisan sulfida putih dimana mereka akan memenuhi dinding bagian dalam baterai sehingga aliran listrik menuju panel Aki sedikit tersumbat, hal inilah yang terkadang menjadi penyebab kerusakan pada Aki basah. Disamping itu, beberapa hal lainnya juga dapat mempengaruhi kinerja Aki, seperti Elektrolit dalam Aki sudah kering, Plat elemen pada Aki terkena korosi, dan masih banyak lagi.

Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak Parah dan Ngedrop

Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak Parah dan Ngedrop

Cara Memperbaiki Aki Basah Rusak Parah dan Ngedrop

Ketika mengetahui aki kendaraan kita rusah tentunya kita memikirkan bagaimana cara memperbaikinya bukan ? pada dasarnya ada beberapa cara memperbaiki aki basah yang cukup simple dan yang pasti tidak memerlukan banyak biaya alias hemat. sehingga kita tidak perlu repot-repot membawa kendaraan kita ke bengkel. Adapun bahan-bahan yang harus kita siapkan dan langkah-langkah cara memperbaiki aki basah rusak bisa kalian simak pada ulasan yang telah kami sajikan dibawah ini.

1. Cara Memperbaiki Aki Basah Menggunakan Obat Sakit Kepala

Cara Memperbaiki Aki Basah Menggunakan Obat Sakit Kepala

Cara Memperbaiki Aki Basah Menggunakan Obat Sakit Kepala

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Air Aki (Zuur)
  • Air Hangat
  • Obat Sakit Kepala Bodrex atau Puyer
  • Obeng +
READ  Cara Mengganti Ban Mobil Yang Mudah, Aman dan Benar

Salah satu metode memperbaiki aki basah yang paling sering digunakan adalah menggunakan obat sakit kepala Bodrex yang bisa dengan mudah kita dapatkan di warung-warung komplek rumah kita, beberapa dari kalian pastinya bertanya-tanya, apakah bisa ? tentu saja bisa, pasalnya reaksi kimia yang terkandung dalam obat sakit kepala Bodrex dan larutan air Zuur mampu mereduksi oksidasi, hal ini telah terbukti ampuh dalam memperbaiki Aki basah yang eror. Selain itu kita juga memerlukan bahan-bahan lainnya seperti air hangat, obeng +, dan tentu saja Air Zuur atau lebih sering kita sebut dengan Air Aki. Setelah semua bahan-bahan terkumpul, kita lanjut ke sesi berikutnya, yakni langkah-langkah cara memperbaiki Aki basah.

Langkah-langkah

  • Setelah semua bahan terkumpul langkah pertama yang harus kita lakukan adalah bongkar aki basah pada kendaraan
  • Lalu keluarkan dan kuras air aki lamanya hingga benar-benar bersih
  • Lalu tuangkan air hangat kedalam sel sel aki, lakukan secara berulang-ulang hingga air hasil buangan benar-benar jernih.
  • Kemudian keringkan aki yang telah dikuras menggunakan air bersih, dan diamkan hingga 6 sampai 12 jam. Semakin lama waktu pengeringan semakin baik.
  • Setelah kering, tuangkan air zuur ke dalam aki hingga batas tengah aki.
  • Selanjutnya haluskan Bodrex hingga benar-benar halus, lalu masukan ke dalam aki yang telah terisi Air Zuur.
  • Terakhir diamkan Aki selama satu hari, setelah itu coba pasangkan pada kendaraan anda dan aki basah telah kembali pada kondisi yang prima.

2. Cara Memperbaiki Aki Menggunakan Garam

Cara Memperbaiki Aki Menggunakan Garam

Cara Memperbaiki Aki Menggunakan Garam

Bahan-bahan yang diperlukan

  • Garam dapur beryodium
  • Obeng
  • Air Zuur dengan penutup warna merah
  • Air panas
  • Suntikan injeksi
  • Masker

Selain menggunakan Bodrex, memperbaiki Aki yang rusah juga bisa menggunakan garam, untuk metode yang satu ini juga cukup mudah tapi tidak semudah menggunakan bodrex. Memperbaiki Aki dengan garam juga terbukti cukup ampuh untuk mengembalikan kondisi aki seperti sedia kala, adapun bahan-bahan yang diperlukan telah kalian simak diatas dan jika semua sudah terkumpul, langsung saja kita lanjut ke sesi berikutnya.

READ  15 Cara Mengendarai Motor Matic Dalam Kondisi Apapun

Langkah-langkah

  • Pertama, lepaskan Aki yang masih terpasang pada kendaraan kalian lalu buka setiap penutup aki basah dan kuras cairan elektrolit yang ada didalamnya.
  • Kedua, lakukan pengisian ulang baterai menggunkan Air panas yang telah disiapkan hingga penuh pada setiap lubang Aki, gunakan masker agar tidak menghirup gas yang keluar ketika melakukan langkah ini.
  • Ketiga, miringkan Aki hingga membentuk sudut 60 derajat, lalu goyangkan bagian atas maju mundur secara berulang-ulang hingga benar-benar bersih, kemudian keringkan dibawah sinar matahari.
  • Selanjutnya masukan air panas dan garam yodium hingga batas atas Aki, untuk takaran garamnya kurang lebih 2 – 5 sendok makan tergantung besar kecilnya ukuran Aki.
  • Setelah air garam benar-benar larut masukan air dingin secukupnya, lalu tutup baut rapat-rapat.
  • Kelima, lakukan re-charge pada aki kurang lebih 10 – 15 menit, setelah itu matikan pengisi daya dan kuras semua air didalamnya hingga benar-benar bersih.
  • Kemudian tuangkan air zuur pada aki basah
  • Terakhir, lakukan kembali pengisian ulang hingga penuh lalu pasangkan Aki basah pada kendaraan kalian dan aki akan bekerja optimal seperti sediakala.

Berikut merupakan beberapa metode untuk memperbaiki aki basah yang rusah atau soak yang bisa kalian aplikasikan dirumah, sehingga ketika aki basah pada kendaraan kalian rusak kalian tidak perlu lagi membawanya ke bengkel, cukup dengan mengumpul bahan-bahan yang dibutuhkan dan kalian bisa memperbaikinya sendiri, disamping itu kita juga akan menghemat biaya yang dikeluarkan. Meskipun langkah-langkah memperbaiki diatas relatif mudah, kalian tetap harus hati-hati dan menggunakan alat pengaman seperti masker dan kaos tangan, karena cairan kimia dan gas yang dikeluarkan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Berbicara soal metode dalam memperbaiki Aki basah yang rusak memang metode menggunakan bodrex masih menjadi andalan masyarakat dalam memperbaiki aki basah kendaraanya. pasalnya dengan cara ini kita hanya memerlukan biaya yang sangat murah, disamping itu langkah-langkah yang harus dilakukan juga terbilang simple dan hasilnya terbukti ampuh. Baiklah, cukup sekian informasi yang bisa kami sajikan mengenai Cara Memperbaiki Aki Basah yang Rusah atau Soak semoga bisa bermanfaat sekaligus menambah wawasan kalian dalam merawat komponen kendaraan. Terimakasih.